Billie Elish Kena Body Shaming, Ini Hukumnya Menurut Islam

0
17

Billie Elish – Baru-baru ini foto Billie Elish mengenakan tank top dan celana pendek tersebar di media sosial. Foto tangkapan paparazzi itu memperlihatkan Billie tanpa busana seperti biasanya.

Ia juga terlihat tidak menggunkan riasan wajah. Seperti diketahui, Billieselalu mengenakan pakaian berukuran besar di setiap penampilannya. Foto itu pun menuai banyak komentar. Meski banyak dipuji karena prestasinya namun tak sedikit juga yang mengeluarkan kata-kata jahat.

 

Sementara Billie tidak membalas komentar-komentar netizen. Ia membagikan sebuah video TikTok dari Youtuber bernama Chizi Duru. Video itu sambil makan camilan, Chizi menegaskan agar orang-orang tidak mempermasalahkan bentuk tubuh di kehidupan nyata.

Adapun komentar jahat tersebut bukan pertama kalinya bagi gadis berusia 18 tahun ini. Billie juga pernah membungkam komentar-komentar jahat dengan video yang diunggahnya di Youtube dengan judul “Not My Responsibility”.

“Apa kamu kenal aku? Apa kamu mau aku lebih kecil? Lebih lemah? Lebih lembut? Lebih tinggi? Kamu mau aku lebih pendiam? Apakah bahuku memprovokasimu?,” katanya dalam video tersebut.

Meski selalu mendapat komentar tidak sedap. Namun Billie tidak pernah meredup, ia pernah meraih pernghargaan Billboard Music Award 2020.

Billie Elish Kena Body Shaming, Ini Hukumnya Menurut Islam

Sobat Cahaya Islam, dalam agama Islam mengejek atau menghina fisik sama saja kita mencela ciptaan Allah. Terlebih lagi di dunia yang serba canggih ini, banyak orang yang dengan mudah mencibir orang lain. Padahal Allah SWT melarang umatnya untuk mengolok-ngolok sebagaimana ayat berikut ini:

ﻳَﺎﺃّﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﻻَﻳَﺴْﺨَﺮْ ﻗَﻮْﻡُُ ﻣِّﻦ ﻗَﻮْﻡٍ ﻋَﺴَﻰ ﺃَﻥ ﻳَﻜُﻮﻧُﻮﺍ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِّﻨْﻬُﻢْ ﻭَﻻَﻧِﺴَﺂﺀُُ ﻣِّﻦ ﻧِّﺴَﺂﺀٍ ﻋَﺴَﻰ ﺃَﻥ ﻳَﻜُﻦَّ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِّﻨْﻬُﻦَّ ﻭَﻻَﺗَﻠْﻤِﺰُﻭﺍ ﺃَﻧﻔُﺴَﻜُﻢْ ﻭَﻻَﺗَﻨَﺎﺑَﺰُﻭﺍ ﺑِﺎْﻷَﻟْﻘَﺎﺏِ ﺑِﺌْﺲَ ﺍْﻹِﺳْﻢُ ﺍﻟْﻔُﺴُﻮﻕُ ﺑَﻌْﺪَ ﺍْﻹِﻳﻤَﺎﻥِ ﻭَﻣَﻦ ﻟَّﻢْ ﻳَﺘُﺐْ ﻓَﺄُﻭْﻻَﺋِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤُﻮﻥَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan), dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.” (Al-Hujurat/49 : 11).

Sering Tidak Disadari, Ternyata 5 Contoh Ini Tindakan Body Shaming

1. Mengomentari Bentuk Tubuh Untuk Memulai Pembicaraan

Hal ini seringkali dilakukan untuk membuka topik pembicaraan. Meski kadang dinilai basa-basi, ternyata ini merupakan tindakan body shaming. Tidak semua orang bisa menerima candaan tersebut. Bahkan bisa juga melukai psikis seseorang. Sebaiknya hindari kebiasaan ini ya Sobat Cahaya Islam.

2. Wajah Berjerawat Dijadikan Candaan

Tindakan body shaming yang sering dilakukan adalah menjadikan kondisi wajah seseorang yang berjerawat sebagai bahan candaan. Tindakan ini tanpa disadari melukai hati orang lain, apalagi jika dilakukan di depan orang banyak. Untuk itu mulai sekarang hentikan kebiasaan mengomentari kondisi wajah seseroang apalagi dijadikan candaan.

3. Penampilan yang Tidak Cocok dengan Bentuk Badan

Untuk kaum wanita terkadang hal ini sering terjadi, meski berniat untuk memperbaiki penampilan orang lain, namun tahu kah anda bahwa ini adalah salah satu tindakan body shaming.

Padahal setiap orang berhak untuk mengekspresikan penampilannya masing-masing. Untuk itu mulai berhentilah mengolok-ngolok penampilan orang lain karena itu bukan candaan yang lucu.

4. Menghina Bentuk Tubuh Kurus

Ternyata tidak hanya orang yang memiliki kelebihan berat badan saja yang selalu mendapat body shaming, tetapi juga badan yang kurus.

5. Menghina Tinggi Badan

Body Shaming juga seringkali menimpa orang yang memiliki postur tubuhh tinggi atau pun pendek. Biasanya postur tinggi yang melebihi standar kebanyakan akan menjadi incaran body shaming, begitupun dengan orang yang pendek.

Sobat Cahaya Islam, pandangan Islam yang tertuang dalam ayat di atas menyebutkan bahwa Body Shaming adalah perbuatan yang dilarang. Semoga kasus yang menimpa Billie Elish tidak terulang dan penjelasan ini membuat kita lebih sadar serta menjaga ucapan agar tidak mendzolimi orang lain sebagai

Bagaimanapun juga kekurangan fisik seseorang sudah dikehendaki Allah SWT, lalu mengapa kita menghina ciptaanNya?.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!