Larangan PNS Untuk Gelar Buka dan Sahur Bersama, Begini Hukum Buka Bersama Menurut Islam

0
27
Larangan PNS 2

Larangan PNS – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghimbau adanya larangan bagi pegawai PNS untuk mengadakan buka dan sahur bersama di lingkungannya. Larangan ini berlaku selama bulan Ramadhan ini. Hal ini dikarenakan mengingat masih adanya wabah covid-19 sehingga perlu kewaspadaan. Dengan tujuan untuk memutus mata rantai covid-19, maka acara yang memungkinkan kerumunan dilarang. Termasuk acara buka dan juga sahur bersama. Hal ini juga sudah diatur dalam Surat Edaran nomor 19/SE/2021.

Larangan PNS 1

Acara buka bersama seolah menjadi budaya atau rutinitas yang dilakukan setiap tahunnya. Apalagi di lingkungan pegawai PNS yang seringkali menggelar acara buka dan sahur bersama. Hanya saja, karena masih dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Maka acara yang memungkinkan berkumpulnya banyak orang dilarang oleh pemerintah provinsi setempat. Sobat CahayaIslam mungkin juga bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya buka dan sahur bersama dalam pandangan islam?

Larangan PNS Untuk Gelar Buka dan Sahur Bersama, Begini Hukum Buka Bersama Menurut Islam

Larangan PNS 2

Larangan PNS untuk menggelar acara buka dan sahur bersama telah disampaikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Meskipun tidak ada aturan mengenai sanksi bagi PNS yang menggelar acara tersebut. Ini adalah upaya untuk memutus tali penyebaran covid-19. Sobat CahayaIslam, bulan puasa adalah moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam. Biasanya akan banyak agenda untuk mengadakan buka bersama dengan keluarga, kerabat, rekan kerja atau bahkan alumni sekolah.

Dalam islam sendiri, tidak ada hukum yang mengatur mengenai buka bersama dan sahur bersama. Tidak ada anjuran ataupun larangan tegas mengenai hal tersebut. Namun tentu saja, mengadakan buka bersama harus dengan niat dan tujuan yang tepat. Selama bukan meniatkan untuk ibadah atau menjadi suatu keharusan, maka ini diperbolehkan. Sementara itu, jika buka bersama justru membawa madharat maka ini dilarang dalam islam.

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit juga. Ibnu Majah No. 1746

Dalam hadist ini menegaskan bahwa orang yang memberi makan orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala. Itu artinya, buka bersama juga bisa menjadi suatu keberkahan lho sobat CahayaIslam. Dengan memberikan makan untuk orang-orang yang berpuasa, maka kita sedang berbuat kebaikan. Dan tentu saja ini tidak bertentangan dengan ajaran islam.

Lalu hikmah apa saja yang kita dapatkan dengan berbuka bersama?

Larangan PNS 3

Menjalin Silaturahmi

Dengan adanya acara buka bersama, kita bisa menjalin hubungan silaturahmi yang lebih baik dengan sesama. Acara buka atau sahur bersama ini bisa menjadi jalan untuk terus menyambung silaturahmi dengan orang lain agar tidak terputus.

Semangat Beribadah

Salah satu hikmah dari adanya buka bersama adalah membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa hingga akhir. Dengan bersama banyak orang, sobat CahayaIslam mungkin akan lebih bersemangat juga untuk mengerjakan shalat wajib atau shalat tarawih misalnya.

Larangan PNS – untuk menggelar acara buka bersama karena terkait pandemi covid-19. Namun dibalik itu, buka dan sahur bersama ternyata juga memiliki banyak hikmat lho sobat CahayaIslam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY