Lakukan Tiga Hal ini Untuk Menjadi lebih Dekat Kepada Allah!

0
2299
Lakukan Tiga Hal ini Untuk Menjadi lebih Dekat Kepada Allah!

Tips Islami – Anda pernah bertanya kepada diri anda nggak sih sobat Cahayaislam? Seberapa dekatkah anda kepada Allah? Atau Sudah pantaskah anda dicintai oleh Allah? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu selalu memenuhi banyak sekali pikiran orang-orang yang beriman, karena mereka yakin bahwa semakin dekat kita kepada Allah, maka semakin dicintai pula kita oleh Allah. Lakukan Tiga Hal ini Untuk Menjadi lebih Dekat Kepada Allah!

Lakukan Tiga Hal ini Untuk Menjadi lebih Dekat Kepada Allah!

Namun, terlewat banyak sekali orang-orang yang sebenarnya ingin dekat dengan Allah, namun tidak berusaha sebaik mungkin untuk bisa lebih dekat kepada Allah. Tak ubahnya seperti tanaman, kedekatan kita kepada Allah tergantung dari bagaimana kita memeliharanya.

Ketika kita sudah bisa dekat dengan Allah dan mendapatkan cintaNya, maka bukan tidak mungkin pula do’a dan pengharapan yang kita inginkan akan cepat terkabul. Tentunya sobat Cahayaislam sangat mau dong supaya bisa dekat sedekat-dekatnya kepada Allah SWT? Nah, pada kesempatan kali ini, tim Cahayaislam akan mengulas bagaimana sih caranya supaya kita bisa lebih dekat dengan Allah. Tentunya ada banyak sekali cara untuk melakukannya, namun pada kesempatan ini, kami akan beri 3 tips terlebih dahulu.

Berderma / Bersedekah kepada Sesama

وَمِنَ الْأَعْرَابِ مَنْ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَتَّخِذُ مَا يُنْفِقُ قُرُبَاتٍ عِنْدَ اللَّهِ وَصَلَوَاتِ الرَّسُولِ ۚ أَلَا إِنَّهَا قُرْبَةٌ لَهُمْ ۚ سَيُدْخِلُهُمُ اللَّهُ فِي رَحْمَتِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Di antara orang-orang Arab Badwi itu ada orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang dinafkahkannya (di jalan Allah) itu, sebagai jalan untuk mendekatkannya kepada Allah dan sebagai jalan untuk memperoleh doa Rasul. Ketahuilah, sesungguhnya nafkah itu adalah suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukan mereka kedalam rahmat (surga)Nya; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [1]

Bila anda telah mengkaji makna dari Surah yang ada pada Al-Qur’an, maka anda pastinya akan mengetahui dengan pasti bahwa bersedekah adalah salah satu cara untuk menjadi lebih dekat kepada Allah.

Ada beberapa ayat lain dan beberapa hadits yang juga mengungkapkan bahwa dengan bersedekah, kita bisa lebih dekat kepada Allah. Berdasarkan ayat yang telah kami tim Cahayaislam kutip diatas, kita bisa ambil kesimpulan bahwa dengan berderma kepada sesama, kita akan semakin dekat dengan Allah. Namun perlu diingat, sodakoh bukan hanya tentang seberapa banyak yang bisa anda berikan, namun seberapa ikhlas anda untuk melakukannya.

Sholat Tahajud: Waktu Terbaik Menemui Allah!

Dalam salah satu hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah pernah bercerita bahwasanya Allah biasanya akan turun kelangit dunia diwaktu sepertiga malam yang akhir untuk berkeliling melihat-lihat hambanya yang masih menegadahkan tangannya dengan berdzikir dan mengingat diriNya diwaktu semua orang sedang terlelap. Pada waktu tersebut Allah akan berkata dengan lantang “Aku adalah Raja dari semua raja, siapapun yang meminta padaku, pasti akan kukabulkan!”.

Dari hadits tersebut, kita bisa bayangkan seberapa dekatnya Allah kepada kita bila kita bisa sedikit meluangkan waktu untuk bangun disepertiga malam yang akhir untuk berdoa dan memanjatkan syukur kepadaNya. Sungguh waktu yang terbaik untuk menjadi dekat kepada Allah.

Berteman dengan Orang-orang yang Alim aja!

Bila anda pernah mendengar kisah tentang orang yang berteman dengan penjual parfum dan orang yang berteman dengan pandai besi, maka anda mungkin sudah mengetahui maksud kami. Salah satu cara jitu untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan bergaul dengan orang-orang yang alim dan sholih. Teman yang sholih akan senantiasa mengingatkan kita untuk selalu takut dan bersyukur kepada Allah. Dan bila kita selalu takut dan bersyukur kepada Allah, maka semakin dekat pula kita kepadaNya. Semoga kita selalu menjadi hamba-hamba yang dekat dengan Allah. Amiin.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. At-Taubah (9) ayat 99

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!