Intip Kewajiban Dalam Berpolitik

0
43
kewajiban dalam berpolitik

Tanya jawab islam tentang politik – Bagaimana pun politik ini harus didasarkan pada moral agama dan aturan agama yang berlaku. Meski begitu, kekuasaan adalah hal yang banyak diimpikan. Sehingga pada politik, seringkali terjadi permasalahan yang duduk permasalahan adalah pada perebutan kekuasaan sebenarnya. Pada ulasan tanya jawab tentang sistem politik islam ini, mari bicara mengenai kewajiban dalam berpolitik.

Intip Kewajiban Dalam Berpolitik

Sebuah negara berdiri dikarenakan adanya kekuasaan dan pemerintahan. Sedangkan kekuasaan dan pemerintahan ini merupakan politik. Dengan kata lain, politik dan kekuasaan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai umat yang beragama, apalagi memeluk agama islam. Islam juga mengatur mengenai pemerintahan dan juga politik.

Pemahaman politik di jaman yang sudah berbeda dengan jaman Rasulullah dulu, sudah pasti yang dibicarakan adalah mengenai kekuasaan. Bahkan banyak juga oknum politik yang menjadikan ranah politik ini sebagai ladang mencari keuntungan dari kekuasaan. Itu sebabnya, orang berlomba untuk menduduki jabatan-jabatan tertentu.

Jika sudah begini, maka politik akhirnya hanya berbicara soal kekuasaan dan bagaimana meraihnya. Ini akan membuat kecenderungan untuk menghalalkan segala cara untuk mencapai kekuasaan dan mempertahankannya. Padahal sebagai umat muslim, politik memiliki aturan sendiri yang sifatnya sejalan dengan syariat agama islam. Ini bisa kita lihat beberapa kewajiban politik pada ulasan berikut ini.

Ulasan Islam Tentang Politik, Ini Kewajiban Kita Dalam Politik

Tanya jawab islam tentang politik – Kekuasaan dalam dunia politik adalah hal yang wajar, karena pemerintahan jelas tidak akan berjalan tanpa adanya kekuasaan. Begitu juga agama yang tentu tidak cukup untuk menjalankan pemerintahan jika tidak didukung dengan kekuasaan. Namun kekuasaan yang tidak dilandasi agama juga tidak akan mampu mencapai tujuan politik yang sesungguhnya.

Bagaimanapun juga kekuasaan membutuhkan pedoman untuk melaksanakan politik yang sesuai dengan prinsip-prinsip moral. Itu sebabnya antara kekuasaan dan juga agama ini kemudian ditengahi oleh sesuatu yang disebut dengan politik tadi sebenarnya. Seperti yang disebutkan pada tanya jawab tentang politik islam, ada beberapa kewajiban.

Politik berbicara mengenai kekuasaan

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا ۖ وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ

Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. [1]

Politik berbicara mengenai kekuasaan, dan inilah yang akhirnya membuat orang tersesat ketika mengejar kekuasaan tanpa dasar agama. Seperti pada Surat diatas yang menerangkan bahwa kita tidak seharusnya diperdaya oleh kepentingan dunia. Dalam ulasan ini, kewajiban dalam politik yang pertama adalah mengikuti partai politik.

Apa yang dimaksud dengan mengikuti partai politik? Artinya, mengikuti partai politik akan membantu mengemban dakwah islamiyah pada penjuru dunia. Namun untuk kewajiban ini hukumnya fardu kifayah. Hal ini dikarenakan tidak semua umat bisa mengemban kewajiban ini. Seperti halnya jika anda bukan merupakan tokoh yang masuk pada kumpulan tokoh politik.

Menegakkan kebajikan dan juga mencegah adanya kemungkaran

Kewajiban yang kedua dalam politik adalah menegakkan kebajikan dan juga mencegah adanya kemungkaran. Ini berarti politik yang berjalan seharusnya dapat memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

Memberikan nasehat

Kemudian kewajiban yang berikutnya dalam politik adalah memberikan nasehat. Nasehat ini bisa dilakukan jika sekiranya pemimpin atau penguasa membuat pelanggaran dari syariat islam yang berlaku. Maka umat islam wajib untuk memberikan nasehat. Agar pemerintahan dan politik dalam berjalan dengan baik.

Tanya jawab islam tentang politik – Dalam hal ini, politik seharusnya bukan hanya membicarakan kekuasaan saja. Namun bisa menjadi sarana untuk ibadah. Apalagi dengan adanya pedoman agama islam untuk membantu mengatur kepentingan masyarakat. Dengan beberapa kewajiban pada ulasan yang sudah disebutkan ini. Maka bisa menjadi jalan untuk menjalankan politik dengan baik dan sesuai dengan moral agama tentunya. Semoga ulasan islam tentang politik ini memberikan pencerahan untuk para pelaku politik.


Catatan Kaki

[1] Q.S. Fatir (35) ayat 5

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!