Merasa Selalu Kekurangan adalah Sifat Orang Mukmin

0
1330

Tahu nggak sih sobat Cahayaislam kalau orang-orang yang beriman memiliki sifat selalu merasa kekurangan dalam diri mereka? – Nah, sifat selalu merasa kekurangan disini adalah bukan secara literal terdefinisi untuk hal-hal yang bersifat duniawi saja. Namun, sifat orang islam yang beriman yang selalu merasa kekurangan disini haruslah erat kaitannya dengan sikap zuhud dimana prioritas tertinggi ada pada tujuan kampung akhirat yang penuh ridho dari Allah. Perasaan kekurangan-kekurangan seperti apakah yang harus dimiliki insan beriman? Kami akan tunjukkan beberapa penggambaran Merasa Selalu Kekurangan adalah Sifat Orang Mukmin dibawah ini.

Merasa kurang banyak melaksanakan amal shalih

Orang islam yang beriman selalu khawatir tentang dosa-dosa yang dilakukannya. Bahkan orang beriman yang mencoba keras untuk selalu bertaqwa kepada Allah akan selalu takut kalau-kalau dengan secara tidak sengaja dirinya telah melakukan sesuatu dosa yang dibenci Allah.

Merasa kurang mendapatkan ampunan Allah

Orang islam yang beriman akan senantiasa menengadahkan tangannya dengan mata yang deras dengan air mata memohon ampunan Allah. Setiap waktu-waktu luang dikehidupannya selalu sarat dengan istighfar dan introspeksi pada dirinya. Dia selalu tenggelam dalam gelisah bila Allah murka dan tidak mengampuni dirinya, meskipun dia tahu betul bahwa Allah adalah dzat yang maha pengampun dan memaafkan.

Merasa kurang dalam membelanjakan harta dijalan Allah

Orang-orang islam yang beriman tidak dengki dan iri melihat saudaranya yang bermandikan harta. Mereka dengki terhadap banyaknya saudara-saudara seimannya bisa membelanjakan hartanya dijalan Allah. Mereka mendambakan surga dan merasa kurang pula dalam membela dan membelanjakan hartanya dijalan Allah.

Merasa kurang dekat dengan Allah

Merasa Selalu Kekurangan adalah Sifat Orang Mukmin dalam konteks kedekatan pada Allah. Orang-orang islam yang beriman selalu ingin menjadi lebih dekat dengan Allah. Mereka tahu bahwa bila mereka mendekat pada Allah sejengkal, maka Allah akan mendekat pada mereka lebih dari itu. Mereka yakin bahwa bahkan bila mereka harus mendekat pada Allah dengan menyeret tubuhnya, Allah akan mendekat kepada mereka dengan berlari ke arah mereka.

Merasa Kurang bersyukur kepada Allah

Orang-orang islam yang beriman selalu awas dalam setiap perkataan mereka dalam hal apapun, terutama hal-hal yang menyangkut pemberian dari Allah. Mereka selalu sengit dan menyesal apabila keluar kata-kata keluhan pada Allah atas suatu hal. Mereka selalu ingat bahwa diwaktu sehat mereka akan ada waktu sakit, dan diwaktu lapang mereka akan ada waktu sempit. Sehingga mereka akan selalu berusaha menggunakan waktu sehat dan lapang mereka untuk memanjatkan puji syukur kepada Allah.

Bukankah Rasulullah sendiri telah memberikan contoh dengan tetap melaksanakan shalat sunnah sampai kaki beliau bengkak bahkan ketika beliau merupakan orang yang sudah dijamin Surganya oleh Allah? Dan ketika Rasulullah ditanya kenapa? – Beliaupun menjawab: Tiadakah aku termasuk orang-orang yang bersyukur kepada Allah?

Nah itulah beberapa ulasan singkat mengenai Merasa Selalu Kekurangan adalah Sifat Orang Mukmin yang bisa tim Cahayaislam bawakan pada kesempatan kali ini. Semoga kita selalu merasa kekurangan dalam hal-hal yang baik ya. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!