Keutamaan Asmaul Husna, Kaum Muslimin Perlu Ketahui Ini!

0
29
Keutamaan Asmaul Husna Dalam Islam

Keutamaan Asmaul Husna – Asmaul Husna merupakan nama-nama milik Allah yang indah. Asma yang berarti nama, sedangkan husna berarti sesuatu yang baik atau indah. Ini menunjukkan betapa indahnya dan mulianya nama-nama Allah SWT. Dalam Al Quran tertulis bahwa Allah memiliki 99 nama. Masing-masing menunjukkan kebesaran dan keagungan-Nya. Itu sebabnya, islam menganjurkan untuk kaum muslimin mengamalkan serta menjaga Asmaul Husna karena ada banyak keutamaannya.

Asmaul Husna jika diamalkan bukan hanya memberikan pahala bagi kita, namun ini juga sama dengan memuliakan Allah SWT. Hal ini karena menyebut Asmaul Husna sama halnya  menyebut nama Allah. Tahukah sobat Cahaya Islam, bahwasanya Asmaul Husna juga diterangkan dalam ayat-ayat Al Quran. Nama-nama Allah ini menunjukkan bagaimana sifat mulia yang Allah miliki. Meskipun umat islam tidak akan pernah bisa menyamainya, namun mengamalkannya memberikan banyak manfaat dan keutamaan bagi kita.

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(1)

Keutamaan Asmaul Husna Bagi Kaum Muslimin Yang Mengamalkannya

Keutamaan Asmaul Husna Yang Perlu Muslim Ketahui

Keutamaan Asmaul Husna ternyata banyak sekali. Dalam ayat Al Quran dijelaskan bahwa Asmaul Husna sebagai nama-nama yang baik dan indah. Dan hanya Allah yang memiliki nama-nama tersebut. Itu sebabnya, kaum muslimin dianjurkan untuk mengamalkannya serta menyerukannya.

Banyak orang tidak menyadari, bahwasanya mengamalkan Asmaul Husna memberikan banyak keutamaan bagi kita. Bukan hanya memberikan manfaat bagi urusan dunia dan akhirat saja. Asmaul Husna juga memberikan keberkahan dan bahkan jalan keluar bagi berbagai kesulitan.

Sobat Cahaya Islam, untuk mengetahui betapa dasyatnya Asmaul Husna ini. Mari kita lihat apa saja keutamaan dari mengamalkan Asmaul Husna.

Dikabulkannya Doa Oleh Allah SWT

Keutamaan Asmaul Husna Menjadi Sebab Terkabulnya Doa

Ketika kita mengamalkan Asmaul Husna dan memanjatkan doa. Maka ini menjadi jalan untuk terkabulnya doa tersebut. Seperti yang dijelaskan dalam ayat Al Quran bahwasanya kita diperintahkan untuk memohon kepada Allah dengan menyebut Asmaul Husna. Ini berarti dalam berdoa, kita pun tidak lupa untuk mengagungkan nama Allah dan mengingat kebesaran-Nya.

Sebagai Sebab Seseorang Masuk Surga

Dengan mengamalkan Asmaul Husna, maka ini menjadi sebab seseorang masuk surga. Asmaul Husna adalah nama-nama baik Allah, yang berarti dengan mengamalkannya maka kita juga sedang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semakin Mengenal Allah SWT

Keutamaan Asmaul Husna Semakin Mengenal Allah

Ini bisa dilihat dari ayat-ayat Al Quran yang mana terdapat banyak nama-nama Allah. Seperti pada salah satu surat di dalam Al Quran. Itulah alasannya, islam menganjurkan kita untuk mengamalkannya. Ini akan membuat kita semakin mengenal Allah SWT.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”. (2)

Asmaul Husna Sebagai Dasar Ibadah

Keutamaan lainnya adalah Asmaul Husna sebagai dasar ibadah. Sebagai seorang muslim, kita harus selalu mengingat Allah sebagai pencipta dan pemilik semesta ini. Sehingga dalam beribadah, kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan dengan menyebut Asmaul Husna. Ini bisa membantu kita untuk semakin bersungguh-sungguh dalam beribadah.

Keutamaan Asmaul Husna – Ini perlu kaum muslimin ketahui agar tidak lalai untuk mengamalkannya. Apalagi banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menyebut nama-nama baik Allah SWT. Bukan hanya untuk urusan dunia saja, namun juga akhirat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 180

(2) – Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!