Inilah 5 Keutamaan Anak Laki-laki yang Perlu Sobat Ketahui

0
3123
Keutamaan anak laki-laki

Keutamaan anak laki-laki – Anak merupakan anugerah yang tak terhingga diberikan oleh Allah pada hamba-Nya. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki keistimewaan tersendiri. Melalui artikel ini kami akan membahas keutamaan anak laki-laki.

Anak laki-laki dan perempuan memiliki perannya tersendiri. Meski seringkali anak perempuan lebih diutamakan, tapi anak laki-laki mempunyai peran yang lebih penting terutama bagi kehidupan ini.

Kami telah merangkum sejumlah keutamaannya, agar bisa memberikan pengetahuan kepada Sobat Cahaya Islam. Baik anak perempuan ataupun laki-laki, keduanya patut disyukuri, karena merupakan amanah besar dari Allah pada orangtua.

Keutamaan Anak Laki-laki

Ketika memilki anak laki-laki, orangtua harus mampu membangun jiwa kepemimpinan dalam diri anak tersebut. Terutama jika merupakan anak pertama, diharapkan bisa menjadi contoh yang baik bagi adik-adiknya.

Anak laki-laki akan menjadi seorang pemimpin baik di dalam keluarga maupun di masyarakat. Untuk itulah mengapa Sobat Cahaya Islam perlu mengetahui keutamaan anak laki-laki lainnya, supaya bisa menjadi gambaran untuk pendidikannya.

1. Menjadi Pemimpin

Keutamaan anak laki-laki

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, anak laki-laki kelak akan menjadi seorang pemimpin baik itu menjadi kepala keluarga ataupun menjadi pemimpin di masyarakat. Hal ini sesuai dengan hadits;

“Kalian semua adalah pemimpin, dan masing masing kalian bertanggung jawab atas orang yang dipimpinnya. Seorang Amir (raja) adalah pemimpin, seorang suami pun pemimpin atas keluarganya” [HR. al-Bukhari no. 893, 5188, 5200 dan Muslim no. 1829].

Untuk itulah mengapa anak laki-laki memang harus dididik atau dibentuk jiwa yang bertanggung jawab, tegas, dan bijaksana. Dengan kepemimpinan yang baik tentunya akan membawa keberkahan.

2. Mengajarkan tentang perjanjian

Keutamaan anak laki-laki lainnya, mengajarkan tentang janji. Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Hakim, dalam hadits tersebut disebutkan kebohongan itu tidaklah pantas dilakukan secara sungguh-sungguh ataupun main-main.

Apalagi janji seorang ayah kepada anaknya kemudian tidak dipenuhi. Dapat diambil kesimpulan dengan adanya anak, mengajarkan bahwa menetapi janji itu sangatlah penting.

3. Membawa Banyak Rahmat

Orangtua yang berusaha memberikan Rahmat kepada anaknya akan diberikan limpahan Rahmat oleh Allah. Ini berdasarkan pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini.

“Apakah kalian mencium anak-anak laki-laki? kami tidak mencium mereka”. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Aku tidak bisa berbuat apa-apa kalau Allah mencabut rasa rahmat/sayang dari hatimu.”(HR. Bukhori no.5998)

“ Nabi shallallahualaihi wa sallam mencium Al-Hasan bin Ali, dan di sisi Nabi ada Al-Aqro bin Haabis At-Tamimiy yang sedang duduk. Maka Al-Aqro’ berkata, “ Aku memiliki 10 orang anak, tidak seorangpun dari mereka yang pernah kucium”Maka Rasulullah melihat kepada Al-Aqro lalu nabi berkata, “ Barangsiapa yang tidak merahmati atau menyayangi maka ia tidak akan dirahmati” (HR Al-Bukhari no 5997 dan Muslim no 2318).

4. Anak lelaki menjadi milik ibu

Keutamaan anak laki-laki

Meskipun anak laki-laki kelak menikah atau berkeluarga ia tetap menjadi miliki ibunya. Oleh karena itu, sebagaian orang merasa senang karena memiliki anak laki-laki. Sebab anak lelaki akan menjadi milik ibunya, tidak seperti perempuan yang akan menjadi milik suaminya.

Namun perlu digaris bawahi, maksud dari anak laki-laki milik ibunya, adalah jika dalam berumah tangga sang anak kesulitan dalam hal finansial maka orangtuanya berhak untuk memberikan nafkah atau membantu anaknya.

5. Sosok pembawa keluarga

Keutamaan berikutnya, anak lelaki telah ditetapkan menjadi sosok pembawa keluarga. Hal ini karena laki-laki merupakan seorang pemimpin ia harus bertanggung jawab, atas orang-orang yang dipimpinnya.

Sobat perlu menanamkan jiwa kepemimpinan yang baik serta bekal agama yang bagus. Sehingga anak bisa membawa keluarganya menuju jalan Allah dengan benar.

Mengetahui sejumlah keutamaan ini harus mampu membuat kita lebih bersyukur, baik anak perempuan atau laki-laki keduanya sama-sama memiliki keistimewaan.

Keduanya juga mempunyai peran yang berbeda, maka harus diberikan pendidikan yang sesuai dengan perannya kelak. Sekian artikel tentang keutamaan anak laki-laki dibuat semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY