Hari Guru Nasional: Guru Tak Sekedar Profesi, Kemuliaannya Tercatat Dalam Al Quran

0
143

Hari Guru Nasional – Hari Guru Nasional diperingati sebanyak 2 kali di Indonesia. Yakni Hari Guru Sedunia yang jatuh pada 5 Oktober dan Hari Guru Nasional yang diperingati pada 25 November. Tanggal ini bertepatan dengan beridirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sebelum itu PGRI sempat dinamai PGHB yakni Persatuan Guru Hindia Belanda pada tahun 1912. Kemudian pada tahun 1932 berubah kembali menjadi PGI yakni Persatuan Guru Indonesia. Namun pada saat tentara Belanda diusir oleh Jepang, PGI tidak diperbolehkan beraktivitas.

Lalu saat Indonesia merdeka pada tanggal 17 tahun 1945, PGI pun kembali berkibar dengan mengubah namanya menjadi PGRI pada saat Kongres Guru Indonesia yang digelar pada tanggal 24 hingga 25 November. Tercatat dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1994 menetapkan bahwa hari berdirinya PGRI sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para guru di Indonsia.

Sobat Cahaya Islam, guru adalah seseorang yang berjasa dalam kehidupan kita. Guru dikatakan mulia karena dikaruniai ilmu oleh Allah untuk menjadikannya perantara bagi manusia lain. Bahkan tidak hanya menyampaikan ilmu, guru juga mendidik muridnya menjadi manusia yang beradab.

Memperingati Hari Guru Nasional, Mengingat Kemuliaannya dalam Ayat Al Quran

Guru adalah pahlawan bangsa. Karenanya manusia di dunia bisa membaca dan menulis. Mereka dengan ikhlas menjalankan tugasnya, meski terkadang melewati banyak kesulitan.

Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini yang menjadi tantangan bagi semua guru di dunia khususnya di Indonesia. Kemuliaan guru tercantum dalam ayat Al Quran seperti di bawah ini:

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung” (QS Ali’Imran:104)

Dalam surat Ali’Imran Allah mengatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia yang berhak disembah dan menegakan keadilan.

5 Keutamaan Orang-orang Berilmu

Terdapat keutamaan orang-orang yang berilmu seperti seorang guru. Hal ini bisa kita jumpai di hadit-hadits Rasulullah SAW. Berikut ini beberapa keutamaannya:

  • Pewaris Nabi

Karena mulia di mata Allah, bahkan guru disebut sebagai pewaris nabi. Karena profesinya yang memberikan banyak ilmu pada manusia lain. Ilmu yang diturunkannya pun menjadi pahala yang besar dan akan terus bertambah.

  • Diampuni Oleh Langit dan Bumi

Orang-orang yang berilmu, seperti guru akan diberikan ampunan oleh langit dan bumi. Hal itu menjadi balasan bagi guru yang sudah rela memberikan ilmunya pada manusia lain meski melewati banyak kesulitan. Maka profesinya pun sangat mulia di mata Allah.

  • Masuk Surga Tanpa Hisab

Guru adalah orang yang mengajarkan ilmunya kepada orang lain. Mereka akan mendapat perlakukan yang istimewa di akhirat nanti. Bahkan masuk surga tanpa hisab.

  • Pahalanya Tidak Pernah Putus

Guru memberikan ilmunya pada manusia lain. Kemudian manusia tersebut pun memberikan ilmunya pada manusia lain lagi. Maka pahala guru tidak akan pernah terputus karena ilmu terus menerut mengalir.

  • Kematiannya Menjadi Tanda Kiamat

Kematian orang-orang berilmu menjadi duka yang mendalam di dunia. Tanpa kehadiran mereka, manusia di dunia tidak berilmu. Bahkan kematiannya pun dijadikan sebagai tanda datangnya hari akhir.

Demikiannlah keutamaan orang-orang yang berilmu seperti seorang guru. Maka sudah sepatutnya kita ikut memperingati Hari Guru Nasional untuk mengenang jasa-jasanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY