Kematian Song Yoo Jung, Makna Kematian Dalam Islam

0
23

Song Yoo Jung – Aktris di bawah naunga n Managemen Sublime Artist Agency diketahui meninggal dunia pada tanggal 23 Januari 2021. Berita-berita yang beredar menyebutkan bahwa aktris cantik serta model ini meninggal karena bunuh diri.

Pihak manajemen pun membuka suara membenarkan kematian Song Yoo Jung. Namun tidak mengkonfirmasi penyebab kematiannya. Aktris yang bermain dalam drama korea School 2017, dikenal sebagai artis pembawa kebahagiaan, pendapat pihak manajem n. Senyumannya ceria dan memberikan kebahagiaan bagi orang lain.

Sobat cahaya islam, kematian aktris ini mengingatkan kita. Bahwa kematian tidak memandang bulu dan usia. Mau muda ataupun tua kematian pasti akan datang kapan saja. Juga tidak memandang kaya ataupun miskin

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ

“Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan” (HR. An Nasai no. 1824, Tirmidzi no. 2307 dan Ibnu Majah no. 4258 dan Ahmad 2: 292. Hadits ini hasan shahih menurut Syaikh Al Albani)

Pemutus yang dimaksud dalam hadits ini adalah kematian. Memtuskan kenimatan di dunia, dan menuju akhirat.

Sobat cahaya islam, Rasulullah telah bersabda untuk terus mengingat kematian.

Kematian Song Yoo Jung, Apakah Bunuh Diri?

Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab kematian Song Yoo Jung, pada awalnya Song Yoo Jung dikabarkan meninggal karena bunuh diri pada artikel asli yang dilaporkan Maeil Kyungjae. Kemudian artikel tersebut diubah. Sampai saat ini pihak kepolisian masih mencari tahu penyebabnya.

Kerugian Bunuh Diri

Bunuh diri dalam islam dikenal sebagai perbuatan keji. Karena menyalahi qada serta qadad yang telah ditetapkan oleh Allah Subhanahu’Wata’ala. Sobat cahaya islam, pasti tahu bagaimana akibat serta dampak dari perbuatan ini.

Menyesal dunia akhirat

Hal ini, sesuai dengan wahyu Allah;

رَبِّ ارْجِعُونِ  لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ

“(Ketika datang kematian pada seseorang, lalu ia berkata): Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan.” (QS. Al Mu’minuun: 99-100)

Sudah sangat jelas, oraang yang meninggal dan meninggalkan banyak dosa pun masih ingin kembali setelah mati untuk menabung pahala kembali. Sedangkan bunuh diri adalah perbuatan yang dimurkai Allah.

Keluarga menanggung beban

Selepas kematian, keluarga akan menanggung beban lebih berat lagi. Mulai dari rasa malu karena gagal mendidik anggota keluarganya dengan baik, merasa bersalah sampai mengganggu psikologi.

  • Hutang yang ditinggalkan menjadi tanggungan keluarga kandung atau ahli waris. Jika tidak mampu, urusan utang piutang akan di bawa sampai ke akhirat.
  • Menjadi aib bagi keturanan serta keluarga besar, bahkan mampu merusak nama baik keluarga.

Dimasukkan Neraka

Orang yang mengakhiri hidupnya sendiri akan dimasukan ke dalam neraka dan kekal di dalamnya, sesuai firman Allah;

وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا * وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ عُدْوَانًا وَظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيهِ نَارًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللّهِ يَسِيرًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. An Nisa: 29-30).

Serta sabda Rasulullah Sallahu’alaihi A’lahi Wassalam;

من قتل نفسه بشيء عذب به يوم القيامة

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu, ia akan di adzab dengan itu di hari kiamat” (HR. Bukhari no. 6105, Muslim no. 110).

Sobat cahaya islam, kematian aktris Song Yoo Jung menyadarkan bahwa takdir Yang Maha Kuasa tidak dapat diganggu gugat. Azab yang pedih jika melanggar aturan yang telah ditetapkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY