Kejutan Ulang Tahun Ruben Onsu, Perayaan Ulang Tahun Termasuk Tindakan Bid’ah Lho! Kenapa Begitu?

0
36
Kejutan ulang tahun Ruben Onsu dan Ini Pandangan Islam

Kejutan ulang tahun Ruben Onsu – Tanggal 15 Agustus ini menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi Ruben Onsu. Pasalnya ini merupakan hari ulang tahun Ruben yang tepat menginjak umur 37 tahun. Di hari ulang tahun Ruben, ia mendapatkan kejutan dari tim dan juga adiknya. Di jaman sekarang ini, ulang tahun merupakan hari yang bahkan tidak pernah terlewat untuk dirayakan. Banyak orang membuat perayaan meriah untuk memperingati hari ulang tahun mereka.

Kejutan ulang tahun Ruben Onsu dan Ini Pandangan Islam

Perayaan dianggap sebagai salah satu wujud rasa syukur atas sesuatu hal yang istimewa. Begitu juga anggapan mengenai hari ulang tahun. Banyak orang menganggap ini adalah hari yang wajib disyukuri. Sehingga berbagai perayaan diadakan untuk memeriahkan hari ulang tahun. Mulai dari acara makan-makan, mengundang banyak tamu, hingga acara ibadah yang khusus dikerjakan pada hari ulang tahun. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai perayaan ulang tahun?

Kejutan Ulang Tahun Ruben Onsu, Begini Pandangan Islam Mengenai Perayaan Ulang Tahun Sebagai Bid’ah

Kejutan ulang tahun Ruben Onsu dan Perayaan Ulang Tahun Dalam Pandangan Islam

Kejutan ulang tahun Ruben Onsu diberikan sebagai wujud kebahagiaan di hari yang istimewa ini. Namun tahukah sobat Cahaya Islam, bahwa perayaan ulang tahun bisa jadi tindakan bid’ah lho. Di jaman sekarang ini, banyak orang membuat perayaan untuk acara-acara khusus. Mulai dari hari kelahiran atau hari-hari lainnya yang sebenarnya tidak ada dalam ajaran islam. Dalam islam, kita dianjurkan untuk menjalankan segala sesuatu sesuai dengan syariat yang berlaku.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Ayat diatas menjelaskan bahwa kita dianjurkan untuk mengikuti apa-apa yang sudah diajarkan dalam islam. Sehingga segala sesuatu yang tidak ada dalilnya sebaiknya tidak dikerjakan. Ini artinya, perayaan ulang tahun bukanlah bagian dari ajaran islam. Bahkan untuk ibadah sekalipun. Karena Rasulullah tidak pernah mencontohkan atau mengajarkan untuk mengkhususkan ibadah sebagai peringatan ulang tahun. Ibadah yang diada-adakan tanpa ada tuntunannya bisa menjadi tindakan bid’ah. Ini tentu saja menyimpang dari syariat islam.

Perayaan Ulang Tahun Mengandung Perbuatan Menyerupai Orang Kafir

Kejutan ulang tahun Ruben Onsu dan Perayaan Termasuk Tasyabbuh

Perayaan ulang tahun yang mengkhususkan ibadah untuk memperingatinya, ini merupakan tindakan bid’ah. Karena ibadah untuk memperingati perayaan tertentu tidak ada dalam ajaran islam. Sedangkan jika perayaan ulang tahun dijadikan sebagai tradisi atau kebiasaan. Dalam tindakan ini mengandung unsur perbuatan yang menyerupai orang kafir. Ciri dari orang kafir adalah membuat berbagai perayaan yang tidak disyariatkan oleh islam. Dan dalam syariat islam, kita dilarang untuk tasyabbuh atau berbuat yang menyerupai orang kafir.

Kejutan ulang tahun Ruben Onsu – merupakan salah satu bentuk perayaan. Sebagai orang muslim, alangkah lebih baik jika hari kelahiran diiringi dengan pengharapan dan doa baik. Tanpa adanya perayaan-perayaan yang jelas saja ini bukan ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 59

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!