Keberkahan Sahur: Sahur Tidak Hanya Agar Puasa Kita Kuat, Namun Mengandung Berkah juga Lho!

0
1091

Seorang kenalan tim Cahayaislam yang bernama pak Eko memiliki anak yang sering membuat ayahnya pusing tujuh keliling. Bukan karena kenakalan anaknya tersebut melainkan dari pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari keingin-tahuan anaknya tersebut pada banyak hal. Pertanyaan-pertanyaan yang simpel namun harus memutar otak untuk menjawabnya seperti kenapa langit itu warnanya biru? Atau kenapa bacaan sholat harus memakai bahasa arab bukan bahasa indonesia? Selalu muncul dan menunggu untuk dijawab oleh pak Eko yang sambil cekikikan ketika bercerita tentang rasa penasaran anaknya tersebut kepada kami. Pada bulan ramadhan ini, anak pak Eko tersebut juga bertanya banyak pertanyaan, salah satunya adalah: kenapa kita bangun untuk sahur? Tentu jawaban dari pak Eko adalah agar puasa kita kuat! Namun tidak hanya itu saja lho! Sahur tidak hanya menjaga puasa kita, namun juga mengandung keberkahan.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Seperti yang dijelaskan anas bin malik dalam hadits riwayat Bukhari diatas, bahwasanya baginda Rasulullah memerintahkan kita untuk melaksanakan sahur karena dalam sahur ada sebuah keberkahan yang akan kita dapatkan.

Keberkahan sahur karena keta’atan kita melaksanakan Sunnah Rasulullah

Keberkahan sahur yang pertama yang pasti adalah pahala karena kita telah menjalankan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Berkah karena ta’at kepada perintah makan sahur beliau. Nilai berkah disini bersifat agamis karena berhubungan dengan pahala yang kita dapatkan dengan menjalankannya. Selain itu, rangkaian sahur merupakan salah satu pembeda tata cara puasa kita dengan kaum-kaum sebelum Rasulullah SAW yang mana mereka tidak melaksanakan sahur dan harus menjalankan puasa sejak setelah berbuka sampai waktu buka dihari selanjutnya.

Keberkahan Mendapatkan Doa Keselamatan dari para Malaikat

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Dalam hadits Thabrani diatas dijelaskan bahwa orang yang melaksanakan sahur akan mendapatkan doa keselamatan (shalawat) dari Allah beserta jajaran MalaikatNya. Keberkahan sahur dari mendapatkan shalawat langsung dari Allah dan para malaikat ini begitu pol dan menggiurkan bukan? Siapa sih yang tidak mau diberi shalawat oleh Tuhan Penciptanya beserta hamba-hamba loyal yang dikenal suci dan tanpa dosa, yakni para Malaikat Allah?

Keberkahan Terjaga Puasanya dari yang hal-hal yang batil

Keberkahan sahur lainnya adalah keberkahan yang bisa didapatkan karena terjaga puasanya dari hal-hal yang batil. Hal-hal batil yang dimaksudkan disini adalah hal-hal yang mengurangi pahala berpuasa kita atau hal-hal yang bahkan bisa membatalkan puasa kita. Hal ini berhubungan erat dengan statemen bahwa dengan sahur, kita bisa lebih kuat dalam berpuasa. Contohnya saja, banyak orang yang menjadi lebih emosional dan gampang marah ketika perut mereka kosong. Sehingga dengan melaksanakan sahur dan kita terjaga dari perut kosong dan rasa lapar yang menjadi-jadi, kita bisa menghindari dan menahan diri dari hal tersebut.

Keberkahan harmonisnya keluarga dalam rangkaian makan sahur

Keberkahan lainnya yang bisa juga anda dapatkan dari melaksanakan sahur adalah keberkahan harmonisnya keluarga. Tidak hanya waktu berbuka saja, kita bisa menjadi lebih dekat satu sama lain dalam keluarga dengan malaksanakan makan sahur. Makan bersama dan berbincang-bincang dengan anak anda misalnya, menelepon membangunkan sahur bagi mereka yang jauh dari keluarga, menyiapkan makan sahur bersama istri tercinta, atau shalat malam dan doa berjama’ah satu keluarga sebelum sahur dan lainnya. Tentu ini merupakan anugerah berkah yang bisa anda dapatkan dari makan sahur. Keberkahan ini merupakan salah satu dari banyaknya keberkahan dalam bulan ramadhan. Semoga bermanfaat dan lebih memberi semangat sobat Cahayaislam semuanya untuk mendapatkan keberkahan sahur ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!