3 Keistimewaan Surat Al Kafiirun Bagi Umat Islam

0
47
Keistimewaan Surat Al Kafiirun

Keistimewaan Surat Al Kafiirun – Sebagai umat Islam, tentunya memahami bahwa terdapat keistimewaan pada  berbagai aturan yang Allah SWT perintahkan termasuk keistimewaan surat Alkafiirun jika rutin membacanya.  Tentu fokus umat bukanlah untuk mencapai keistimewaannya melainkan untuk melaksanakan syariat Alalh SWT.

Sobat Cahaya Islam, terdapat beberapa hal yang menjadi keistimewaan surat Alkafirun. Beberapa diantaranya yakni sebagai penjelas bagi kaum muslimin untuk melaksanakan berdasarkan kemurnian kepada Allah Ta’ala semata. Namun juga merupakan surat yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW. Mudah bukan mengikuti sunnahnya?

Apa Saja Keistimewaan Surat Alkafiirun bagi Umat Muslim?

Melakukan amalan sesuai perintah Allah SWT tentunya akan menjadikan umat bahagia dan menjadi berkah jika dilakukan dengan niat yang ikhlas. Selain itu, umat juga akan mendapatkan pahala dari Allah Ta’ala yak tak terduga. Wah banyak bukan?

Tapi, Sobat Cahaya Islam tidak boleh terlena ya. Sebab yang dikejar memang bukan pahala tapi ridhoNya termasuk membaca surat Al Kafiirun. Walaupun surat ini termasuk surat Makkiyah, namun banyak yang akhirnya perlu belajar cara melafalkan dengan benar sebab ada beberapa ayat yang nampak diulang.

Beberapa keistimewaan dari membaca surat Al Kafiirun yakni :

1. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Keistimewaan Surat Al Kafiirun

Salah satu hal yang perlu diraih oleh umat yakni pahala atas amalan nafilah. Sebab amalan nafilah ini akan menjadi pelengkap serta pemberat dalam timbangan pada saat hari perhitungan.

Rasulullah SAW sering membaca surat Alkafiirun dalam dua waktu yakni di waktu sholat Sunnah sebelum Shubuh dan setelah Maghrib. Hal ini pun bisa dilakukan oleh umat.

Selain suratnya pendek dan mudah untuk dilafalkan, umat juga dapat menjalankan amalan Sunnah. Hal ini sesuai dengan dalil dari Jabir bin ‘Abdillah, ia mengatakan,

كَانَ يَقْرَأُ فِى الرَّكْعَتَيْنِ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) وَ (قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca di shalat dua raka’at thowaf yaitu surat Qul Huwallahu Ahad (Al Ikhlas) dan surat Qul Yaa Ayyuhal Kaafirun (Al Kaafirun).” (HR. Muslim no. 1218)

2. Menghindarkan diri dari Kesyirikan

Selain mendapatkan pahala Sunnah, ummat juga dapat menghindarkan diri dari syirik dengan membaca surat AlKafiirun. Seperti yang diketahui ummat, bahwa syirik merupakan perbuatan yang terkategorikan dosa besar.

Dalam salah satu ayat di suratnya, dijelaskan tentang keesaan Allah Ta’ala. Hal ini juga yang menjadi penegas bagi umat untuk tidak mendekatkan pada kesyirikan dan hanya menggantungkan diri dan menyembah kepada Allah semata.

3. Mengajarkan tentang Toleransi

Keistimewaan Surat Al Kafiirun

Selain mengesankan Allah SWT, keistimewaan dari surat AlKafiirun yakni sebagai penegasan bentuk toleransi dalam Islam. Hal tersebut telah dijelaskan melalui ayat terakhir di surat AlKafirun. Dengan demikian, jauh sebelum kata toleransi diajarkan pada umat di zaman modern, ternyata kuncineummat sudah diajarkan bagaimana menyikapi perbedaan-perbedaan keyakinan.

Namun nampaknya fenomena sekarang malah memperlihatkan bahwa ummat seakan – akan mudah dipecah belah atas dasar toleransi. Misalnya, jika terdapat umat Islam masuk ke dalam gereja bukan dalam rangka syar’i, itulah yang dianggap toleransi. Tentu saja hal itu tak dapat dibenarkan.

Sebab, toleransi adalah dengan tidak menyinggung keyakinan umat lainnya. Bukan berarti ikut meleburkan diri maupun berkompromi tanpa melihat apakah aktivitas yang dilakukan bertentangan dengan syariat Islam ataupun tidak.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah keistimewaan Surat AlKafiirun bagi umat muslim yang dengan ikhlas mengamalkannya. Semoga dengan rutin membacanya, umat dapat lebih bijaksana terutama dalam poin bertoleransi antar umat beragama.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY