Kasus Covid-19 Singapura Naik Dua Kali Lipat, Ini Hikmah di Baliknya

0
220
Kasus covid-19 Singapura

Kasus covid-19 Singapura – Covid-19 sudah menjadi momok menakutkan yang menghantui seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak orang yang merasa was-was terpapar virus Covid-19 dan ramai-ramai melakukan pencegahan. Sayangnya, baru-baru ini kasus covid-19 Singapura mengkhawatirkan banyak orang.

Tentu saja, banyak orang merasa khawatir kasus Covid-19 yang ada di Singapura bisa merambah ke Indonesia. Mengingat Singapura adalah negara tetangga Indonesia yang letaknya cukup berdekatan. Pastinya masyarakat tak ingin masa kelam seperti beberapa waktu lalu terulang kembali karena covid-19.

Kasus Covid-19 Singapura Melonjak Tajam

Kini, masyarakat Singapura tengah mengalami kepanikan karena jumlah kasus corona atau Covid-19 di negaranya secara mendadak naik. Tak tanggung-tanggung, jumlah kasus penyakit tersebut melonjak sampai dua kali lipat. Hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan Singapura alias MOH.

Melalui pernyataan MOH, pihaknya membeberkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Singapura bertambah hingga 22.094. Jumlah itu berlangsung naik dalam kurun waktu 19 sampai 25 November 2023 lalu. Angka tersebut rupanya naik dua kali lipat dari minggu sebelumnya, yakni 10.726 kasus di tanggal 12 hingga 18 November 2023.

MOH menyampaikan, kenaikan kasus covid-19 Singapura disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satunya adalah musim perjalanan di akhir tahun, serta menurunnya sistem kekebalan masyarakat. Oleh karenanya, MOH mendesak masyarakat Singapura segera mengikuti vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

Mewabahnya Covid-19

Kasus covid-19 Singapura

Sobat Cahaya Islam, kasus covid-19 Singapura yang bertambah memang mengkhawatirkan banyak orang. Namun sebaiknya Sobat tak perlu khawatir berlebihan yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Memang virus tersebut cepat penyebarannya yang memicu penyakit flu ringan sampai berat.

Tetapi, sudah ada vaksin Covid-19 dan tahap pencegahan lain yang dinilai efektif untuk menekan angka penyebaran.

Hikmah di Balik Covid-19

Di samping itu, covid-19 juga termasuk virus ciptaan Allah SWT yang tersimpan hikmah di baliknya. Sebagai hamba-Nya, Sobat harus mencari tahu hikmah terhadap apa yang telah Allah takdirkan dan melihatnya melalui kacamata keimanan, termasuk covid-19. Di balik covid-19 yang masih mewabah di seluruh dunia, beberapa hikmah yang bisa Sobat petik, di antaranya:

1. Semakin Memahami Kebesaran Allah SWT

Hikmah paling besar yang bisa Sobat petik adalah lebih menyadari bahwa Allah segala pencipta bumi, langit, dan semua isinya. Sobat sebagai manusia hanyalah makhluk yang lemah dan tidak berdaya. Karena virus covid-19 saja mampu menggemparkan manusia dengan ketakutan dan rasa panik yang luar biasa.

Dengan adanya virus tersebut, Sobat sepatutnya sadar bahwa tidak sepantasnya sombong dan tinggi hati.

2. Momentum Meningkatkan Kualitas Ibadah

Kasus covid-19 Singapura

Dengan adanya covid-19 dimanapun, hikmah lain yang bisa Sobat ambil adalah sebagai momentum mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pasalnya di saat ini, manusia akan merasa hati yang gundah, gelisah, dan takut. Untuk menghilangkan semua perasaan itu, Sobat hendaknya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Apalagi Allah SWT berfirman,

فَمَنْ كَانَ يَرْجُوا لِقَآءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَالِحًا وَلاَيُشْرِكُ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا

Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, hendaknya ia mengerjakan amalan yang sholeh dan janganlah ia mempersekutukan seseorang pun dalam beribadah kepada Rabbnya“.[Al Kahfi/18 : 110]

3. Meningkatkan Kebersihan Diri

Sobat, covid-19 juga menuntut manusia semakin hidup bersih dan sehat. Ini juga termasuk hikmah yang bisa Sobat petik di balik kemunculan covid-19 di Singapura atau di daerah manapun. Allah SWT suka dengan orang yang bersih, terbukti dalam:

لَا تَقُمْ فِيْهِ اَبَدًاۗ لَمَسْجِدٌ اُسِّسَ عَلَى التَّقْوٰى مِنْ اَوَّلِ يَوْمٍ اَحَقُّ اَنْ تَقُوْمَ فِيْهِۗ فِيْهِ رِجَالٌ يُّحِبُّوْنَ اَنْ يَّتَطَهَّرُوْاۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِيْنَ

Artinya: Janganlah engkau melaksanakan salat di dalamnya (masjid itu) selama-lamanya. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak hari pertama lebih berhak engkau melaksanakan salat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang gemar membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang membersihkan diri. (QS. At Taubah: 108)

Sobat Cahaya Islam, meningkatnya kasus covid-19 Singapura sepatutnya tidak diiringi dengan rasa takut yang luar biasa. Lakukan pencegahan semaksimal mungkin sambil berdoa dan pasrah terhadap ketentuan Allah SWT. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY