Tino Sidin Guru Menggambar yang Mengajarkan tidak Takut Mencoba, Cara Muslim Mengembangkan Kreativitas

0
70

Tino Sidin – Ada yang berbeda di Google Doodle pada peringatan Hari Guru Nasional, 25 November 2020 kemarin. Sebab apa? Hal ini disebabkan adanya gambar tokoh pelukis yang fenomenal di Indonesia.

Jasa Tino Sidin di bidang seni rupa sebagai pelukis patut diacungi jempol. Beliau mengajarkan untuk tidak takut salah saat menggambar. Intinya, beliau menanamkan anak didiknya untuk terus berkreasi tanpa takut dalam mencoba menggambar sesuatu yang baru tentunya.

Menggambar merupakan salah satu seni dari beberapa cabang seni. Bukan hanya masalah rasa, menggambar memperluas kreativitas yang tinggi. Tentu akan terlihat lebih menarik apabila hasil gambarnya memiliki ciri khas dengan corak yang berbeda.

Sobat Cahaya Islam, menggambar bentuk mengembangkan kreativitas lewat berbagai imajinasi-imajinasi yang dibangun kemudian divisualkan. Tahukah kalian mengembangkan kreativitas bisa digolongkan sebagai rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan.

Why? Sebab mengembangkan kreativitas berarti mempergunakan nikmat untuk dimanfaatkan sebaik mungkin, baik nikmat kemampuan, nikmat anggota badan. Tidak lupa juga nikmat kepercayaan, perlu diingat tidak semua orang diberi kepercayaan berupa bakat dan minat.

Berbicara tentang mengembangkan kreativitas sebagai mensyukuri nikmat. Muslim bisa mengambil dalil tentang pentingnya mensyukuri nikmat sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat tujuh.

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ

Terjemahannya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (Q.S. Ibrahim: 7)

Ayat di atas menerangkan apabila muslim bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT akan ditambah nikmatnya. Sebaliknya yang kufur dengan nikmat akan diberi laknat. Maka mari kita mengembangkan kreativitas bentuk mensyukuri nikmat, melalui cara pada pembahasan ini.

 

Cara Muslim Mengembangkan Kreativitas Seperti Tino Sidin

Kreativitas bukan ditunggu sembari berlalu bersama waktu. Tetapi, diperlukan latihan perlahan mengembangkannya. Berikut poin-poin cara mengencangkan kreativitas bagi muslim.

  1. Kenali Diri

Setiap muslim yang lahir memiliki kelebihan masing-masing. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni kenali diri. Bagaimana kemampuan kita? Bukanlah Allah SWT telah menjelaskan bahwa siapa yang bisa mengenal dirinya maka akan mengenal Allah SWT.

 

  1. Tanamkan Rasa Ingin Tahu

Setelah tahu kemampuan kita, bakat dan minat kita. Langkah selanjutnya dengan menanamkan rasa ingin tahu, mengali ilmu bidang yang ingin ditekuni, agar nantinya tidak salah langkah.

  1. Mulai Mencoba

Mulailah mencoba! Apa artinya punya segudang bakat sudah tahu ilmunya tapi tidak segera mencoba. Mencoba segera terjun semisal memiliki kemampuan dalam mengolah makanan buatlah semacam usaha kuliner bisa menerima jasa catering, membuka warung makan, dan lainnya.

Cara lainnya yakni dengan mengikuti berbagai ajang talenta yang diadakan berbagai pihak baik tingkat daerah maupun internasional, seperti  program “American Muslim Got Talent”.

  1. Konsisten dalam Menjalankan Apa yang Menjadi Pilihan

Konsisten dalam menjalankan apa yang menjadi pilihan. Apa yang menjadi pilihan akan berbuah manis bila dijalankan secara terus-menerus meski kadang halangan menyergap di tengah jalan. Anggap saja halangan sebagai tantangan yang perlu dihadapi bukan dihindari.

  1. Tidak Pernah Merasa Puas

Berhasil begitulah harapan setiap muslim. Di balik keberhasilan, perlu digarisbawahi tidak sepantasnya merasa puas dengan hasil. Lantas, tidak lagi mau belajar dan berlatih dari pihak pemula sekalipun. Muslim perlu terus berlatih dengan belajar, belajar, dan belajar selama masih hidup.

Lima cara mengencangkan kreativitas di atas. Semoga bisa kita terapkan dalam kehidupan. Serta semoga kita bisa meniru kiprah Tino Sidin lewat cara masing-masing. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY