Jalankan Sunnah: Apa manfaat menjenguk orang sakit?

0
72

Manfaat Menjenguk Orang Sakit – Menjenguk orang sakit merupakan suatu hal yang dianjurkan dalam agama Islam. Rasullullah bahkan mencontohkan ketika ada tetangga atau sahabat beliau sakit, beliau langsung mengunjunginya. Nabi Muhammad adalah seorang yang berhati mulia yang bisa menjadi suri tauladan bagi kita. Bahkan pamannya yang bernama abu jahal sakit, orang yang pertama kali mengunjunginya adalah rasullullah. Padahal abu jahal adalah orang yang pali lantang memusuhi beliau karena dakwahnya.

Dari contoh tersebut kita bisa mengambil pelajaran bahwa kita harus mengunjungi orang yang sedang sakit meskipun pada orang yang memusuhi atau tidak suka dengan kita. Rasullullah bersabda dalam sebuah hadits:

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ. قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

Sahabat bertanya: apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukAllah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).” (hr. Muslim, no. 2162)

Menjenguk orang sakit sangat dianjurkan bagi kaum muslim. Apalagi orang yang sedang sakit adalah tetangga, kerabat, keluarga yang masih satu nasab dan lainnya. Manfaat menjenguk orang sakit sangat banyak, misalnya mendapat pahala besar, mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapat ampunan dari Allah, mendapat rahmat dan surganya, dan lain sebagainya.

Berikut akan kami berikan beberapa manfaat menjenguk orang sakit:

Dijanjikan kebun surga oleh Allah

Allah menjanjikan surga pada setiap kaum muslimin yang selalu mengunjungi orang sakit entah itu sanak saudaranya, sahabat atau tetangganya. Siapapun yang menjenguk orang sakit akan diberi pahala yang banyak oleh Allah. Banyaknya pahala nantinya seperti seseorang yang memetik buah-buahan di kebun surga.

Para malaikat akan mendoakannya

Manfaat menjenguk orang sakit selanjutnya adalah orang yang mengunjungi saudara muslimnya akan didoakan oleh para malaikat. Ketika seseorang mengunjungi orang sakit yang masih seiman dengan di pagi hari, para malaikat akan bershalawat dan mendoakannya dari pagi sampai sore hari. Sedangkan kalau mengjenguknya di sore hari, ribuan malaikat akan shalawat dan mendoakannya sampai pagi hari tiba.

Membuat kita lebih bersyukur

Hal yang paling nikmat dan paling layak untuk disyukuri di dunia ini adalah nikmat diberi kesehatan oleh Allah. Tapi sering kali kita kurang bersyukur atas kesehatan yang telah Allah berikan. Menjenguk orang sakit memberikan hikmah pada kita, yaitu kita bisa menjadi lebih bersyukur kalau sehat itu adalah nikmat yang sering kita lupakan untuk kita syukuri. Kita akan lebih tahu kalau orang sakit itu tidak bisa melakukan kegiatan apapun, makanan seenak apapun akan menjadi tidak enak ketika kita sakit.  Jadi manfaat menjenguk orang sakit lainnya adalah kita lebih banyak bersyukur karena telah diberikan kesehatan.

Kita jadi Ingat akhirat

Menjenguk orang sakit akan mengingatkan kita pada akhirat. Dengan kita ingat pada akhirat otomatis kita akan ingat akan dosa-dosa kita. Kita akan lebih takut pada Allah dan menyadari bahwa kita adalah mahluk lemah ketika Allah mencabut kekuatan yang kita miliki saat kita sakit. Manusia hanya makhluk lemah yang kadang merasa sombong dan merasa paling kuat. Tetapi ketika kita sakit, manusia kehilangan kekuatannya karena memang Allah mengambil kekuatannya lewat sakit yang diberikannya.

Memperlancar urusan dunia

Manfaat menjenguk orang sakit yang terakhir adalah urusan dunia orang yeng menjenguk akan dilancarkan oleh Allah. Sobat cahaya Islam, urusan dunia kalau kita terus kita kejar tidak akan ada habisnya. Ada sebuah perkataan, “kalau kamu mengejar akhirat, dunia akan mengejarmu”. Maksudnya, kita harus mengutamakan akhirat maka urusan dunia pun insyaAllah tidak akan membebani kita. Sebalik, kalau kita sibuk mengurus yang berbau duniawi, urusan akhirat yang sebenarnya paling utama malah akan terabaikan. Dan urusan duniawi pun tidak akan lancar meskipun kita sibuk mengejar dunia. Menjenguk orang sakit merupakan hal yang disarankan oleh Allah dan rosulnya. Sehingga menjenguk orang yang sedang sakit adalah suatu ibadah. Ibadah yang dilakukan dengan ikhlas maka urusan dunianya akan dimudahkan oleh Allah.    Sobat cahaya Islam, penjelasan di atas hanya beberapa manfaat menjenguk orang sakit, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan keutamaannya. Sebagai seorang muslim yang baik, sudah sepatutnya kita menjenguk orang yang sedang sakit terutama jika saudara sesama muslim.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY