Kapolres Jombang Kirimkan Tumpeng Untuk Rayakan Dirgahayu TNI ke-76, Arti Sebuah Persatuan dalam Islam

0
29
Dirgahayu TNI ke-76

Dirgahayu TNI ke-76 – Pada saat peringatan Dirgahayu TNI ke-76 kemarin, Kapolres Jombang mengirimkan sebuah tumpeng serta kue ulang tahun yang diterima oleh komandan kodim letkol Triyono di markas kodim 0814 di Jombang. Beberapa pejabat utama juga ikut hadir dalam rombongan Kapolres Jombang.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita tentang pentingnya sebuah persatuan. Perbedaan jabatan, kekayaan, sifat, maupun karakter seseorang bukanlah hal yang begitu penting. Adanya persatuan membuat kita saling melindungi dan menguatkan satu sama lain. Persatuan mempunyai arti yang penting bagi Islam. Apa sajakah itu?

Arti Sebuah Persatuan dalam Islam Untuk Dirgahayu TNI ke-76

Persatuan adalah salah satu ajaran dari agama Islam yang harus diajarkan oleh ulama kepada masyarakat. Sebab, pada era sekarang ini perang tidak terjadi secara fisik namun melalui perang terselubung yang dimasukkan ke dalam mental dan pemikiran-pemikiran anak muda melalui pemahaman-pemahaman jahat hingga saat ini.

Pemahaman jahat ini dapat masuk melalui mana saja, seperti internet, televisi, media sosial, dan organisasi keagamaan yang mempunyai pemahaman atau aliran yang sesat. Perang yang saat ini terjadi lebih sulit daripada perang di zaman dahulu. Sebab, perang pada saat ini lebih terfokus pada pembunuhan mental dan karakter, sedangkan dahulu perang tertuju pada fisik.

Dirgahayu TNI ke-76

Dalam rangka memperingati dirgahayu TNI ke-76, kita harus mengingat betapa pentingnya persatuan. Salah satunya adalah tanpa adanya persatuan, bangsa Indonesia mungkin hingga saat ini tidak akan menikmati yang namanya kemerdekaan sebagaimana negara-negara yang telah lepas dari penjajahan.

Oleh karena itu, persatuan mempunyai arti yang penting dalam Islam. Beberapa arti penting persatuan dalam Islam, diantaranya:

1. Sebagai Jembatan Perbedaan

Persatuan menghubungkan semua orang tanpa memandang perbedaan yang dimiliki seseorang. Perbedaan itu seperti keyakinan, jabatan, maupun harta. Contohnya, Kapolres Jombang mengirimkan tumpeng kepada komandan kodim letkol Triyono saat peringatan dirgahayu TNI ke-76 kemarin. Ini membuktikan bahwa persatuan dapat menjembatani perbedaan yang ada.

Dirgahayu TNI ke-76

2. Sebagai Sumber Kekuatan dan Kemuliaan

Persatuan merupakan salah satu sumber kekuatan dan kemuliaan bagi Islam. Sebab, Jika umat Islam bersatu, orang-orang kafir di luar sana yang hendak menyerang orang Islam menjadi ketakutan sehingga mereka harus menyusun suatu strategi untuk menghancurkan umat Islam tanpa menyentuhnya.

Selain itu, jika tidak ada persatuan maka yang ada hanyalah kerapuhan dan pertengkaran antara sesama umat Islam. Sedangkan, adanya kemuliaan membuat kebenaran akan selalu berada di posisi yang paling tinggi. Adanya kekuatan, membuat kebenaran akan selalu terlindungi dari para penghancur dan penipu.

3. Bukan Ciri Orang Musyrik

Allah menjadikan sikap bersatu dan bertauhid merupakan salah satu ciri orang-orang mukmin. Sedangkan, sikap perpecahan merupakan salah satu ciri orang musyrik. Sebab, orang-orang musyrik selalu merasa bahwa dirinya yang paling benar sehingga sukar menerima nasehat yang baik dari orang lain.

Hal ini sebagaimana ayat yang berbunyi:

مِنَ الَّذِيْنَ فَرَّقُوْا دِيْنَهُمْ وَكَانُوْا شِيَعًا ۗ كُلُّ حِزْبٍۢ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُوْنَ

Artinya: yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Setiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka (Q.S. Ar-Rum: 32)

Itulah arti sebuah persatuan dalam Islam untuk dirgahayu TNI ke-76. Semoga umat Islam selalu bersatu dan tidak terpecah belah lagi agar ditakuti oleh musuh-musuh Allah. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY