Cara Berhemat Menurut Versi Islam

0
112
Cara Berhemat 1

Cara berhemat – Biasanya pertengahan bulan merupakan waktu dimana budget bulanan telah mulai menipis. Sehingga harus lebih berhemat untuk bisa mengatur keuangan cukup hingga di akhir bulan. Atau hingga ketika waktu menerima gaji tiba. Maka dari itu untuk tetap bisa mengatur keuangan dengan baik, kita harus tahu bagaimana cara untuk menghemat yang tepat.

Cara Berhemat 1

Dalam ajaran islam, menggunakan uang dengan bijak adalah salah satu yang Allah anjurkan. Dengan begitu semua kebutuhan juga bisa tercukupi dengan baik. Dalam hal ini, islam juga mengajarkan kaum muslimin untuk berhemat atau tidak boros dalam mengeluarkan uang. Untuk sobat CahayaIslam yang tidak bisa hemat, maka perlu mencoba beberapa langkah berikut agar bisa memanage keuangan dengan sebaik mungkin.

Cara Berhemat Menurut Versi Islam, Ini Kiat-Kiatnya

Cara Berhemat 3

Cara berhemat adalah langkah yang tepat untuk bisa mengatur uang dengan bijak. Jangan sampai kita justru lupa untuk mendahulukan urusan yang penting, sehingga uang dihabiskan untuk hal yang tidak bermanfaat. Ini jelas tidak sesuai dengan ajaran islam yang menganjurkan kaum muslimin untuk tidak menghambur-hamburkan uang dengan tidak bijak. Seperti yang tertuang dalam ayat Al Quran berikut.

وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Dalam ayat ini menjelaskan bahwasanya Allah melarang kita untuk bersikap boros. Apalagi boros atau menghambur-hamburkan uang sama halnya dengan saudara syaitan. Itu artinya, berbuat boros adalah suatu perbuatan yang dikategorikan sebagai suatu hal yang tidak baik. Sehingga memiliki kesamaan dengan sifat syaitan. Maka dari itu, sudah seharusnya seorang muslim tidak meniru perbuatan syaitan.

Lalu bagaimana untuk bisa berhemat yang sesuai dengan ajaran islam? yuk simak beberapa kiat berikut sobat CahayaIslam.

Tentukan Kebutuhan Primer dan Tidak

Salah satu menggunakan uang dengan bijak adalah dengan membeli barang yang memang dibutuhkan, bukan hanya sekedar memenuhi keinginan. Itu sebabnya, mulailah berhemat dengan membedakan mana kebutuhan yang pokok dan mana kebutuhan sekunder. Sehingga jika memang kondisi keuangan sedang menipis, sobat CahayaIslam bisa menahan diri untuk membeli apapun yang tidak terlalu butuh.

Memburu Promo atau Diskon

Cara Berhemat 2

Cara kedua, adalah dengan memburu diskon atau promo untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Jika sobat CahayaIslam mungkin ingin membeli sesuatu, maka bisa mencoba untuk mencari barang tersebut yang harganya lebih miring. Ini juga membantu sekali lho untuk bisa lebih menghemat uang.

Menabung di Awal Bulan

Salah satu cara untuk menghemat adalah dengan menyisihkan sebagian uang untuk menabung. Lakukan ini diawal bulan, sehingga kita dapat belajar mengatur uang yang ada dan bagaimana agar tetap cukup. Dengan menabung diawal, maka ini bisa mengajarkan diri untuk menahan keinginan untuk membeli ini itu. Namun meski begitu tetap harus memiliki cadangan untuk dana darurat ya.

Cara berhemat – menurut versi islam sangat mudah dilakukan bukan? ini bisa membantu sobat CahayaIslam untuk mengatur dan menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 26-27

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY