Jujur Kepada Diri Sendiri Merupakan Akhlak Mulia

0
30
Jujur Kepada Diri Sendiri Merupakan Akhlak Mulia

Jujur Kepada Diri Sendiri Merupakan Akhlak Mulia – Sobat cahaya Islam, pastinya sudah pernah mendengar istilah jujur kepada diri sendiri. Ya, jujur bukan hanya bisa dilakukan kepada orang lain akan tetapi juga perlu dilakukan pada diri sendiri. Apa saja sih contoh sikap jujur kepada diri sendiri? Anda perlu mengetahui beberapa contoh dari sikap jujur kepada diri supaya lebih paham dan tahu bagaimana cara menghargai diri.

Dalam QS. Al-Ankabut Ayat 3 Allah berfirman:

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Artinya: “Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta,” (QS. Al-Ankabut [29]: 3).

Contoh Sikap Jujur Kepada Diri Sendiri

Ada berbagai macam contoh sikap jujur kepada diri sendiri. Dengan bersikap jujur kepada diri sendiri Anda akan lebih mengerti dan menghargai diri. Berikut ini adalah 5 contoh sikap jujur kepada diri sendiri merupakan akhlak yang perlu diterapkan oleh setiap muslim:

1. Mau Mengakui Kesalahan

Sikap jujur pada diri sendiri salah satunya akan tercermin ketika seseorang mau mengakui kesalahan yang dilakukan. Banyak orang yang ketika melakukan kesalahan, justru mencari-cari pembelaan atau bahkan menyalahkan orang lain. Dengan berani mengakui kesalahan, maka ini menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki sifat yang jujur bukan hanya kepada orang lain tapi juga pada diri sendiri.

Allah berfirman dalam QS. At-Taubah Ayat 119:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar,” (QS. At-Taubah [9]: 119)

2. Menerima Kekurangan Diri

Dengan menerima kekurangan yang ada pada diri, tertentu sobat cahaya Islam juga akan merasa lebih tenang. Tidak perlu merasa sedih dengan kekurangan yang dimiliki karena dengan menerima hati menjadi lebih bahagia. Sikap jujur kepada diri sendiri seperti ini membuat seseorang akan tetap bersemangat menjalani hidup tanpa terlalu terbebani dengan keterbatasan yang dimiliki.

3. Tidak Sungkan Minta Tolong

Jujur kepada diri sendiri juga terlihat ketika seseorang tidak merasa sungkan meminta bantuan kepada orang lain. Jika memang merasa tidak memiliki kemampuan pada hal tertentu, maka Anda bisa meminta bantuan orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa Anda jujur dan mengakui ada keterbatasan pada diri sehingga membutuhkan orang lain.

4. Menghargai Diri

Contoh sikap jujur kepada diri sendiri selanjutnya adalah mau menghargai diri tanpa perlu memikirkan apa kata orang lain. Dengan percaya bahwa diri ini memiliki banyak hal yang hebat, tentunya hidup ini terasa lebih mudah dan menyenangkan.

5. Mampu Menerima Kritik

Dengan mau menerima kritik yang membangun, seseorang tentu bisa mengembangkan diri. Orang yang tidak mau menerima kritik atau justru merasa marah dengan kritik yang membangun , biasanya akan sulit melakukan perubahan positif pada diri.

Sobat cahaya Islam perlu memahami bahwa jujur kepada diri sendiri merupakan akhlak dan sikap mau menerima diri dan juga berusaha untuk memahami diri dengan baik. Apabila sobat cahaya Islam bisa jujur terhadap diri sendiri, pastinya akan lebih menyayangi diri dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain.

Allah SWT dalam Alquran Surat An-Nahl Ayat 105 telah berfirman:

إِنَّمَا يَفۡتَرِي ٱلۡكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِ‍َٔايَٰتِ ٱللَّهِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡكَٰذِبُونَ

Artinya: Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta (Q.S. An-Nahl: 105)

Allah Subhanahu wa ta’ala sudah memberikan perintah bagi setiap hambanya untuk selalu bersikap jujur kepada diri dan juga kepada orang lain. Apabila dalam kehidupan sehari-hari, sobat cahaya Islam selalu bersikap jujur pastinya tidak akan mudah merasa gelisah. Sikap-sikap yang telah disebutkan di atas, memang hanya dimiliki oleh orang-orang yang jujur. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga merupakan sosok yang sangat jujur kepada diri sendiri. Sobat cahaya Islam bisa mencontoh sikap Rasulullah yang senantiasa menghargai diri dan bijaksana dalam banyak hal.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY