Jesy Nelson Hengkang dari Little Mix karena Depresi, Simak Cara Atasi Depresi Menurut Islam

0
113

Little Mix Kabar menghebohkan datang dari dunia musik internasional Little Mix. Salah satu personil Little Mix Jesy Nelson hengkang setlah 9 tahun bersama dalam girl band yang berisi 4 perempuan itu. Dikabarkan bahwa Jesy Nelson mengalami gangguan makan hingga depresi.

Perempuan berusia 29 tahun itu dikabarkan hengkang dari Little Mix dari unggahan di postingan akun instagram pribadinya. Jesy mengatakan bahwa hengkangnya dia karena tekanan yang didapat selama menjadi girl band. Jesy merasa terbebani dengan ekspektasi yang diharapkan oleh para netizen.

Tidak sekali dua kali kita mendengar kabar tentang publik figur yang mengalami gangguan mental. Nampaknya kesehatan mental semakin hari semakin menjadi topik yang perlu dipelajari. Terlebih ada banyak kasus yang mengakibatkan seseorang dengan gangguan kesehatan mental mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Sobat Cahaya Islam, ketentraman hati dalam menjalani hidup tidak serta merta kita dapatkan dari harta, tahta, dan semua yang gemerlap di dunia. Secara Islam sendiri ketentraman hati dapat kita dapatkan dengan selalu mengingat dan berdzikir kepada yang maha pemberi hidup dan kehisupan.

Personil Little Mix Alami Depresi, Begini Cara Islam Mengatasi Depresi

Depresi termasuk jenis gangguan kesehatan mental. Dikabarkan bahwa personel Little Mix Jesy Nelson mengalami hal tersebut. Sebenarnya tidak hanya publik figur saja yang terancam mengali gangguan kesehatan mental. Rakyat sipil dan kita sendiri dapat terserang gangguan tersebut.

Biasanya orang dengan gangguan kesehatan mental lebih memilih mengakhiri hidupnya daripada harus menderita tekanan mental dan depresi berat. Sebelum dampak dari kesehatan mental lebih parah, ada baiknya Sobat Cahaya Islam simak ulasan berikut sebagai salah satu referensi untuk mencegah gangguan kesehatan mental.

1.      Dzikir

Islam adalah agama rahmatan lil’alamin. Dalam Islam sendiri telah diajarkan berbagai cara mencegah depresi dan perasaan tidak tentram lainnya. Bahkan QS. Ar-Ra’du ayat 28 telah mengingatkan kita untuk selalu mengingat Allah:

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS. Ar-Ra’du: 28)

Berdzikir dan selalu mengingat serta menyertakan Allah di setiap pekerjaan kita akan membuat hati mejadi lebih tentram. Berdzikir menurut ulama salaf termasuk salah satu cara hamba Allah berinteraksi langsung dengan sang pencipta. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk selalu berdzikir kepada Allah baik dalam keadaan susah maupun senang.

2.      Sholat

Sebagai salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam, sholat juga dapat menenangkan hati dan pikiran agar lebih tenang. Telah dilakukan penelitian tentang sholat dan hubungannya dengan otak manusia. Ternyata orang yang rajin sholat dengan kekhusu’annya sama artinya dengan mensinergikan kesehatan otaknya.

Disebutkan dalam buku “Refresh & Install Ulang Otakmu” bahwa dalam tubuh manusia terdapat hormon yang mengatur tinggi rendahnya tingkat depresi. Orang yang rajin melakukan sholat wajb dan diimbangi dengan sholat sunnah tahajud memiliki tingkat depresi yang rendah.

Nah, dari kasus hengkangnya Jesy Nelson dari Little Mix dapat kita ambil kesimpulan bahwa ketika pikiran sudah berada di titik terendah tidak apa-apa jika kita mengambil jeda sebentar. Istirahat sebentar dari dunia yang membuat kita cukup depresi dan memilih untuk menenangkan diri sejenak.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY