Sinopsis Jatuh Cinta Seperti di Film-Film: Bagaimana Syarat Jatuh Cinta Dalam Islam?

0
195
Jatuh Cinta Seperti di Film-Film

Jatuh Cinta Seperti di Film-Film – Banyak film menarik yang menjadi tontonan wajib kalangan anak muda. Salah satunya ada film berjudul Jatuh Cinta Seperti di Film-Film. Ini merupakan karya baru garapan sutradara Yandy Laurens.

Film tersebut resmi tayang di bioskop Indonesia pada hari Kamis 30 November 2023 kemarin. Menariknya, film kedua Yandy Laurens tersebut menjadi ajang reuni untuk sejumlah artis kondang. Sebab film ini menyatukan Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir kembali di dalam satu frame setelah film Keluarga Cemara.

Sinopsis Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film

Jatuh Cinta Seperti di Film-Film hadir dengan cerita antar tokoh tersendiri dengan alur romansa dan komedi. Film ini mengisahkan karakter Bagus yang berprofesi sebagai seorang penulis film adaptasi populer. Ia tengah dikejar deadline untuk menyelesaikan naskah asli pertamanya.

Rupanya Bagus ingin menuliskan kisah tentang perasaannya sendiri kepada wanita yang ia cintai semasa SMA, yaitu Hanna. Selama proses penggarapan naskah, tak disangka Bagus kembali berjumpa dengan Hanna, yang kini menjadi penjual bunga. Karena momen itulah, Bagus menjalin komunikasi kembali dengan Hanna.

Sayangnya Hanna mengalami kondisi sebaliknya, karena ia baru ditinggal mati oleh suaminya. Hanna pun justru merasa belum siap apabila harus menjalin hubungan baru. Menurut hanna, di usianya yang tidak lagi muda, bukan lagi saatnya membicarakan cerita romansa seperti di film-film.

Jatuh Cinta dengan Lawan Jenis dalam Islam

Jatuh Cinta Seperti di Film-Film

Sobat Cahaya Islam, berkaca dari film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film, ceritanya cukup relate dengan kehidupan sehari-hari. Pasalnya setiap manusia yang hidup di dunia pasti akan mempunyai rasa cinta. Rasa cinta merupakan fitrah yang wajar dimiliki dan termasuk anugerah dari Allah SWT.

Semua manusia ingin mendapat rasa cinta yang mendalam di hidupnya. Begitupun Allah SWT memerintahkan manusia untuk terus mempunyai rasa cinta dan kasih sayang antar sesama manusia. Jatuh cinta kepada lawan jenis sebaiknya dipahami bahwa terdapat batasan tertentu dan tak boleh sembarangan.

Selain itu, islam juga mempunyai batasan-batasan tertentu bagi manusia yang jatuh cinta. Terdapat beberapa syarat dalam islam bagi manusia yang jatuh cinta yaitu:

1. Tidak Ikut Langkah Setan

Sobat saat jatuh cinta, jangan sampai mengikuti langkah-langkah setan karena mengarahkan kepada penjerumusan. Memang langkah setan selalu terbalut dengan hal-hal yang berbau keindahan. Karenanya, Sobat perlu menahan diri mengikuti langkah-langkah setan dan jangan terlena.

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman,

Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS Al Baqarah : 168-169) 

2. Tak Mendekati Zina

Saat jatuh cinta, Sobat jangan sampai mengarah pada hal yang mendekati zina. Sebab islam melarang dengan tegas umatnya mendekati zina dan diharamkan oleh Allah SWT. Untuk itu, jangan sampai Sobat melakukan khalwat alias berdua-duaan dengan lawan jenis karena alasan jatuh cinta.

Allah SWT berfirman,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا 

Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.”

3. Arahkan Kepada Kehalalan

Jatuh Cinta Seperti di Film-Film

Perasaan jatuh cinta perlu Sobat arahkan kepada cinta yang halal. Cinta yang halal yaitu mengarah kepada pernikahan dalam balutan ridho Allah SWT. Tentu rasa jatuh cinta bisa mengantarkan Sobat kepada jodoh yang akan selalu menemani.

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu”. (QS An Nisa : 1)

Sobat Cahaya Islam, pahami bahwa cerita dalam film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film harus Sobat telaah sesuai ajaran islam. Dengan begitu, Sobat terhindar dari jatuh cinta yang justru mengantarkan pada keburukan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY