Mengenang Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949, Peran Sejarah dalam Persebaran Islam

0
58

Serangan Umum 1 Maret – Tahukah Sobat Cahaya Islam tragedi Serangan Umum 1 Maret? Kali ini kita akan membahas tentang sejarah serangan tersebut. Pada tahun 1949 terjadi serangan umum 1 Maret. Jika dilihat dari tahunnya, seharusnya Indonesia telah merdeka. Lalu, mengapa ada serangan umum 1 Maret di tahun 1949?

Serangan umum 1 Maret 1949 merupakan serangan yang terjadi di Yogyakarta. Hal ini terjadi sebab Belanda ingin menguasai daerah Yogyakarta dan mempropaganda negara lain dengan mengatakan bahwa Indonesia telah tiada. Oleh sebab itu, di bawah komando Letkol Soekarno para TNI Militer Indonesia melakukan perlawanan terhadap Belanda.

serangan umum1 maret 1

Latar belakang terjadinya Serangan umum 1 Maret adalah dampak dari Agresi Militer Belanda II yang mengakibatkan kedudukan Indonesia di mata dunia menjadi hancur. Meski telah merdeka, akan tetapi presiden, wakil presiden, dan jajaran anggota kabinet lain ditawan. Sementara itu pasukan militer Indonesia menyusun strategi.

Terdapat beberapa tokoh yang ikut dalam serangan umum 1 Maret ini, seperti Jendral Soedirman, Kolonel A.H. Nasution, dan Letkol Soeharto. Selama masa penyusunan strategi dari pihak Militer Indonesia, mereka merencanakan penyerangan terhadap Belanda pada 1 Maret 1949 tepat mulai pukul 06.00 WIB.

Pada saat penyerangan, sirine dibunyikan tepat pukul 06.00 WIB. Pasukan TNI menyerang Belanda hingga ke pos yang ditempatinya. Penyerangan tersebut hanya berlangsung selama 6 jam dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Berkat strategi dan upaya pasukan TNI, wilayah Yogyakarta berhasil diambil alih oleh Indonesia dan Belanda dinyatakan kalah.

Serangan Umum 1 Maret dan dengan Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia

Kita telah membahas sekilas tentang serangan umum 1 Maret 1949. Namun, tahukah Sobat Cahaya Islam kapan Islam pertama kali mulai masuk di Indonesia? Terdapat 4 teori yang dapat dijadikan dasar darimana asal mula ajaran agama Islam mulai masuk ke wilayah nusantara. Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Yusuf Ayat 111)

1.      Teori India (Gujarat)

Menurut teori ini Islam mulai masuk ke wilayah nusantara dibawa oleh pedagang dari Gujarat. Salah satu bukti lain yang mendukung adalah ditemukannya makam Malik As-Saleh alias Marah Silu yang notabene sebagai pendiri Kerajaan Samudera Pasai. Samudera Pasai juga merupakan kerajaan pertama yang ada di nusantara.

2.      Teori Persia (Iran)

Teori Persia menyatakan bahwa Islam datang dari bangsa Persia (Sekarang Iran) sekitar tahun 13 Masehi. Bukti yang meyakini bahwa Islam datang dari Persia adalah sebab kebudayaan dan tradisi orang Persia mirip dengan orang Indonesia.

3.      Teori Arab (Mekkah)

Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke nusantara dari Timur Tengah. Orang asli Timur tengah kemudian menikahi warga lokal dan mendirikan serta membentuk komunitas Muslim. Hal ini terjadi sekitar tahun 7 Masehi.

4.      Teori Cina

Teori Cina meyakini bahwa awal mula Islam masuk ke wilayah nusantara adalah bersamaannya para imigran ke wilayah Asia Tenggara. Dasar lain yang mengatakan Islam datang dari Cina adalah banyaknya pendakwah yang berasal dari Cina dan memiliki pengaruh yang cukup besar pada Kesultanan Demak.

Itu tadi sekilas tentang sejarah serangan umum 1 Maret dan bagaimana Islam mulai masuk ke nusantara. Sebagai Muslim yang beriman kita tentu tidak boleh melupakan sejarah baik itu sejarah bangsa atau sejarah tentang Islam lainnya. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY