Kekerasan Manager Terhadap Kasir Indomaret, Ini Seharusnya Sikap Seorang Pemimpin Menurut Islam

0
254
Kekerasan Manager Terhadap Kasir Indomaret 1

Kekerasan manager – Beberapa waktu viral di media sosial dimana seorang kasir indomaret mengalami kekerasan yang diduga dilakukan oleh sang manager. Video tersebut tersebar di berbagai media sosial. Mulai dari TikTok, instagram hingga twitter. Namun menurut public relations dari indomaret ini, yaitu Anna menyatakan bahwa kejadian tersebut disebabkan adanya hubungan pribadi antara keduanya.

Kekerasan Manager Terhadap Kasir Indomaret 2

Namun meskipun begitu, kekerasan tentunya bukan tindakan yang benar. Terlebih dalam lingkungan kerja dan hubungan keduanya adalah atasan dan bawahan. Selain tidak sesuai dengan norma yang ada, juga tidak sesuai dengan ajaran islam itu sendiri. Dalam islam, seorang pemimpin atau atasan semestinya memiliki attitude yang patut untuk dicontoh. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai hal ini? Begini penjelasannnya!

Kekerasan Manager Terhadap Kasir Indomaret, Ini Sikap Seorang Pemimpin Dalam Islam

Kekerasan Manager Terhadap Kasir Indomaret 1

Kekerasan manager terhadap kasir indomaret sempat menjadi sorotan masyarakat. Hal ini dikarenakan beredar video yang menunjukkan adanya kekerasan yang terjadi. Tentunya ini menuai banyak komentar dan bahkan hujatan atas tindakan yang tidak seharusnya. Dalam islam, seorang pemimpin harus memiliki sikap yang mana mencerminkan bagaimana menjadi pemimpin islam.

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا ۖ وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ

Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.

Ayat ini menjelaskan bagaimana seorang pemimpin perlu memiliki sikap yang sesuai dengan petunjuk dalam islam. Bagaimanapun pemimpin adalah teladan dan juga cerminan seorang muslim. Sehingga nantinya akan dimintai pertanggung jawabannya untuk kepemimpinannya. Lalu bagaimana seharusnya sikap seorang pemimpin menurut islam?

Mengayomi Bawahannya

Kekerasan Manager Terhadap Kasir Indomaret 3

Salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh atasan atau pemimpin adalah mengayomi bawahannya. Pemimpin adalah teladan, itulah kenapa memiliki sifat pengayom juga sangatlah penting. Sehingga nantinya kepemimpinannya akan bisa dicontoh dan diteladani oleh bawahannya. Terlebih bawahan akan merasa dihargai dan juga dilindungi.

Memiliki Sikap dan Perlakuan Yang Baik

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya seorang pemimpin harus mengetahui bagaimana bersikap dan memperlakukan bawahannya. Selain itu menjadikannya seorang pemimpin yang dihormati, bawahan juga tentu akan merasa dihargai karena diperlakukan dengan baik. Dengan begitu akan tercipta kepemipinan yang mencerminkan kedamaian.

Berlaku Adil

Adil adalah sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin. Seperti yang tercermin dalam ayat Al Quran dimana seorang pemimpin tidak seharusnya berlaku tidak adil hanya karena membenci suatu kaum atau seseorang.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Kekerasan manager – terhadap kasir indomaret adalah contoh sikap yang tidak seharusnya dilakukan oleh atasan atau pemimpin. Jadi sobat CahayaIslam, yuk bercermin dengan ajaran islam dan juga Rasulullah sebagai contoh pemimpin teladan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat As-Sajdah Ayat 24

(2) – Surat Al-Ma’idah Ayat 8

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY