Hukum Quotes Al Quran dan Hadits Ketika Hanya Memberi Keuntungan Saja?

0
328
Hukum Quotes Al Quran dan Hadits Ketika Hanya Memberi Keuntungan Saja

Hukum quotes al quranJadi ceritanya ada seorang teman tim cahaya islam yang sudah berkeluarga kemarin mampir. Dia orangnya sebenernya jarang ngeluh sih. Cuman waktu itu dia datang kepada kami membawa semacam pertanyaan yang mungkin bisa relate dengan kehidupan beberapa sobat cahaya islam disini.

Jadi istri teman kami itu punya kebiasaan suka tiba tiba nunjukkin beberapa quotes islami (entah dari pinterest, google atau lainnya). Nah istrinya menunjukkan quotes tersebut supaya suaminya mau melakukan sesuatu untuknya. Misalnya gini: istrinya tiba tiba kasih quote bahwa suami yang baik adalah dia menafkahi istrinya dengan baik hanya karena si istri ingin membeli sesuatu barang secara online.

Bagus sih, tapi ketika di sang suami menunjukkan quote lain dengan tujuan yang sama agar si istri melakukan sesuatu untuk suaminya. Istrinya malah marah marah. Jadi istrinya menggunakan quote itu untuk keuntungan dirinya. Nah gimana tuh hukum quotes al quran atau hadits yang digunakan secara demikian itu?

Hukum Quotes al quran dan Hadits seharusnya tidak untuk bahan permainan

Beberapa alim ulama menyatakan bahwa menggunakan ayat al Quran dan sunnah Rasulullah dengan tujuan selain manfaat kebaikan disetarakan dengan mempermainkan ayat dan sunnah tersebut. Padahal hal itu sangat dilarang oleh Allah dan Rasulullah. Seperti yang dijelaskan dalam Surat At Taubah 65 – 66 dibawah ini:

قُلۡ أَبِٱللَّهِ وَءَايَٰتِهِۦ وَرَسُولِهِۦ كُنتُمۡ تَسۡتَهۡزِءُونَ ٦٥ لَا تَعۡتَذِرُواْ قَدۡ كَفَرۡتُم بَعۡدَ إِيمَٰنِكُمۡۚ

Dalam ayat tersebut Allah telah menghardik mereka yang mempermainkan ayat Allah. Ditekankan agar tidak menjadi kufur dalam keimanan dengan melakukan hal itu.

Kesimpulan – Sebenernya ini kebiasaan yang perlu dihindari sih. Jadi seolah olah quote al quran dan hadits hanya digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan selain kebaikan. Dimana seharusnya Al quran dan hadits itu digunakan untuk kebaikan. Pun misalnya sobat cahaya islam ingin menggunakan quotes islami untuk tujuan tertentu, ya seharusnya menggunakannya secara holistik dan menyeluruh, tidak hanya ketika memberikan keuntungan saja. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY