Cut Syifa Memutuskan untuk Berhijab, Inilah Keutamaan Wanita Muslimah yang Berhijab!

0
303

Cut Syifa– Berdasar pada informasi yang ramai di berbagai media sosial, selebritis yang populer dengan sebutan Cut Syifa memutuskan untuk berhijab.

Hal ini merupakan salah satu informasi baik yang hendaknya disambut dengan penuh suka cita. Keputusan ini dilakukan secara mantap setelah melaksanakan rangkaian ibadah sholat sunat, mulai dari isikharah, hajat hingga shalat tahajud.

Berhijab merupakan salah satu hal yang amat dianjurkan dalam Islam. Beragam dalil, baik naqli maupun aqli menjelaskan secara tegas terkait pentingnya untuk berhijan bagi seorang wanita muslimah. Banyak keutamaan yang didapatkan dari berhijab.

Keutamaan Wanita Muslimah yang Berhijab

Sobat Cahaya Islam, terutama kaum muslimah tentunya menyadari kasih-sayang yang Allah SWT haturkan melalui anjuran untuk berhijab. Aturan dalam hukum Islam ini menjadi salah satu cara menjaga kehormatan seorang perempuan. Di antara keutamaan wanita muslimah yang berhijab yakni sebagai berikut.

1.   Bentuk Ketaatan Kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW

Keutamaan dari seorang muslimah yang berhijab yakni taat kepada Allah SWT dan Rasul-nya. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup melalui ketaatan terhadap apa yang diperintahkan-Nya.

Perintah untuk berhijab dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Quran, salah satunya dijelaskan dalam surat An-Nuur aya 31, yang berbunyi:

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ

“Dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera–putera mereka, atau putera–putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam. (QS. An-Nuur: 31).”

2.   Senantiasa Menjaga Diri

Keberadaan hijab menjadi salah satu pelindung dalam rangka menjaga diri dari berbagai ganguan. Berhijab sebagai salah satu langkah agar terhindar dari berbagai pandangan dari yang bukan muhrimnya yang dapat menimbulkan maksiat. Selain itu, perempuan berhijab akan terhindar dari gangguan yang merugikan.

3.   Merupakan Bentuk Rasa Malu Seorang Perempuan

Selain itu, keutamaan lainnya dari berhijab yakni sebagai salah satu bentuk rasa malu seorang perempuan. Mereka yang senantiasa mengumbar-umbar auranya hilang rasa malu dalam diri. Padahal seorang perempuan hanya diperbolehkan untuk memperlihatkan keindahannya hanya pada muhrimnya saja, misalnya kepada sang suami.

4.   Terjaganya Kehormatan Seorang Perempuan

Berhijab akan membantu seorang perempuan agar terjaga kehormatannya. Alih-alih diganggu kaum Adam, wanita muslimah yang mengenakan hijab akan disambut dengan penuh rasa hormat serta penuh sopan santun. Selain iu, berhijab akan terhindar dari berbagai gangguan yang dapat merugikan.

5.   Menanamkan Sifat Istiqomah dalam Diri

Selanjutnya, berhijab sebagai salah satu langkah dalam menanamkan sifat istiqomah dalam diri. Menjadikan diri sebagai pribadi muslimah yang dapat mentaati perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Munculnya berbagai mode dalam berhijab sebagai salah satu tantangan untuk senantiasa berhijab sesuai syariat Islam.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah ulasan singkat terkait keutamaan dari berhijab. Semoga bagi kaum perempuan yang sudah bisa berhijab seperti halnya Cut Syifa, diberikan keistiqomahan untuk senantiasa menjaga auratnya. Begitu pun bagi perempuan yang belum berhijab, semoga senantiasa terketuk hatinya untuk mengenakan hijab. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY