Hari Santri 2020 Dirayakan, Ini Cara Merayakannya Dalam Islam

0
22

Hari Santri 2020 – Tepat pada hari ini tanggal 22 Oktober diperingati sebagai hari santri 2020. Banyak orang dari berbagai kalangan dan lembaga pendidikan Islam yang merayakannya. Salah satunya adalah pondok pesantren dan sekolah-sekolah formal berbasis Islam lainnya.

Cara merayakan hari santri ini sangat beragam. Ada yang merayakannya dengan mengadakan lomba adzan dan tartil al-Qur’an, ada juga yang merayakannya dengan mengadakan lomba tentang menulis tentang hari santri.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk mengingat hari-hari penting Islam. Bukan hanya untuk dikenang saja, melainkan untuk mengingat pembelajaran yang terkait dengan hari tersebut. Sebagaimana halnya dengan hari santri, adanya peringatan hari santri tersebut ditujukan untuk mengingat perjuangan santri dalam menuntut ilmu .

Selain itu, adanya hari santri tersebut mengingatkan tentang etika dan adab-adab yang harus dimiliki seorang santri dalam menuntut ilmu. Adanya etika dan adab tersebut membuat seorang santri menjadi berkah ilmunya dan bermanfaat bagi dirinya serta orang-orang sekitarnya. Lalu, bagaimana cara merayakan hari santri dalam Islam?

Cara Merayakan Hari Santri 2020 dalam Islam

Perayaaan hari santri 2020 ini tidak sama dengan perayaan tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan pandemi covid 19 yang masih melanda berbagai negara, termasuk Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita untuk merayakan hari santri 2020?

1. Tetap Memegang Teguh Adab dan Sikap Sebagai Santri

Pandemi covid 19 memaksa kita untuk tetap berada di rumah saja dan tidak keluar jika tidak ada hal yang penting. Pertemuan antara kiai dan santrinya biasanya menggunakan aplikasi online.

Contohnya saja, seorang siswa SMPIT sekarang menyetorkan hafalannya via WhatsApp atau zoom. Hal tersebut dilakukan karena masih banyaknya daerah terkena covid 19 di tempat tinggal siswa-siswa tersebut.

2. Berzikir dan Bersholawat

Memperbanyak zikir kepada Allah dan sholawat kepada nabi Muhammad untuk menambahkan pahala kita di akhirat. Selain itu, juga agar covid 19 segera dihilangkan Allah dari muka bumi ini. Agar manusia kembali bebas beraktivitas seperti biasanya.

خَلَّتَانِ لَا يُحْصِيهِمَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ أَلَا وَهُمَا يَسِيرٌ وَمَنْ يَعْمَلُ بِهِمَا قَلِيلٌ يُسَبِّحُ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ عَشْرًا وَيَحْمَدُهُ عَشْرًا وَيُكَبِّرُهُ عَشْرًا

“Ada dua perkara, setiap muslim yang konsisten melakukannya akan masuk ke dalam surga. Keduanya sangatlah mudah, namun sangat jarang yang mampu konsisten mengamalkannya. (Perkara yang pertama) adalah bertasbih, bertahmid, dan bertakbir masing masing sebanyak sepuluh kali sesudah menunaikan shalat fardhu.” (Sahih; H.R. Tirmidzi, no. 3410; Shahihut Tirmidzi, no. 2714)

3. Melakukan Sosialisasi Tentang Hari Santri

Melakukan sosialisasi ini tidak harus dengan menggunakan tatap muka. Tetapi, dapat juga menggunakan aplikasi seperti zoom atau discord. Adanya covid 19 ini mengharuskan kita untuk tetap terus beraktivitas meskipun hanya di dalam rumah.

4. Mengikuti Perlombaan Islam yang Bersifat Online

Ketika hari santri, biasanya banyak terdapat perlombaan-perlombaan Islam. Salah satunya seperti menulis artikel tentang hari santri dan menggambar dengan tema santri yang kemudian dikirim melalui email.

Pada hari santri 2020 ini, banyak orang yang mengucapkan selamat hari santri dengan menggunakan twibbon sama seperti sebelumnya. Hal yang berbeda hanyalah cara perayaannya yang tidak dirayakan secara tatap muka dan beramai-ramai.

 

Itulah cara merayakan hari santri 2020 dalam Islam. Dalam perayaan hari santri 2020 ini, hendaknya kita introspeksi diri dengan menjadi lebih baik lagi. Semoga Alla memberkahi setiap langkah kita. Amiiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY