Hari Keluarga Nasional Jadi Momen Untuk Kebersamaan, Begini Peran Keluarga Dalam Islam

0
78
Hari Keluarga Nasional dan Begini Keluarga Menurut Islam

Hari Keluarga Nasional – Keluarga merupakan bagian terpenting dalam kehidupan seseorang. Sehingga keluarga yang harmonis adalah dambaan bagi setiap orang. Untuk menciptakan keluarga yang harmonis, tentu saja dibutuhkan kedekatan dan kebersamaan. Dan juga didukung dengan pengertian, kasih sayang dan hal lainnya. Hari keluarga secara nasional yang jatuh tepat di tanggal 29 Juni ini merupakan salah satu momen yang tepat untuk semakin mendekatkan diri. Sehingga tercipta kebersamaan agar terjalin hubungan keluarga yang semakin harmonis.

Hari Keluarga Nasional dan Peran Keluarga Dalam Islam

Hari keluarga ini ditetapkan oleh Presiden RI ke-2 Soeharto. Harganas ini ditetapkan sebagai bentuk penghargaan untuk rakyat yang sudah berjuang untuk RI di masa penjajahan. Khususnya untuk yang rakyat yang hingga rela meninggalkan keluarganya di kampung halaman untuk mempertahankan RI. Apalagi di tanggal 29 juni ini juga menjadi waktu dimana para pejuang di masa penjajahan kembali pada keluarganya. Itu sebabnya, ini kemudian dijadikan sebagai hari keluarga.

Hari Keluarga Nasional Jadi Momen Untuk Kebersamaan, Begini Pandangan Islam Tentang Keluarga

Hari Keluarga Nasional Untuk Tingkatkan Kebersamaan dan Kedekatan Keluarga

Hari keluarga nasional bisa menjadi momen tepat untuk berkumpul dengan keluarga agar meningkatkan kebersamaan dan keharmonisan keluarga. Sehingga bisa membentuk hubungan keluarga yang sesuai dengan syariat. Dalam islam, keluarga adalah bagian penting. Itu sebabnya ada banyak ayat Al Quran yang mengatur tentang hubungan keluarga. Mulai dari hubungan suami istri, hingga hubungan dengan orang tua atau anak.

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.(1)

Dalam ayat diatas, kita diajarkan untuk berbuat baik kepada orang tua. Bahkan dalam ayat ini pun ditegaskan bahwa kita dilarang mengucapkan kata-kata yang tidak baik atau membentak. Ini adalah salah satu bukti bahwa islam juga mengatur hubungan keluarga. Hal tersebut tidak lain agar terbentuk keluarga yang sesuai dengan syariat agama. Lalu apa peran keluarga dalam agama islam?

Menanamkan Nilai-Nilai Agama Dalam Keluarga

Hari Keluarga Nasional dan Menanamkan Nilai Agama Dalam Keluarga

Tahukah bahwa keluarga adalah pendidikan pertama bagi generasi muda? Seperti halnya ibu sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya. Jika keluarga mengetahui perannya, maka membentuk keluarga yang sesuai dengan syariat agama ini sebenarnya mudah. Asalkan dalam keluarga jangan sampai lupa menanamkan nilai-nilai agama islam. Sehingga anak atau generasi berikutnya dapat terbentuk dengan pribadi yang sesuai sebagai seorang muslim yang baik.

Menjaga Agar Terhindar Dari Siksa Api Neraka

Peran keluarga yang selanjutnya adalah menjaga dari siksa api neraka. Untuk mewujudkan keluarga islam yang bahagia, nilai-nilai agama harus ditanamkan. Bukan hanya untuk menjaga hubungan keluarga yang baik namun juga menjaga dari siksa api neraka.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(2)

Hari keluarga nasional – bisa menjadi momen tepat untuk meningkatkan kualitas hubungan keluarga. Terutama untuk bisa mewujudkan keluarga yang sesuai dengan syariat agama. Peran keluarga adalah salah satu hal yang perlu disadari oleh setiap kaum muslim.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 23

(2) – Surat At-Tahrim Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!