Amalan Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya Yang Perlu Kaum Muslimin Ketahui

0
40
Amalan Bulan Dzulhijjah Yang Bisa Dilakukan

Amalan bulan Dzulhijjah – bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang mana dimuliakan oleh Allah. Bulan ini memiliki keutamaan dan makna yang luar biasa, sehingga banyak amalan yang bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Pada bulan ini, banyak umat muslim yang berqurban dan juga melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu. Itu sebabnya banyak orang menyambut bulan ini dengan semangat, bahkan menjadikan bulan Dzulhijjah sebagai waktu yang tepat untuk memberikan sedekah.

Amalan Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya

وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

Demi fajar, dan malam yang sepuluh, (1)

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang memiliki keutamaan. Pada bulan ini, ada beberapa hari yang dipilih oleh Allah sebagai hari yang paling baik. Seperti yang disebutkan pada ayat diatas, yaitu malam yang sepuluh. Yang artinya, selama sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari terbaik. Kita bisa menggunakan hari-hari ini untuk menjalankan amalan-amalan. Bagi sobat Cahaya Islam yang belum mampu untuk melaksanakan ibadah haji dan berqurban, maka bisa mengamalkan ibadah lainnya dan melaksanakan sunnah.

Amalan Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya, Ini Perlu Kaum Muslimin Ketahui

Amalan Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya Yang Istimewa

Amalan bulan Dzulhijjah bisa menjadi ibadah yang dilakukan selama bulan Dzulhijjah. Dan juga untuk menyambut datangnya hari raya Idul Adha. Bulan Dzulhijjah ini memiliki banyak keutamaan, itu sebabnya menjadi bulan yang dimuliakan dalam islam. Bahkan kaum muslimin bisa memanfaatkan bulan Dzulhijjah untuk memperbanyak amalan.

Keutamaan dari bulan Dzulhijjah yang pertama, Islam disempurnakan pada bulan Dzulhijjah. Kedua, puasa Arafah pada bulan Dzulhijjah yang disunnahkan untuk kaum muslimin. Ketiga, banyaknya hewan kurban pada bulan ini. Keempat, merupakan bulan muktamar kaum muslim dunia.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.(2)

Ini Beberapa Amalan Yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Dzulhijjah

Amalan Bulan Dzulhijjah Yang Perlu Kaum Muslimin Ketahui

Pada bulan yang dimuliakan oleh Allah, yaitu bulan Dzulhijjah. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin. Apalagi dengan beberapa keutamaan yang ada pada bulan Dzulhijjah ini. Amalan ini mampu menjadi penambah pahala bagi umat muslim. Apalagi dalam ajaran islam sendiri, Allah meminta kaum muslim untuk melaksanakan sunnah.

Menjalankan Puasa

Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah adalah puasa. Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dianggap sebagai hari terbaik yang Allah pilih. Puasa arafah pada hari ke-9 merupakan salah satu puasa sunnah yang bisa dilaksanakan kaum muslimin. Namun sebelum itu,  kita bisa melakukan ibadah puasa selama 8 hari berturut-turut. Ini sebagai amalan untuk menambah pahala kita.

Dzikir

Dzikir pada bulan Dzulhijjah ini juga bisa diamalkan. Pada sepuluh hari bulan Dzulhijjah dzikir yang diutamakan adalah takbir, tahlil serta tahmid. Dzikir bisa dilakukan dimana saja, baik di masjid ataupun di rumah. Tujuannya bukan hanya untuk menambah amalan pada bulan Dzulhijjah. Namun dzikir adalah salah satu cara untuk semakin dekat dengan Allah SWT.

Berqurban

Berqurban adalah ibadah yang dianjurkan pada bulan Dzulhijjah. Hanya saja, ini diperuntukkan bagi yang mampu. Begitupun anjuran untuk melaksanakan haji. Sehingga tidak diwajibkan bagi kaum muslimin jika belum mampu.

Amalan bulan Dzulhijjah – bisa dilakukan dengan berbagai cara beribadah. Sobat Cahaya Islam juga bisa memperbanyak tilawah Al-Qur’an pada bulan yang istimewa ini. Dan yang pasti, kita bisa memanfaatkan bulan Dzulhijjah sebagai penambah amalan pahala kita.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hajr Ayat 1-2

(2) – Surat Al-Maidah Ayat 3

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!