Hari Jumat Agung dan Jumat Berkah, Kemuliaan Bagi Semua Umat Beragama

0
62
hari Jumat agung

Hari Jumat Agung – Bukan rahasia umum lagi jika Jumat menjadi salah satu hari yang berkah bagi umat islam. Ternyata, istilah tersebut tak hanya berlaku bagi umat beragama islam. Sebab ada juga hari Jumat agung yang juga mulia untuk umat non muslim.

Jumat merupakan hari kelima di dalam satuan minggu di negara Indonesia. Kata Jumat termasuk kata serapan yang berasal dari Bahasa Arab yaitu Jumuah yang berarti beramai-ramai. Tak mengherankan jika kata Jumat begitu populer di Indonesia.

Peringatan Hari Jumat Agung di Indonesia

Karena menjadi populer, ramai dari pengguna sosial media yang kerap meramaikan jagat maya dengan berbagai tagar yang berhubungan dengan Jumat. Bahkan hampir di setiap minggu, tagar tersebut kerap kali muncul di bermacam platform sosial media.

Pada hari ini, umat kristiani sedang merayakan hari Jumat agung. Bagi umat kristiani, Jumat agung mempunyai tiga makna. Adapun makna tersebut di antaranya membangun mentalitas pemenang, penderitaan bukan akhir, dan pengampunan.

Untuk umat kristiani, Jumat agung tak hanya sebagai peringatan. Sebab ini merupakan hari yang mana hendaknya umat kristiani melihat teladan Tuhan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Keutamaan Hari Jumat untuk Umat Islam

Di sisi lain, hari Jumat juga mempunyai keistimewaan tersendiri untuk umat islam. Bagi kaum muslimin, hari Jumat termasuk Rajanya Hari dan termasuk hari yang paling penuh keberkahan. Allah SWT pun mengkhususkan hari Jumat bagi kaum muslimin.

Begitu istimewanya hari Jumat bagi semua umat islam. Ditetapkannya Jumat sebagai hari spesial bukanlah tanpa alasan, melainkan ada dalam sejarahnya  banyak hal yang membuat hari Jumat menjadi spesial.

Tak hanya banyak kejadian yang istimewa, hari Jumat juga penuh keberkahan. Karena itu, Sobat Cahaya Islam perlu memahami keutamaan yang harus Sobat pelajari sekaligus pahami. Beberapa keutamaan hari Jumat bagi umat islam, di antaranya:

1.      Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan hari Jumat yang pertama bagi umat islam berkaitan dengan pahala. Karena itu, hari Jumat menjadi saat yang tepat untuk bersedekah. Pasalnya sedekah yang Sobat berikan di hari Jumat bisa menjadi berlipat ganda.

hari Jumat agung

Apalagi Allah SWT menyukai sedekah serta mengingatkan hambanya untuk selalu bersedekah. Ini sebagaimana yang tertuang dalam,

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al-Baqarah ayat 254)

2.      Waktu Terkabulnya Doa

Keutamaan hari Jumat berikutnya yaitu hari yang paling tepat untuk berdoa kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, Sobat perlu memperbanyak doa di hari Jumat. Nabi Muhammad SAW pun menyampaikan bahwa Jumat menjadi hari doa didengar dan Allah SWT kabulkan.

3.      Salat Jumat

Keutamaan hari Jumat berikutnya bisa Sobat lihat dari ibadah khusus untuk kaum laki-laki. Di hari Jumat, kaum muslim disyariatkan menjalankan salat Jumat. Ini pun menjadi ibadah spesial dan khusus dilaksanakan hanya di hari tersebut.

hari Jumat agung

Allah SWT memerintahkan hambanya untuk menjalankan salat Jumat, seperti yang tercantum dalam,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS Al-Jumu’ah ayat 9)

Sobat Cahaya Islam, begitu mulianya hari Jumat bagi semua umat beragama. Sebagai umat muslim, Sobat sepatutnya menghormati hari Jumat agung yang juga tak kalah mulia bagi kaum nasrani.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY