Gerhana Matahari 8 April: Hikmah yang Bisa Dipetik

0
47
gerhana matahari 8 April

Gerhana Matahari 8 April – Di dunia ini begitu banyak kejadian menakjubkan yang merupakan tanda kekuasaan Allah SWT. Salah satu di antaranya adalah fenomena alam berupa gerhana matahari 8 April. Tak heran jika manusia begitu penasaran dengan fenomena tersebut.

Pada tanggal 8 April 2024 nanti, kabarnya sebagian besar masyarakat yang ada di Amerika Utara bisa melihat gerhana matahari langsung. Tentu saja ini menjadi kesempatan yang bagus sekaligus langka dirasakan semua manusia.

Fenomena Alam Gerhana Matahari 8 April 2024

Gerhana matahari seperti yang akan terjadi 8 April nanti merupakan momen saat bulan menutupi matahari sepenuhnya. Menariknya, jutaan orang di sepanjang jalur Texas sampai Maine di Amerika Serikat berkesempatan menyaksikan gerhana matahari 8 April secara total.

Sementara itu, masyarakat yang berada di luar jalur tersebut masih berkesempatan melihat gerhana matahari sebagian. Bagi Sobat yang tidak berada di Amerika Serikat tak perlu risau. Sebab Nasa akan menggelar liputan gerhana secara langsung.

Bahkan Nasa memberikan akses untuk semua orang agar bisa melihat gerhana matahari total tersebut secara online.

Nantinya Nasa mengadakan liputan gerhana langsung mulai jam 1 siang waktu Amerika atau jam 00.00 WIB. Tayangan itu mencakup fenomena gerhana dari seluruh wilayah Amerika Utara selama tiga jam.

Bagaimana Fenomena Gerhana Terjadi?

Berbicara tentang gerhana matahari 8 April, tahukah Sobat bagaimana fenomena tersebut berlangsung? Hal ini berawal dari bumi yang mengorbit dan mengelilingi matahari sekali setiap tahunnya.

Di samping itu, bulan juga mengorbit mengelilingi bumi satu kali setiap bulan lunar. Di waktu tertentu, saat matahari bersinar terang, bulan yang berotasi di depan akan menutupinya secara menyeluruh.

Kendati demikian, fenomena gerhana matahari berbahaya apabila ditatap secara langsung. Pasalnya fenomena tersebut akan memancarkan radiasi. Adapun radiasi yang paling berbahaya adalah infra merah dan ditransmisikan lewat matahari secara permanen.

Hikmah di Balik Penciptaan Gerhana

Sobat Cahaya Islam, fenomena gerhana hendaknya tidak hanya dipandang sebelah mata. Sebab ternyata ada hikmah di balik penciptaan gerhana oleh Allah SWT. Hikmah tersebut di antaranya:

1. Pengingat Kebesaran Allah

Melihat fenomena gerhana matahari atau bulan langsung artinya melihat kebesaran Allah SWT atas peristiwa di semesta alam. Dengan demikian, seharusnya umat muslim semakin percaya atas kekuasaan Allah yang begitu besar, sehingga dapat menciptakan gerhana matahari.

gerhana matahari 8 April

Bukan itu saja, Allah SWT juga memberikan gambaran tentang gerhana dalam surat Al Qiyamah yang berbunyi,

“Maka apabila mata terbelalak (ketakutan), dan bulan pun telah hilang cahayanya, lalu matahari dan bulan dikumpulkan (terjadilah gerhana), pada hari itu manusia berkata, “Kemana tempat lari?” Tidak! Tidak ada tempat berlindung! Hanya kepada Tuhanmu tempat kembali pada hari itu.” (al Qiyamah (75) : 7-12.)

2. Ajang Sosialisasi dan Doa Bersama

Dalam peristiwa gerhana matahari, Rasulullah SAW menganjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan. Salah satunya yaitu mendirikan salat sunah berjamaah. Ini sebagaimana dalam hadits,

كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَوْمَ مَاتَ إِبْرَاهِيمُ ، فَقَالَ النَّاسُ كَسَفَتِ الشَّمْسُ لِمَوْتِ إِبْرَاهِيمَ . فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ فَصَلُّوا وَادْعُوا اللَّهَ »

”Di masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari ketika hari kematian Ibrahim. Kemudian orang-orang mengatakan bahwa munculnya gerhana ini karena kematian Ibrahim. Lantas Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya gerhana matahari dan bulan tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana tersebut, maka shalat dan berdo’alah.’” (HR. Bukhari no. 1043)

Hal ini mengartikan, gerhana matahari dapat menjadi sarana ajang sosialisasi dan doa bersama.

3.  Pengingat Kiamat

Sobat Cahaya Islam, pada zaman Rasulullah SAW juga pernah terjadi gerhana matahari. Nabi pun langsung berdiri takut lantaran khawatir terjadi hari kiamat. Untuk itu, Sobat pun bisa menjadikan fenomena tersebut sebagai pengingat kiamat yang akan terjadi.

gerhana matahari 8 April

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa hikmah yang bisa dipetik dari fenomena gerhana matahari 8 April nanti. Oleh karenanya, jadikan gerhana matahari sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY