Jam Berapa Salat Lailatul Qadar? Cek Jawabannya Di Sini

0
48
Jam berapa salat Lailatul Qadar

Jam berapa salat Lailatul Qadar – Menjelang akhir bulan suci Ramadan identik dengan malam lailatul qadar. Ramai orang yang mengisi malam tersebut dengan menjalankan ibadah seperti salat, membaca Al Quran, dzikir dan lainnya. Lantas di jam berapa salat Lailatul Qadar yang sebenarnya?

Sebagai muslim, tentu Sobat perlu mengetahui kapan jam yang tepat dalam mendirikan salat lailatul qadar. Dengan begitu, Sobat tak akan kehilangan keberkahan dan dapat merasakan manfaat dari lailatul qadar itu sendiri.

Di Jam Berapa Salat Lailatul Qadar?

Sobat Cahaya Islam, melaksanakan salat lailatul qadar adalah amalan yang begitu dianjurkan bagi umat islam. Apalagi malam lailatul qadar hanya terjadi di bulan Ramadan. Tepatnya di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Agar mendapat keutamaan malam lailatul qadar, hendaknya Sobat mendirikan salat sunnah di waktu yang tepat. Kapankah itu?

Rupanya salat lailatul qadar bisa Sobat jalankan pada malam hari. Waktunya mulai dari jam 20.30 malam sampai jam 04.30 subuh. Salat tersebut bisa Sobat lakukan di 10 malam terakhir bulan Ramadan, seperti malam yang ke 21, 23, 25, 27, serta 29 Ramadan.

Sobat bisa menjalankan salat lailatul qadar di mana saja selama tempat itu suci. Misalnya saja di rumah, masjid, mushola, ataupun tempat lainnya.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Kini Sobat sudah tahu tepatnya jam berapa salat Lailatul Qadar untuk dijalankan. Berbicara mengenai lailatul qadar, mengapa ramai orang meningkatkan ibadahnya di malam tersebut?

Seperti yang disinggung sebelumnya, malam lailatul qadar sangatlah mulia sehingga menjadi dambaan bagi semua umat islam. Allah SWT pun menjanjikan akan membagikan keberkahan dan kemuliaan kepada semua umatnya.

Di samping itu, begitu banyak keutamaan malam lailatul qadar yang perlu Sobat pahami. Dengan begitu, Sobat bisa lebih semangat mengisi malam terakhir bulan Ramadan dengan ibadah, dan mendapat keberkahan lailatul qadar.

Keutamaan malam lailatul qadar di antaranya,

1.     Malam Lebih Baik dari 1000 Bulan

Keutamaan yang sangat penting dalam malam lailatul qadar adalah, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Ulama sepakat bahwa setiap orang yang beramal saleh di malam lailatul qadar akan mendapat pahala selama seribu bulan.

Jam berapa salat Lailatul Qadar

Menurut ulama, seribu bulan itu setara dengan 83 tahun 4 bulan atau usia standar manusia pada umumnya.

2.     Malam Turunnya Al Quran

Saat malam lailatul qadar, Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa Al Quran. Allah SWT berfirman di dalam surat Al Qadr ayat 1 s/d 5 yang berbunyi,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Surat tersebut menjelaskan bahwa Al Quran turun saat malam lailatul qadar. Diceritakan bahwa Rasulullah SAW pertama kali mendapat wahyu dari Allah ketika berada di Gua Hira.

3.     Malam Turunnya Para Malaikat

Tak hanya Al Quran, Allah SWT juga memerintahkan para malaikat untuk turun ke bumi saat malam lailatul qadar. Allah SWT memerintahkan malaikat mendoakan dan memberkati mereka yang bertakwa.

Di dalam Al Quran, Allah SWT berfirman,

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Al-Qadr ayat 4)

Sobat Cahaya Islam, begitu mulia dan utamanya malam lailatul qadar di mata agama islam. Setelah tahu jam berapa salat Lailatul Qadar, hendaknya Sobat lebih bersemangat untuk mendapat keberkahan malam tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY