Nindy Ayunda Blak-blakan Ungkap Aib Suami, Ternyata Ini Hukumnya Dalam Islam

0
62

Nindy Ayunda – Nindy Ayunda baru-baru ini melayangkan gugatan cerai pada suaminya, Askara Prasady Harsono pada 12 Januari 2021 lalu. Kabar tersebut beredar setelah Aska menjalani hukuman penjara terkait kasus narkoba dan kepemilikan senjata api ilegal.

Nindy mengaku tidak menyangka pernikahannya akan berakhir di meja persidangan. Meski demikian, ia mengaku kekecewaanya pada sang suami.

Sejak menikah 10 tahun lalu, Nindy mengaku sering mendapat kekerasan dari Aska. Bahkan Nindy menuturkan, sang suami kerap kali berselingkuh dengan banyak wanita.

Tak jarang ia mendapati suaminya mentransfer sejumlah uang, atau bingkisan pada wanita lain. Nindy mengaku berulang kali memaafkan perilaku suaminya tersebut.

Namun pada Desember 2020 lalu, Nindy melaporkan Aska pada pihak kepolisian terkait KDRT. Status Aska pun dinaikan menjadi tersangka.

Sobat Cahaya Islam, sudah tak asing lagi kabar rumah tangga selebriti diungkap ke publik. Namun bagaimana hukumnya dalam islam jika aib rumah tangganya di ungkapkan? berikut ulasannya.

Nindy Ayunda Ungkap Aib Sang Suami, Ini Hukumnya Dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, menceritakan aib pasangan sudah dijelaskan dalam Al-Quran dan hadist. Sebagaimana firman Allah SWT:

“Mereka (istri-istrimu) merupakan pakaian bagimu dan kamu merupakan pakaian bagi mereka,” (QS Al-Baqoroh : 187).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa pasangan diibaratkan pakaian, keduanya bertugas untuk saling menutupi dan saling menjaga. Jika istri membuka aib pasangannya, sama saja dia sedang menelanjangi diri.

Dari Ibnu Umar RA dia berkata: Rasulullah SAW menaiki mimbar lalu menyeru dengan suara yang lantang, “Wahai sekalian orang yang hanya berislam dengan lisannya namun keimanan belum tertancap di dalam hatinya. Janganlah kalian menyakiti kaum muslimin, jangan pula kalian memperolok mereka, dan jangan pula kalian menelusuri mencari-cari aib mereka.

Karena barangsiapa yang mencari-cari aib saudaranya niscaya Allah akan mencari-cari aibnya, dan barang siapa yang aibnya dicari-cari oleh Allah niscaya Allah akan mempermalukan dia meskipun dia berada di dalam rumahnya sendiri,”. (HR Abu Daud no. 4236 dan At-Tirmizi no. 2032).

Hanya 5 Aib Ini yang Diperbolehkan Diumbar pada Orang Lain

Sobat Cahaya Islam, menyebarkan aib adalah hal yang dilarang oleh agama islam. Namun ada beberapa aib yang ternyata diperbolehkan untuk diungkapkan, berikut ini ulasannya.

1. Kezaliman

Aib yang boleh diumbar salah satunya adalah kezaliman. Dalam islam jika seseorang dalam kondisi tengah dizalimi maka diperbolehkan untuk melaporkannya pada penguasa.

Seperti hakim atau pihak-pihak yang terkait dalam hal tersebut. Contohnya seperti pemukulan, pencemaran nama baik dan masih banyak lagi.

2. Merubah Kemungkaran

Jika seseorang berniat untuk merubah kemungkaran atau merubah seseorang dari perbuatan dosa seperti zinah untuk kembali pada kebaikan, maka aib diperbolehkan untuk diungkapkan. Seperti melaporkannya pada pihak yang berwenang.

3. Meminta Fatwa

Seseorang yang meminta fatwa pada pihak tertentu ketika anggota keluarganya melakukan sesuatu. Hal itu bertujuan agar pihak yang menengahi mengerti permasalahan dan memberikan solusi yang tepat.

4. Mengaku Berbuat Fasik

Ketika seseorang mengakui perbuatannya seperti terang-terangan mengambil barang milik orang lain. Maka aib tersebut wajib disampaikan.

5. Bentuk Identifikasi

Hal ini terjadi ketika beberapa orang dinamai dengan sebutan khusus. Asalkan diniatkan sebagai bentuk identifikasi, seperti al-A’raj (orang pincang).

Sobat Cahaya Islam demikianlah aib yang diperbolehkan untuk diungkapkan pada orang lain. Sementara kasus yang terjadi pada Nindy Ayunda termasuk dalam kategori aib yang tidak boleh diungkapkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY