Inilah Manfaat Wakaf dan Sedekah dalam Kehidupan Sehari-hari!

0
147

Manfaat Wakaf dan Sedekah – Dalam kehidupan beragama, membantu sesama menjadi satu hal yang amat dianjurkan. Salah satu bentuk untuk melakukan kebaikan tersebut yakni berwakkaf dan melakukan sedekah. Banyak yang bisa didapatkan dari perbuatan mewakafkan serta bersedekah. Oleh karena itu, tidak perlu bingung lagi untuk melakukan kebaikan berupa wakaf maupun sedekah.

Wakaf dan sedekah merupakan salah satu perbuatan terpuji yang dianjurkan dalam agama Islam. Keduanya merupakan salah satu kebaikan dalam memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan berwakaf dan sedekah menjadi salah satu cara untuk membersihkan setiap harta/ benda yang dimiliki.

Manfaat Wakaf dan Sedekah dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui apa itu wakaf dan sedekah, pelu diketahui pula manfaat keduanya dalam kehidupan sehari-hari. Wakaf dan sedekah akan memberikan manfaat yang amat besar baik bagi pemberi maupun penerima. Nah, Sobat Cahaya Islam, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan wakaf dan sedekah. Yuk simak informasi berikut ini!

1.    Memberikan Kemudahan Pada Urusan Orang lain

Manfaat pertama dari wakaf dan sedekah yakni memberikan kemudahan kepada orang lain. Tidak dapat dipungkiri, setiap pemberian akan memberikan kemudahan kepada orang yang sedang kesulitan. Hal ini akan menjadi kepuasan tersendiri dan merasa bahagia karena dapat membantu orang lain. Meringankan beban sesama umat beragama akan menjadi salah perilaku terpuji yang amat disukai Allah swt.

2.    Meningkatkan Tali Persaudaraan Antara Sesama

Selain itu, manfaat lainnya yakni meningkatkan tali persaudaraan antara sesama. Dengan adanya wakaf dan sedekah, persaudaraan akan semakin erat sehingga terlihat lebih harmonis dan tenteram. Antara yang kaya dan miskin, keduanya dapat berjalan di jalan yang sama dengan penuh keharmonisan.

3.    Terhindar dari Keretakan Masyarakat Sosial

Wakaf dan sedekah juga akan membawa manusia ke dalam lingkunga yang rukun. Hal ini tentunya akan terhindar dari keretakan masyarakat sosial. Hubungan orang kaya dan miskin akan semakin seimbang, tanpa ada keretakan di antara keduanya. Wakaf dan sedekah menjadi jalan untuk menciptakan kehidupan damai tanpa iri hati yang akan meretakkan kehidupan sosial.

4.    Menjadi Bekal Tabungan untuk di Akhirat

Manfaat besar lainnya yakni menjadi salah satu bekal untuk akhirat kelak. Kehidupan akhirat tentunya masih sebuah rahasia yang penuh tanda tanya. Namun, di samping hal itu, setiap umat diharuskan untuk menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya guna mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.

5.    Membuat Hati Menjadi Lebih Lembut

Melakukan wakaf atau pun sedekah menjadi obat hati, baik pemberi maupun penerima. Dengan melakukan sedekah, seseorang akan menjadi lembut hatinya dan terhindar dari hati yang keras. Pada dasarnya, obat hati menjadi salah satu hal yang amat berharga dan tidak mudah untuk didapatkan. Hal ini dapat dirasakan oleh mereka yang melakukan wakaf dan seekah dengan penuh rasa tulus.

Nabi Muhammad menyarankan, “Apakah engkau suka hatimu menjadi lembut dan kamu mendapat hajatmu (keperluanmu) ? Rahmatilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berikanlah makan kepadanya dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lembut dan niscaya kamu akan mendapatkan hajatmu.” (HR. Abdurrazaq dalam mashannafnya, 11:97. Syaikh Al – Albani menyatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana dalam shahih At – Targhib wa At – Tarhib, 2.544)

6.    Menjadikan Hidup Lebih Berkah

Manfaat lainnya yakni akan menjadikan hidup lebih berkah. Melakukan wakaf dan sedekah dengan ketulusan hati akan menajdikan penenang dalam hati. Selain itu, berkah yang diberikan Allah swt, pun tidak akan tertandingi dengan segala hal duniawi. Meningkatkan rasa senang dan ketenangan jiwa ketika memberikan bantuan pada mereka yang sulit.

Nah, sobat cahaya Islam, itulah beberapa manfaat wakaf dan sedekah yang bisa didapatkan pemberi maupun penerima. Dalam kehidupan beragama, saling membantu yang membutuhkan menjadi salah satu ladang tabungan untuk akhirat yang kekal. Jadi, mari berlomba-lomba menebar kebaikan guna mendapatkan bekal yang lebih banyak menuju akhirat nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY