Gunung Raung Erupsi dan Dentuman di Malang, Bagaimana Bencana Alam terjadi menurut Al-Quran?

0
104

Gunung Raung – Selasa, 2 Februari 2021 aktivitas Gunung Raung yang berada di ujung timur pulau Jawa ini kembali naik. Bahkan erupsi gunung ini juga bersamaan dengan suara dentuman yang ada di Malang. Beberapa mengaitkan aktivitas gunung ini dengan suara dentuman di Malang yang padahal jaraknya cukup jauh dari Malang.

Sekitar pukul 00-06 pada hari Selasa kemarin gunung Raung mengeluarkan pijaran magma. Sebelumnya pada hari Rabu, 27 Januari Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan bahwa gunung ini berpotensi mengeluarkan material vulkanik dengan jarak kurang lebih 2 kilometer.

Pada saat yang bersamaan, terdengar suara dentuman di Malang pada dini hari Selasa dan Rabu. Pada saat itu kondisi daerah Malang memang sedang hujan disertai petir. BMKG daerah setempat belum dapat memastikan dengan jelas dari mana sumber suara dentuman itu berasal. Apakah dari gunung Raung atau suara petir saat hujan.

Akhir-akhir ini aktivitas gunung berapi di pulau Jawa mulai meningkat. Setelah gunung Merapi mengalami erupsi beberapa minggu lalu, kini aktivitas gunung Raung yang terletak di antara Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember ikut mengalami kenaikan dan ada potensi akan mengeluarkan material vulkanik.

Sobat Cahaya Islam, fenomena alam dan bencana alam yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini dapat kita jadikan pengingat atau teguran dari Allah SWT atas segala perbuatan manusia akhir zaman. Lokasi Indonesia yang berada di cincin api pasifik atau tapal kuda yang menyebabkan Indonesia menjadi langganan dalam gempa bumi.

Gunung Raung Erupsi, Simak Penjelasan Bencana Alam dalam Al-Quran

Gunung Raung mulai bererupsi setelah erupsi dari gunung Merapi beberapa waktu silam. Apakah ini tanda-tanda akhir zaman karena sering terjadi bencana alam? Sebagai muslim yang beriman, kita tentu harus terus berdoa memohon perlindungan Allah SWT terhadap bencana alam yang menimpa Indonesia belakangan ini.

Selain gunung Raung yang mengalami erupsi dengan aktivitas yang naik. Gunung Merapi meletus, tanah longsor, banjir, juga gempa bumi di beberapa daerah di Indonesia merupakan bencana alam yang datang dari Allah SWT dan atas kehendakNya. Mengapa hal ini dapat terjadi?

1.      Bencana Alam

Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa selain fenomena alam terdapat juga bencana alam sebagai bentuk peringatan dari Allah atau musibah yang datangnya atas kehendak Allah. Sebagai muslim yang beriman kita tentu perlu meningkatkan ibadah dan menjaga keseimbangan alam sebagai bentuk kecintaan kita terhadap bumi yang telah Allah ciptakan.

2.      Penyebab Bencana Alam

Bencana alam sudah ada dan terjadi sejak zaman Rasulullah dulu. Mulai dari kisah Nabi Nuh yang didzalimi oleh kaumnya dan terjadi banjir bandang, kemudian kisah Nabi Syu’aib saat sedang berdakwah lalu terjadi gempa bumi karena pengikutnya ingkar. Ada juga gunung meletus saat kaum Sodom tidak mau beriman kepada Nabi Luth AS.

Allah SWT berfirman:

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” (QS. Fushilat ayat 53)

Sobat Cahaya Islam, erupsi gunung Raung beberapa hari kemarin dan berpotensi mengeluarkan material vulkanik dapat disebabkan karena ulah manusia yang melampaui batas. Maka dari itu kita harus selalu menjaga iman dan Islam agar tidak goyah. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY