Desy Ratnasari Kembali Tampil di Layar Kaca, Inilah 5 Keutamaan Bekerja Keras!

0
302

Desy Ratnasari – Aktris senior yang kerap menyuguhkan tampilan menarik di layar kaca ini kini kembali menyuguhkan akting terbaiknya. Desy Ratnasari merupakan sosok perempuan yang pekerja keras. Dirinya tidak hanya aktif di dunia perfilm-an, tetapi jugi terjun di dunia politik. Hal ini sebagai salah satu bentuk kerja keras yang patut ditiru.

Sobat Cahaya Islam, bekerja keras merupakan suatu hal yang amat dianjurkan dalam syariat Islam. Dalam melakukannya tentu harus memerhatikan adab dan etika dalam melakukan suatu pekerjaan. Islam mengajarkan untuk bekerja keras dalam berbagai bidang, selama hal itu halal dan memberikan manfaat yang baik.

Keutamaan Bekerja Keras dalam Islam

Sifat pekerja keras yang dicontohkan Desy Ratnasari merupakan hal yang terpuji. Perilaku seseorang yang bermalas-malasan tidak bekrja serupa dengan sikap setan.

Setiap rezeki yang Allah swt berikan harus diusahakan sebagai ikhtiar kepada Allah swt. Selain itu, manusia yang pekerja keras sebagai tanda keaktifan dan dinamisnya keimanan yang dimiliki.

Sebagaimana firman Allah SWT:

 وَقُلِ ٱعْمَلُوا۟ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُۥ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan Katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS At-Taubah: 105).

Sobat Cahaya Islam, ketika melakukan segala sesuatu dengan penuh kerja keras tentu harus disertai dengan doa kepada Allah swt. Hal ini sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan guna mendapatkan rezeki yang baik dan penuh berkah. Adapun keutamaan dari sifat pekerja keras yakni sebagai berikut.

1.   Ikhlas dalam Bekerja Akan Mendapatkan Pahala

Ketika melakukan pekerjaan dengan penuh keikhlasan, maka akan mendapatkan pahala dari Allah swt. Hal ini dijelaskan dalam salah satu sabda Nabi saw yang diriwayatkan Imam Bukhari Nomor 56 yang menyatakan bahwa setiaf nafkah yang didasari dengan tujuan untuk mengharap ridha Allah swt, maka akan mendapatkan ganjaran yang setimpal.

2.   Kesadaran Terhadap Makna Suatu Kehidupan

Selain itu, keutamaan lainnya dari perilaku bekerja keras yakni akan diberikan kesadaran terhadap suatu kehidupan. Menyadari betapa pentingnya waktu yang diberikan oleh Allah swt. Hal ini tentunya menjadi penggugah untuk melaksanakan hal positif yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

3.   Meningkatkan Sikap Menghargai Terhadap Suatu Hasil

Keutamaan lainnya yakni meningkatkan sikap menghargai terhadap hasil yang dicapai. Sekecil apa pun pencapaian yang didapatkan, maka akan lebih dihargai. Hal ini sebagai salah satu bukti perjuangan terhadap hal yang diusahakan. 

4.   Menjaga Kehormatan Diri Sendiri

Sobat Cahaya Islam, perilaku bekerja keras akan membantu dalam menjaga kehormatan diri sendiri. Kebiasaan berpangku tangan akan diremehkan oleh orang lain. Sebaliknya, ketika berusaha keras memperjuangkan suatu hal, maka orang lain pun akan bersikap lebih hormat.

5.   Memiliki Peluang Terkabulnya Doa

Selain itu, pekerja keras memiliki peluang besar untuk terkabulnya doa yang dipanjatkan. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Imam Hakim, Imam Baihaqy dan Ibnu Majjah.  Terkabulnya suatu doa adalah harapan yang amat didambakan setiap insan. Oleh karena itu, bekerja keraslah guna mendapatkan peluang dikabulkannya suatu doa.

Nah, Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan singkat terkait keutamaan dari sikap pekerja keras. Apa yang dicontohkan Desy Ratnasari senantiasa menjadi hal yang amat diperhatikan. Apa pun usaha yang dihasilkan tentu akan berbuah. Semangat untuk berikhtiar dan tentunya disertai doa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY