Gaji Ke-13 Cair, Jangan Lupa Sedekah! Ini 5 Keutamaan Bersedekah!

0
53

Gaji ke-13 – Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mana pada tanggal 10 Agustus 2020 cair. Terkait dengan hal ini dengan waktu yang tidak berbarengan dengan gaji bulanan yang biasa keluar pada tanggal satu tiap bulannya.

Gaji ke-13 diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Nonpegawai Negeri Sipil, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Gaji akan lebih berarti bila juga dibagi kepada orang yang membutuhkan, selain juga zakat mal (zakat harta) serta zakat fitrah yang dilakukan dalam sekali setahun di bulan Ramadhan. Sobat Cahaya Islam, agama juga mengajarkan sedekah.

Sedekah yaitu menyisihkan sebagian dari harta kita kepada orang lain yang membutuhkan. Ingat ada hak orang lain yang berada dalam setiap harta kita. Sedekah tidak perlu banyak, sedikit tidak masalah yang terpenting yakni ikhlas.

Adapun cara untuk sedekah beragam dapat dilakukan secara terterang-terangan melalui program-program donasi sedekah, atau langsung datang ke rumah orang yang membutuhkan (fakir miskin).

Sedekah juga bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi (sirri), sedekah dengan cara ini justru dianjurkan untuk melatih keikhlasan. Semua cara sedekah yang dilakukan baik dan memiliki banyak keutamaan (fadhilah) bila dilakukan dengan ikhlas.

Borong 5 Keutamaan Bersedekah dari Gaji Ke-13

Sedekah mempunyai banyak keutamaan, berikut lima keutamaan dari bersedekah:

  1. Mendapatkan Pahala dan Ampunan

Semua tindakan pasti ada balasan, bersedekah yang merupakan bagian dari amal baik tentu akan mendatangkan pahala bagi yang melakukannya.

Selain dapat pahala, sedekah juga dapat memberikan ampunan atas kesalahan hamba-hamba-Nya, tapi bukan berarti kejahatan jalan terus dan sedekah sebagai penghapus. Kejahatan tetap perlu dihindari.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّـهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّـهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا ﴿٣٥﴾

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab[33]: 35)

  1. Menyucikan Diri dan Harta

Bila setiap hari kita mandi bertujuan untuk menyucikan raga, sedekah bertujuan untuk menyucikan diri dan harta. Harta yang banyak kelak di akhirat akan dihisab. Umat Islam dianjurkan untuk memiliki banyak harta sebagai sarana beribadah dengan tidak melupakan sedekah.

  1. Dilipatgandakan Hartanya

Sepuluh kurangi lima sama dengan lima. Hal itu tidak berlaku dalam sedekah sepuluh dikurangi akan sama dengan melebihi sepuluh. Allah SWT menjanjikan mengganti harta untuk sedekah berlipat ganda jumlahnya.

  1. Menolak Bala’ (Musibah)

Musibah dapat berupa rasa sakit yang diderita, apabila sering sakit dan ingin sembuh, sedekahlah! Mungkin ada harta orang lain yang masih berada di kita, maka dianjurkan untuk sedekah. Musibah dan harta merupakan kehendak Allah SWT, dengan perantara memberikan sebagian harta di jalan-Nya InsyaAllah musibah akan berlalu.

  1. Didoakan oleh Malaikat

Sedekah yang dilakukan di waktu pagi, maka malaikat akan turun untuk mendoakan orang yang bersedekah. Dari situlah kita kenal istilah sedekah subuh. Untuk membiasakan diri melaksanakan sedekah subuh, kita dapat membuat celengan dari botol yang setiap subuh diisi. Kemudianemudian baru setelah berkumpul baru diserahkan kepada orang yang berhak menerima sedekah

5 Keutamaan sedekah di atas, semoga dapat memotivasi sobat Cahaya Islam untuk bersedekah, khususnya bagi yang menerima gaji ke-13. Yuk sedekah!

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!