Anies Baswedan Dinilai Tidak Tegas Terkait Acara HRS, Dalam Islam Sikap Tegas Harus Dimiliki Pemimpin

0
34

Anies Baswedan – Anies Baswedan diperiksa Polda Metro Jaya terkait acara pernikahan putri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq. Acara pernikahan tersebut dikabarkan mengundang hingga ribuan tamu.

Anies dinilai membiarkan acara itu berlangsung, padahal menimbulkan kerumunan yang rawan menjadi penyebaran virus corona. Anies pun dikabarkan akan dijatuhi sanksi denda Rp 100 juta atau 1 tahun bui.

Hingga saat ini Anies masih dimintai keterangan oleh pihak kepolisian. Polisi juga akan memeriksa beberapa pihak lainnya.

Sobat Cahaya Islam dalam agama Islam, pemimpin harus memiliki sikap yang tegas dalam memutuskan mana yang baik dan buruk bagi rakyatnya tanpa pandang bulu. Hal itu dilakukan agar masyarakat yang dipimpinnya sejahtera.

Anies Baswedan Dinilai Tidak Tegas, Sikap Tegas Tercantum Dalam Al Quran

Nabi Muhammad SAW memiliki ketegasan sikap dan ketegasan prinsip. Sikap itu adalah sikap terpuji yang tidak bertentangan dengan syari’at islam.

Sebagaimana dengan firman Allah SWT yang memerintahkan Rasulullah SAW untuk bersikap keras terhadap orang kafir dan munafiq. Hal ini disampaikan melalui surat At-Taubah ayat 73 dan At-Tahrim ayat 9.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ جَٰهِدِ ٱلْكُفَّارَ وَٱلْمُنَٰفِقِينَ وَٱغْلُظْ عَلَيْهِمْ ۚ وَمَأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَبِئْسَ ٱلْمَصِيرُ

Hai Nabi, perangilah orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah jahannam dan itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali. (At-Tahrim:9).

Sikap yang Harus Dimiliki Pemimpin dalam Islam

Menjadi seorang pemimpin adalah tanggung yang besar. Pasalnya amanah rakyat berada di tangan pemimpin.

Berikut ini adalah pondasi kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Sikap ini sebagaimana dengan syariat dalam agama islam.

1. Bertaqwa Kepada Allah SWT

Untuk menjadi seorang pemimpin, maka harus ditanamkan etika dan dasar kepemimpinan. Yaitu memiliki sikap taqwa kepada Allah SWT.

Selalu mengamalkan terhadap hari akhir dan memiliki rasa Qonaah atau rela terhadap sesuatu.

2. Bermusyawarah

Pempimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu bermusyawarah dengan baik. Kemudian menerapkan sifat istiqarah dan berserah diri atas pilihannya.

Memutuskan suatu dengan mengajak orang-orang yang dipimpinnya. Kemudian memutuskan dengan keputusan yang adil.

3. Adil

Sifat adil adalah sifat yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena kebijakan berada di tangannya, sehingga rakyat berharap keadilan dari pemimpinnya.

Maka dari tugas pemimpin dalam islam begitu berat. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang adil terhadap rakyatnya.

4. Bersikap Tegas

Tegas dalam memutuskan sesuatu yang buruk dan yang baik adalah tugas seorang pemimpin. Pemimpin harus sigap dalam menyikapi sesuatu yang sedang terjadi di wilayahnya.

Jika pemimpin tidaka tegas maka kondisi wilayahnya akan tidak beraturan. Terlebih lagi tidak menegakan aturan sebagaimana aturan yang sudah ditetapkannya.

5. Menjadi Tauladan

Menjadi tauladan tentunya adalah pemimpin yang sesuai dengan syariat islam. Rakyat adalah manusia yang perlu pemimpin yang baik untuk ditiru.

Sehingga pemimpin harus siap memberikan contoh yang baik untuk rakyatnya. Hal ini juga banyak tercantum dalam ayat Al Quran.

Sobat Cahaya Islam demikianlah sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sebagaimana syari’at islam. Peristiwa yang terjadi pada Anies Baswedan bisa menjadi contoh untuk Indonesia menjadi lebih baik lagi, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY