Film Honest Thief Ceritakan Tentang Pencurian, Begini Hukumnya Dalam Islam

0
301
film Honest Thief

Film Honest Thief – Banyak sekali film menarik yang tayang di bioskop ataupun televisi Indonesia. Salah satu judul yang menarik adalah film Honest Thief.

Sejak perilisannya, banyak orang yang menonton Honest Thief karena jalan ceritanya sangat seru. Kini, Anda bisa menyaksikannya lagi lewat platform streaming ataupun  mencarinya di internet.

Sinopsis Film Honest Thief

Sinopsis dalam film Honest Thief berpusat pada karakter mantan marinir yang bekerja di divisi khusus bidang peledakan bernama Tom Dolan. Dia menghabiskan masa pensiun dengan melakukan pencurian bank skala besar-besaran.

Bahkan ia berhasil meraup kekayaan mencapai 9 juta dollar AS berkat aksinya itu. Aksi karakter Tom begitu menggemparkan sampai mendapat julukan sebagai in and out bandit.

Pasalnya aksi yang Tom Dolan sangat rapi dan seperti tak terjadi apa pun. Sampai-sampai tak ada petugas maupun sistem keamanan yang mampu menghentikan aksi Tom.

Hingga akhirnya Tom sendiri yang memutuskan untuk berhenti sebagai perampok legendaris. Ia berhenti usai bertemu dengan seorang mahasiswa pascasarjana bernama Annie Wilkins dan jatuh hati kepadanya.

Tim begitu ingin memulai  hidup baru bersama pujaan hatinya yakni Annie. Tetapi, bayangan masa lalunya yang kelam terus mengikuti.

Karena itulah, Tom berniat menyerahkan dirinya kepada pihak kepolisian untuk mengakui kesalahan serta mengembalikan uang hasil pencuriannya tersebut.

Pencurian dalam Islam

Jika berkaca dari cerita film Honest Thief, apa yang sudah Tom Dolan lakukan jelas merupakan kesalahan besar. Bagaimana tidak, ia sudah mencuri dan merampok bank serta memperkaya dirinya sendiri dari uang yang tak baik.

Semua orang yang berakal pastinya sepakat bahwa mencuri merupakan perbuatan zalim dan termasuk kejahatan. Oleh sebab itu, islam juga menetapkan larangan sudah mencuri harta milik orang lain.

Aksi pencurian sangatlah merugikan orang lain sebagai pemilik hartanya. Agama islam tidak membenarkan alasan apapun untuk aksi pencurian dan tetap merupakan kesalahan yang besar.

Pandangan Islam Terhadap Pencuri

Sobat Cahaya Islam, ada beberapa pandangan dalam agama islam terkait aksi pencurian, antara lain:

1.       Mencuri Merupakan Dosa yang Besar

Dalam QS Al Maidah ayat 38, Allah SWT berfirman:

 وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

“Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. Al Maidah: 38).

Pada ayat tersebut, Allah sudah menetapkan hukuman bagi pencuri yaitu potong tangan. Hal ini menunjukkan bahwa pencurian merupakan dosa yang besar.

Karena itulah, Sobat Cahaya Islam wajib menghindari aksi pencurian apapun alasan ataupun pemicunya. Belum lagi, di dunia akan mendapat hukuman berupa kurungan pidana di kepolisian.

2.       Pencuri Mendapatkan Laknat Allah SWT

Allah SWT juga melaknat para pelaku pencurian. Laknat tersebut tetap berlaku sekalipun barang yang dicuri berskala kecil.

film Honest Thief

Apalagi jika pelaku pencurian menganggap remeh perbuatannya yang sudah mencuri. Nabi Muhammad SAW bersabda:

لعن الله السارق يسرق البيضة فتقطع يده ويسرق الحبل فتقطع يده

“Allah melaknat pencuri yang mencuri sebutir telur, lalu di lain waktu ia dipotong tangannya karena mencuri tali.” (HR. Bukhari no. 6285).

3.       Tindakan yang Zalim

Secara umum, mencuri merupakan perbuatan mengambil harta milik orang lain dengan cara yang batil. Padahal, harta miliki seorang muslim itu statusnya haram.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

فَإِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَيْكُمْ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا ، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا

“Sesungguhnya Allah telah mengharamkan atas sesama kalian darah kalian (untuk ditumpakan) dan harta kalian (untuk dirampais) dan kehormatan (untuk dirusak). Sebagaimana haramnya hari ini, haramnya bulan ini dan haramnya negeri ini” (HR. Bukhari no. 1742).

Oleh sebab itu, penting untuk Anda tidak meniru apa yang ada dalam cerita film Honest Thief. Carilah harta dari jalan yang baik dan benar agar tidak menimbulkan mudharat nantinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY