Etika Sedekah Menurut Pandangan Islam

0
159
Etika Sedekah 1

Etika sedekah – Sedekah merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin. Amalan ini mudah untuk dilakukan, bahkan ketika kita tidak memiliki banyak uang atau materi sekalipun. Sedekah bisa kita dengan berbagai cara dan ringan untuk semua kalangan. Namun tentunya sedekah juga harus dengan ikhlas hati.

Dalam islam mengajarkan untuk menyisihkan sebagian dari harta kita untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini sama halnya dengan bentuk sedekah. Namun tentu saja dalam bersedekah kita juga harus memperhatikan etika yang mana dapat membawa amalan sedekah ini sebagai sumber pahala bagi kita. Lalu bagaimana menurut islam?

Etika Sedekah Menurut Pandangan Islam, Ini Beberapa Diantaranya

Etika Sedekah 3

Etika sedekah menurut pandangan islam sendiri ada beberapa hal. Meskipun sedekah berarti memberikan sesuatu kepada orang lain, namun bukan berarti tanpa etika. Etika ini yang nantinya akan membuat amalan tersebut dapat berpahala dan tidak menjadi amalan yang sia-sia. Apalagi Allah pun telah memerintahkan kita sebagai seorang muslim untuk bersedekah.

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat ini menjelaskan tentang bagaimana sedekah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Itu artinya, sedekah adalah salah satu anjuran yang mana dapat menghapuskan dosa-dosa kita. Namun, dalam sedekah tentu saja harus memperhatikan syariat yang berlaku dalam islam. Hal ini agar apa yang kita lakukan dapat menjadi pahala yang berguna.

Lalu bagaimana etika dalam bersedekah menurut pandangan islam?

Etika Sedekah 2

Tidak Mengungkit

Etika dalam bersedekah salah satunya adalah dengan tidak mengungkit. Mengungkit apa yang kita berikan untuk orang lain dapat mengurangi berkah dan pahalanya, sekaligus dapat menyebabkan orang lain merasa sakit hati. Oleh karena itu, sebaiknya jangan membahas apa yang telah kita sedekahkan.

Ikhlas

Poin yang paling penting dalam bersedekah adalah keikhlasan. Jangan sampai bersedekah dengan niatan untuk mendapat imbalan atau hanya untuk tujuan tertentu. Jika demikian, maka sedekah tidak akan menjadi amalan baik dan juga sia-sia. Hal ini karena tidak ada keikhlasan dan tujuan yang tulus untuk memberikan bantuan berupa sedekah kepada orang lain.

Sembunyikan Sedekah

Etika dalam sedekah salah satunya adalah tidak melakukannya secara terang-terangan yang dapat menimbulkan perasaan riya’. Meskipun Allah tidak melarang untuk menampakkan kebaikan yang kaum muslimin lakukan. Namun dengan menyembunyikannya itu akan jauh lebih baik tentu saja.

Etika sedekah – Etika dalam menjalankan sedekah terdapat beberapa hal. Diantaranya adalah tidak membeda-bedakan. Artinya bersedekah harus memastikan untuk yang membutuhkan, tidak peduli siapa orangnya, sukunya, agamanya. Namun yang paling penting adalah niat untuk membantu dan juga dengan keikhlasan yang sungguh-sungguh. Dengan begitu, Allah akan memberikan pahala untuk amalan tersebut.


Catatan Kaki:

(1) – Surat A-Baqarah Ayat 271

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY