Adab Bersin dan Menguap dalam Islam

0
378
Adab Bersin dan Menguap dalam Islam

Adab Bersin dan Menguap – Kalo dibilang islam itu agama yang memberi tuntunan lengkap soal kehidupan. Sebenernya itu bukan hal yang tak berdasar. Jujur setelah tim cahayaislam mengikuti banyak sekali majelis ilmu dan mempelajari Al Quran dan Hadits secara mendalam. Faktanya, islam mengurusi kehidupan umatnya hingga pada hal remeh sehari hari.
Salah satunya yang baru kita pelajari kemaren. Yakni dalam Islam, terdapat adab atau tata cara yang dianjurkan saat bersin dan menguap. Kita bagikan adab bersin dan menguap disini ya.

Memahami Adab Bersin dan Menguap Sesuai Ajaran Islam

حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنِ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ الْعُطَاسُ مِنَ اللَّهِ وَالتَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَضَعْ يَدَهُ عَلَى فِيهِ وَإِذَا قَالَ آهْ آهْ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَضْحَكُ مِنْ جَوْفِهِ وَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا قَالَ الرَّجُلُ آهْ آهْ إِذَا تَثَاءَبَ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَضْحَكُ فِي جَوْفِهِ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Yang Pertama, Tentang Menguap. Setidaknya ada 2 hal yang oleh Rasulullah telah ajarkan dalam hadits diatas. [1] Menutup mulut saat menguap. Ketika seseorang menguap, dianjurkan untuk menutup mulut dengan tangan atau tisu untuk menjaga kesopanan dan menghindari penyebaran kuman.

Kedua, dalam hal menguap kita dianjurkan untuk [2] Menahan suara menguap: Disarankan untuk menahan suara saat menguap agar tidak mengganggu orang lain atau menimbulkan kesan kurang sopan. Rasulullah pula menekankan agar kita tidak membuat suara seperti [Aah … Aah …] ketika kita menguap. Karena Syetan menertawai kita diantara suara suara itu.

Lalu Bagaimana dengan Adab Bersin?

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ‏:‏ إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلِ‏:‏ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَلْيَقُلْ مَنْ يَرُدُّ‏:‏ يَرْحَمُكَ اللَّهُ، وَلْيَقُلْ هُوَ‏:‏ يَغْفِرُ اللَّهُ لِي وَلَكُمْ

Ada 3 hal mengenai Bersin. [1] Mengucapkan “Alhamdulillah” setelah bersin Ketika seseorang bersin, dianjurkan untuk mengucapkan “Alhamdulillah” yang berarti “Segala puji bagi Allah”. Hal ini menunjukkan rasa syukur kepada Allah.

Selanjutnya, [2] Menutup mulut dan hidung dengan tangan atau tisu Untuk menjaga kebersihan dan menghindari penyebaran kuman atau virus. Secara klinis, demi kesehatan kita dan orang disekitar kita. Dengan menutup mulut dan hidung saat bersin dengan tangan yang terlipat atau menggunakan tisu sangat dianjurkan. Boleh juga kita mengarahkan bersin kita ke sela sela siku tangan.

Yang terakhir adalah [3] Tidak bersuara terlalu keras: Saat bersin, disarankan untuk tidak bersuara terlalu keras agar tidak mengganggu orang lain di sekitar.

***

Kesimpulannya, Adab bersin dan menguap sesuai ajaran islam ini mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan. Memperhatikan sopan santun, dan menghormati orang lain di sekitar kita. Dalam praktiknya, penting untuk memperhatikan situasi dan lingkungan sekitar, serta mengikuti norma sosial yang berlaku untuk menjaga adab yang baik. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY