Elon Musk Gunakan Dogecoin, Simak Hukumnya dalam Islam

0
60
Elon Musk

Elon Musk – Beberapa hari ini, trend penggunaan Dogecoin meroket karena cuitan positif Elon Musk di sosial media. Perlu diketahui, Dogecoin adalah salah satu mata uang kripto yang biasa digunakan para generasi hari ini. Di awal kemunculannya, Dogecoin lebih dikenal sebagai meme cryptocurrency hingga akhirnya masuk ke dalam jajaran aset kripto.

Sobat Cahaya Islam, seiring dengan bertambahnya teknologi sudah selayaknya umat juga mendetaili bagaimana keabsahan dari sebuah produk yang digunakan sekarang. Salah satunya mengkaji penggunaan Dogecoin untuk menambah pundi harta seperti yang disarankan Elon Musk. Kehati – hatian (wara’) dalalm beraktivitas adalah hal yang sangat disenangi oleh Allah SWT.

Bagaimana Umat Menyikapi Cuitan Elon Musk terkait Dogecoin?

Elon Musk

Bagi umat muslim, manusia tidak boleh dijadikan sebagai tempat bersandar sekaligus orang yang harus diteladani dalam segala hal. Sebab manusia tempatnya salah dan dosa. Namun, hal tersebut tak berlaku ketika umat malah diminta meneladani Rasulullah SAW sebagai utusan Allah SWT yang telah suci dari dosa.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam surat An Nisa (4:80) yakni :

مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللّٰهَ ۚ وَمَنْ تَوَلّٰى فَمَآ اَرْسَلْنٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيْظًا ۗ 

Barangsiapa menaati Rasul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barangsiapa berpaling (dari ketaatan itu), maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka.

Mengidolakan manusia di jaman sekarang pun tetap harus berhati – hati. Wajar, jika sebagian generasi hari ini kurang bahagia bila menceritakan idola terhebat, yakni Rasulullah SAW. Hal tersebut terjadi karena mereka terbiasa mengidolakan sesuatu yang bentuk fisiknya kelihatan.

Faktanya, hari ini banyak yang mengidolakan Elon Musk lantaran kepiawaiannya dalam menggunakan mata uang kripto. Bahkan dia menggunakan Dogecoin sebagai hadiah istimewa bagi sang bunda. Tentu sangat menggiurkan bukan?

Namun, beruntungnya menjadi umat muslim yang selalu dilimpahkan kenikmatan oleh Allah SWT. Hanya saja, kenikmatan tersebut tak dapat diraih dengan mudah apabila umat tak mengikuti aturan yang diberikan.

Bagaimana Hukum Penggunaan Dogecoin dalam Pandangan Islam?

Sobat Cahaya Islam, hukum dari penggunaan mata uang kripto seperti Dogecoin adalah haram. Hal ini didukung kuat dengan pernyataan dari kelembagaan Fatwa Darul Ifta Al Azhar yang berlokasi di Mesir.

Lembaga ini merilis bahwasannya status mata uang kripto berstatus diharamkan menurut syariat. Hal ini disebabkan adanya unsur gharar. Gharar yang dimaksud yakni terdapat unsur yang meragukan, perjudian alias pertaruhan bahkan mengarah ketidakjelasan yang hanya akan memberikan kerugian secara sepihak.

Selain itu, MUI memberikan fatwa hukum mata uang kripto dalam dua jenis yakni hukumnya mubah dan diharamkan. Hal tersebut menjai mubah apabila hanya dijadikan sebagai alat pertukaran antat dua pihak.

 Namun akan menjadi haram apabila dijadikan sebagai alat untuk investasi. Perlu diketahui, fatwa MUI tak bisa dijadikan sebagai sumber mutlak dalam sumber syariat Islam. Sumber syariat hanya terdiri dari 4 yakni Alquran, Hadits, Ijma’ dan Qiyas.

Sehingga, agar umat tak terjerumus dalam aktivitas mubah yang meragukan dan haram maka sebaiknya umat menjauhi perbuatan tersebut. Faktanya, ada banyak umat yang telah menjadi korban dari permainan mata uang kripto ini. Alih – alih menjadi rezeki barokah, malah umat akan dekat dengan sengsara.

Nah itulah Sobat Cahaya Islam penjelasan mengenai hukum investasi dalam Islam seperti yang sering dipromosikan oleh Elon Musk. Sudah selayaknya umat tidak latah dengan peristiwa investasi tersebut. Sebab terdapat banyak cara agar umat mendapatkan rezeki yang diberkahi oleh Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY