Mengapa Harus Berdoa? Memahami Esensi Beribadah dengan Lillah

0
195
mengapa harus berdoa

Mengapa harus berdoa – Sebagai seorang muslim tentu perlu memahami esensi mengapa harus berdoa. Berdoa adalah senjata terbesar bagi umat muslim dimanapun mereka berada.

Hanya saja, seringkali berdoa menjadi salah satu aktivitas mulia yang hanya dilakukan bila sebagian besar pemuda hanya terancam atau sedang berduka. Naudzubillah.

Sobat Cahaya Islam, pertanyaan mengapa harus berdoa memang perlu senantiasa untuk dibahas utamanya bagi para remaja muslim.

Mengapa Harus Berdoa bagi Remaja Muslim?

Mengapa harus berdoa menjadi beberapa pertanyaan yang sering terlintas bagi remaja muslim dalam rentan usia 14 – 21 tahun.

Mereka merupakan sekumpulan manusia yang memang sedang sibuk untuk mencoba menentukan jati diri. Beberapa diantaranya juga malah sudah menetapkan prinsip hidup yang benar sesuai dengan Risalah Islam.

Dalam penentuan jati diri tersebut, tentu dibutuhkan keteguhan dan keistiqomahan dalam diri. Salah satunya yakni dengan berdo’a.

Berdo’a merupakan senjata terbaik umat muslimin. Hanya saja, berdo’a bukan satu – satunya hal yang harus dilakukan. Tentu ada serangkaian upaya yang harus dilakukan agar selaras dengan do’a yang dipanjatkan.

Sebab seringkali ditemukan banyak fenomena bahwa orang hanya berdo’a tanpa akhirnya memahami bahwa bukan do’a saja, namun juga perlu berikhtiar.

Tips Berdoa Bagi para Remaja Muslim

Dalam berdo’a tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar diri bisa ikhlas sekaligus mendapat keberkahan dari Allah Ta’ala. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Menjaga Kesucian Diri

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan terus istiqomah meyakinkan untuk mampu menjaga kesucian diri. Misal dari kata – kata yang menyakiti hati temannya, bahkan sampai dzalim. Naudzubillah.

Selain itu, bisa juga dengan memperbarui wudhu dimanapun berada. Sebab menjaga wudhu juga bagian dari kesucian diri. Alangkah bahagianya bila diri sudah mampu untuk menunaikan salah satu sunnah Rasulullah.

mengapa harus berdoa

Kesucian dalam diri juga menjadi salah satu bonus untuk menjadikan do’a dapat terwujud dan mudah mendapat keberkahan darinya asal diniatkan dengan ikhlas. Namun jika malah ingin mendapat pujian saja, tentu hal ini akan sangat jauh dari keberkahan dan mengundang laknat Allah.

Padahal dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 telah dijelaskan, bahwa peran muslim yakni hanya untuk beribadah kepadaNya.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

2.    Memperbanyak Amalan Nafilah

Hal selanjutnya yakni dengan memperbanyak amalan nafilah. Sholat wajib yang remaja muslim lakukan belum tentu menjadi sumber penghasil pahala.

Lagipula, umat ini tidak memiliki ranah untuk mampu mengetahui seberapa banyak pahala yang mereka dapatkan dari beramal.

Maka jika ingin menjadi sosok muslim sejati, mereka memang perlu berlelah – lelah dan bersusah payah untuk mendapatkan apa yang diinginkan melalui jalan kebaikan.

Beberapa amalan yang bisa dilakukan yakni dengan sholat sunnah rawatib, puasa sunnah, bahkan rutin dalam bersedekah. Tentu hal ini akan menjadikan diri semakin yakin dan dekat dengan Allah Ta’ala.

Selain itu, hal ini selaras dengan surat Al Baqarah ayat 148 yakni :

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

3.    Menyampaikan Risalah Islam

Selanjutnya yakni dengan senantiasa menyampaikan risalah Islam kepada masyarakat sekitar. Menyampaikan risalah tentu tidak perlu menunggu untuk menjadi sosok yang sangat super sekali bukan?

Tentu dengan beberapa pemahaman yang sudah didapatkan, sangat penting untuk segera disebarluaskan agar bisa dipahami banyak umat muslimin lainnya.

mengapa harus berdoa

Hal ini selaras dengan surat Ali Imran ayat 104 yakni :

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya : Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan pembahasan mengapa harus berdoa dan tips agar senantiasa dekat dengan Pencipta. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY