Eko Kuntadhi, Dianggap Hina Putri Kiyai Pesantren Lirboyo

0
72
Eko Kunthadi

Eko Kunthadi – Seorang pegiat media sosial dan penulis, Eko Kunthadi dianggap telah menghina Ning Imaz, putri dari Kyai Pesantren Lirboyo.

Pria berusia 40 tahun tersebut, langsung meminta maaf dan mengatakan komentarnya hanya sebagai bercandaan. Tentu para pembaca agak sulit mencernanya sebagai candaan, karena perkataannya terlalu kasar.

Eko Kunthadi mengunggah video kutipan dari NU online kemudian menyematkan caption kasar. Mengatakan: tolol tingkat kadal, dan hidup kok cuma mimpi selangkangan.

Eko Kunthadi

Suami Ning Imaz pun meras tersinggung atas perkataan tersebut hingga melayangkan komentar utnuk jangan menyerang orang di Medsos.

Pembaca sekaligus pegiat NU yang melihat caption tersebut pun, agak sulit mencerna dari mana titik bercandanya. Padahal itu merupakan kata-kata umpatan yang kasar dan membuat Buzzer tersebut mendapat kecaman tajam. Sehingga Eko, meluruskan bahawa ia tidak teliti pada potongan video tersebut.

Video yang Dikomentari Eko Kunthadi

Pada video tersebut tampak Ning Imaz, tengah menjelaskan tafsir dari surah Ali Imran ayat 14. Akun Tiktok NU online pun mengunggahnya, dengan Thumbnail yang mengatakan lelaki di surga akan mendapatkan bidadari, perempuan dapat apa?

Karena Eko yang memberikna caption tidak sopan dan cenderung menghina, membuat tokoh NU mengecam perbuatannya tersebut. Bahkan Guz Rifqil Moeslim, selaku suami dari Ning Imaz tidak segan mengajaknya bertemu agar menyelesaikan permasalahan ini.

Kemudian pria berusia 40 tahun tersebut, menghapus video yang sudah ia bubuhi caption kasar. Tidak hanya itu, ia juga langsung meminta maaf melalui pesan WhatssApp. Bahkan berencana untuk meminta maaf secara langsung pada Ning Imaz, datang ke Pesantren Lirboyo secara langsung.

Rencana kedatangannya sudah Ning Imaz konfirmasi dan akan dilakukan pertemuan pada tanggal 15 September 2022. Ia akan dipertemukan dengan para Kiyai yang ada di Lirboyo.

Media sosial memanglah tempat mengeluarkan pendapat. Tapi kita harus tetap memenuhi adab dalam bermedia sosial, terutama pada seseorang yang sedang menyampaikan ilmu. Lalu, bagaimana seharusnya seorang muslim bermedia sosial? Simak adabnya berikut ini.

Adab Bermedia Sosial

Eko Kunthadi

1.       Melontarkan perkataan sopan

Adab yang pertama, Sobat perlu menjaga perkataan dan usahakan untuk melontarkan kata-kata yang sopan, baik itu dalam berkomentar atau membuat caption.

Sekarang bukan hanya istilah ‘lidah lebih tajam daripad pedang’ yang berlaku, tapi kini mulai timbul ‘jari lebih tajam daripada pedang’. Jadi sobat perlu berhati-hati dalam menyematkan komentar, takut-takut bisa menyakiti orang lain.

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

2.       Sebagai saran berdakwah

Jadikan media sosial sebagai sarana berdakawah, karena seperti Sobat ketahui kini semua orang menggenggam ponsel. Maka dakwah paling efisien bisa melalu media sosial. Sobat bisa membuat konten-konten video berisi ceramah atau pengetahauan islam.

Kita perlu menggunakan media sosial sebagai sarana menyebar kebaikan, karena nanti juga akan ada hisabnya. Maka pergunakan dengan baik.

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS Ali Imran [3]: 104).

3.       Jangan jadikan tempat riya

Tidak jarang kan, saat ini banyak orang mengunggah kegiatan ibadah dengan maksud berdakwah. Tapi, biasanya akan menimbulkan banyak pujian, dengan begitu akan mulai ada rasa bangga dan riya. Maka hindarilah untuk mengunggah aktivitas ibadah ke media sosial.

“Dan (juga) orang-orang yang menginfakkan hartanya karena ria dan kepada orang lain (ingin dilihat dan dipuji), dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barangsiapa menjadikan setan sebagai temannya, maka (ketahuilah) dia (setan itu) adalah teman yang sangat jahat.”(QS.An-Nisa: 38)

Itulah artikel terkait Eko Kunthadi yang berkonflik dengan pihak Ning Imaz. Semoga Sobat mampu mengambil pelajaran berharga dari kasus ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY