Pancasila Ideologi Negara yang Sesuai dengan Al-Qur’an

0
80
pancasila adalah

Pancasila Adalah – Setiap warga negara Indonesia, perlu tahu dan memahami Pancasila. Karena pancasila adalah ideologi negara dan dasar negara, hanya berlaku di Indonesia. Lalu, bagaimana sebagai seorang muslim menanggapi hal tersebut?


Seperti Sobat ketahui umat muslim sudah memiliki pedoman hidup, yakni Al-Qur’an. Rasulullah membawa Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Lantas bagaimana seharusnya seorang muslim menanggapi dan menerapkan pancasila tanpa menyalahi aturan agama islam?

Menerapkan Nilai Pancasila

Sebagai warga negara kita perlu patuh pada Ulil Amri (pemerintah) selama tidak menyeru kepada keburukan. Lima dasar pancasila, sebenarnya tidak menyalahi aturan agama islam.

Semua nilai-nilai Pancasila seragam dengan apa yang Allah sampaikan melalui Al-Qur”an. Berikut ini kami jelaskan lebih lengkapnya.

1.       Sila Pertama

Bunyi pancasila yang pertama, Ketuhanan yang Maha Esa. Seperti yang tertera pada silla pertama, bahwa hanya ada tuhan yang Esa atau satu. Kita sebagai umat muslim memang meyakini, hanya ada satu tuhan di semesta alam ini yakni Allah Subhanhu wa ta’ala.

pancasila adalah

Pada nilai ini kita juga diharapkan mampu menegakkan ajaran agama islam, menjalankan syri’at sesuai agama dan mampu menerapkan nilai agama islam pada kehidupan sehari-hari.

2.       Sila Kedua

Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada sila kedua, kita dituntut untuk bisa bersikap adil dan mampu menghargai orang lain.

 Hal ini terutama perlu diterpakan oleh para pemimpin, untuk menghargai dan memberikan hukum yang setara tanpa memandang latar belakang atau jabatan. Serta mengembangkan sikap saling menyangi, sebagai sesama manusia. Sikap ini ada pada surah An-Nisa ayat 135.

“Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya).”(QS. An-Nisa: 135)

Islam sendiri sejak zaman dulu selalu menerapkan hukum dan menjunjung tinggi sikap menghargai oranglain. Seperti sikap Rasulullah ketika menghadapi perbedaan dan menghargai keputusan orang lain.

3.       Sila Ketiga

Persatuan Inonesia. Pada nilai pancasila yang ketiga, Sobat sebagai orang muslim harus bisa bersatu dengan oranglain terutama sesama umat muslim.

pancasila adalah

Tidak memandang ras, suku, dan agama. Karena Allah memang sengaja menciptakan manusia dengan perbedaan, agar bisa mengambil pelajaran satu sama lain. Umat muslim juga perlu menghembangkan sikap rasa bangga pada Indonesia dan rasa cinta pada Indonesia. Sesuai dengan surah Al-Hujurat ayat 13.

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa.”(QS. Al-Hujurat: 13)

Tapi tetap, jangan melebihi batas aturan agama islam. Seperti Sobat ketahui, Indonesia terdiri dari banyak suku dan beramacam agama. Kita perlu saling menghormati, tapi jangan sampai melanggar aturan agama islam.

4.       Sila Keempat

Untuk menerepkan sila keempat ini, Sobat tidak boleh memaksakan setiap kehendak. Perlu mendengarkan pendapat orang lain, dan selalu melakukan musyawarah dalam memecahkan masalah. Serta melaksanakna keputusan bersama dengan baik, sesuai dengan yang tertera dalam surah Asy-Syuro ayat 38.

“dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhan dan melaksanakan salat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka, ”(QS. An-Nisa: 38)

5.       Sila Kelima

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan menerapkan nial pancasila yang satu ini Sobat  bisa mengikuti kegitan gotong royong. Atau menolong oanglain, menghargai hasil karya orang lain. Menerapkannya merupakan pengamalan dari surah An-nahl ayat 90.

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”(QS. An-Nahl: 90)

Sobat, dengan kita mengetahui penerapan nila pancasila ini kita bisa semakin sadar. Bahwa Pancasila tidak lepas dari Al-Qur’an, yang merupakan pedoman hidup umat muslim. Sekian artikel ini dibuat, dengan begitu Sobat mengetahui pancasila adalah ideologi negara Indonesia, yang sesuai dengan Al-Qur’an.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY