4 Wanita Ahli Surga Ini, Membuat Para Bidadari Iri

0
74
empat wanita ahli surga

Empat Wanita Ahli Surga – Sobat, Rasulullah pernah meriwayatkan sebuah hadits yang mebahas tentang empat wanita ahli surga. Siapakah empat perempuan beruntung tersebut? Karena hal tersebut juga mampu membuat para bidadari iri, merekalah yang akan menjadi ratu dari ratunya para bidadari.

Bahkan mereka berempat, mendapatkan julukkan sebagai penghulu surga. Bukan mudah mendapatkan kedudukan mulia ini, ada banyak hal yang sudah mereka lewati.

Termasuk banyaknya ujian hidup yang bisa saja membuat orang biasa menyerah menghadapinya. Sobat pasti semakin penasaran dengan empat wanita ahli surga ini.

Empat Wanita Ahli Surga

Allah memang memberikan kedudukan yang istimewa pada perempuan. Terbukti dengan turunnya surah An-Nisa sebagai bukti betapa Allah memuliakan permpuan.

Tapi, Allah sudah menetapkan empat wanita yang sudah dijamin bahkan disebut sebagai ahli surga. Mereka adalah Asiyah binti Muzahim, Maryam binti Imran, Khadihjah binti Khawalid dan Fatimah binti Muhammad. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah;

“Pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam bintu Imran, Fatimah bintu Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Khadijah bintu Khuwailid, dan Asiyah.” (HR. Hakim 4853 dan dinilai ad-Dzahabi: shahih sesuai syarat Muslim).

Bagaimana kisah mereka, sampai memiliki kedudukan yang luar biasa ini? simak kisahnya berikut ini.

1.       Asiyah binti Muzahim

Ia merupakan ibu angkat dari nabi Musa AS atau dikenal sebagai istri dari Fir’aun. Seorang raja Mesir yang terkenal akan kekejiannya, kedzaliman, serta mengaku-ngaku sebagai tuhan dan tidak mau mengakui keberadaaan Allah.

empat wanita ahli surga

Memiliki suami yang kafir, tidak membuatnya berpaling dari Allah. Dirinya tetap setia mempercayai dan menyembah Allah. Asiyah bahakan memohon perlindungan kepada Allah dari perilaku suaminya, serta memohon untuk dibuatkan rumah di surga Firdaus-Nya.

Allah telah mengabadikan kisah ini dalam surah At Tahrim pada ayat 11.

Selama menjadi istri Fir’aun, Asiyah tetap suci. Meski Fir’aun meminta berhubungan badan,  orang yang ia setubuhi bukanlah Asiyah melainkan syaitan yang Allah ubah menjadi sosok istrinya. Betapa hebat Asiyah melindungi diri dari perbuatan maksiat.

2.       Maryam binti Imran

Kisah hidup yang mengharukan sekaligus menguras air mata. Kedudukannya juga sangat tinggi, terlihat bagaimana Rasulullah menyebutkan namanya pertama kali dalam hadits tadi. Ia merupakan sosok yang selalu menjaga diri, suci, dan mengkhidmatkan hidupnya kepada Allah.

Ia juga merupakan sosok yang begitu tabah dan sabar, lihatlah bagaimana dirinya menghadapi kaumnya ketika dituduh sebagai pezina karena memiliki anak tanpa seorang ayah.

empat wanita ahli surga

Bagaimana ia berjuang sendirian untuk melahirkan nabi Isa di bawah pohon kurma. Sungguh luar biasa perjuangannya menghadapi ujian dari Allah. Bahkan disebut sebagai wanita terbaik yang pernah ada.

“Wanita terbaik yang pernah ada ialah Maryam putri Imran dan Khadijah.” (HR. Bukhari, no. 3432 dan Muslim, no. 2430).

3.       Khadijah binti Khuwalid

Merupakan istri pertama nabi Muhammad SAW. Berdasarkan banyaknya pendapat, mengatakan bahwa Rasulullah menikah dengan Khadijah ketika berusia 25 tahun dan Khadijah berusia 40 tahun.

Justru usianya yang terpaut jauh, dan sikap Khadijah yang sangat penyayang sekaligus keibuan mampu berperan aktif dalam dakwah Rasulullah.

 Ia bahkan menyerahkan seluruh haratanya untuk membantu dakwah Rasulullah dalam menyebarkan agama islam. Dan dari pernikahnnya tersebut, melahirkan enam orang anak dan salah satunya adalah Fatimah Az Zahra.

“Allah tidak menggantikannya dengan seorang wanita pun yang lebih baik darinya. Ia telah beriman kepadaku tatkala orang-orang kafir kepadaku, ia telah membenarkan aku tatkala orang-orang mendustakan aku, ia telah membantuku dengan hartanya tatkala orang-orang menahan hartanya tidak membantuku, dan Allah telah menganugerahkan darinya anak-anak tatkala Allah tidak menganugerahkan kepadaku anak-anak dari wanita-wanita yang lain.” (HR. Ahmad, 6:117. Syaikh Syuaib Al-Arnauth menyatakan bahwa hadits ini shahih.)

4.       Fatiman binti Muhammad

Setelah Siti Khadijah menjadi salah satu perempuan ahli surga, anaknya bernama Fatimah juga menjadi perempuan ahli surga. Tidak jauh berbeda dengan Rasulullah dan Khadijah, Fatimah tumbuh menjadi anak yang taat, patuh, cantik, sabar, lembut dan penyayang. Ia begitu hebat dan ikut berperan aktif menghibur ayahnya ketika sedang bersedih hati.

Mengetahui empat wanita ahli surga ini, semoga membuat kita lebih mendekatkan diri pada Allah. Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY