Mengenal 3 Golongan Orang Islam (Yang Manakah Anda?)

0
2274

Sobat Cahayaislam pastinya familiar dengan istilah “Islam KTP” kan? Istilah ini ditujukkan kepada mereka ornag-orang yang mengaku dirinya islam namun tidak bersedia melaksanakan kewajiban-kewajibannya sebagai orang islam secara utuh, bahkan mendekati hal-hal yang dilarang oleh Allah dan Rasul seolah-olah hal yang biasa untuk mereka. Kita orang Muslim yang mengaku beriman dan bertaqwa kepada Allah haruslah selalu introspeksi diri dna bertanya pada hati kita: apakah kita benar-benar bisa masuk surga dan menerima ridho Allah dengan apa yang telah kita lakukan? – Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang 3 golongan orang islam yang dinukil dari Surat Al Fathir 32:

 

 

Golongan pertama: Zhalimu Linafsih

Dari namanya Zhalimu Linafsih sudah jelas memberikan definisi bahwa golongan-golongan ini adalah terdiri dari orang-orang yang menganiaya kepada dirinya sendiri. Mereka adalah orang-orang islam yang menukarkan akhirat dengan dunia. Mereka tidak melaksanakan perintah Allah Rasul dan mengikuti hawa nafsu mereka. Golongan ini adalah mereka yang meremehkan atau menganggap enteng hukum Allah dan Rasulullah. Mereka berani melakukan maksiyat dan tidak mau tahu tentang urusan halal haram. Orang-orang golongan Zhalimu Linafsih ini mengaku islam namun mengacuhkan dan tidak mengindahkan perkara Allah dan Rasulullah.

Golongan Kedua: Muqtasid

Golongan orang islam kedua adalah Muqtasid. Banyak para alim ulama menyebut golongan orang muslim ini sebagai golongan menengah. Golongan ini lebih baik dibandingkan golongan Zhalimu Linafsih diatas, karena lain halnya dengan golongan Zhalimu Linafsih, golongan Muqtasid masih mau mengerjakan kewajiban-kewajibannya sebagai orang islam seperti Shalat 5 waktu, Berpuasa Ramadhan, Zakat. Namun disisi lain mereka masih belum mau meninggalkan hal-hal buruk yang merupakan perilaku yang dilarang oleh Allah seperti berzina, berjudi, minum Khamr, Menganiaya saudaranya dan lain sebagainya. Singkatnya golongan Pray hard, play hard lah kalau kata orang-orang modern.

Golongan Ketiga: Sabiqun Bil Khairat

Golongan orang islam ketiga adalah Sabiqun bil Khairat. Sesuai namanya, golongan ini adalah mereka yang senantiasa berlomba-lomba untuk beramal shalih. Golongan ini adalah golongan yang paling mulia dan terbaik diantara ketiga golongan islam disini. Golongan ini memiliki tingkatan yang lebih tinggi daripada golongan Muqtasid yang walaupun melaksanakan kewajiban, namun tetap berbuat maksiyat. Golongan Sabiqun bil Khairat melaksanakan kewajibannya sebagai orang islam yang beriman kepada Allah, juga meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah.

Golongan ini memiliki definisi yang sama dengan sebutan Taqwa yang mana melaksanakan segala yang diperintahkan Allah dan meninggalkan larangan-laranganNya tanpa cela dan mengeluh. Golongan Sabiqun bil Khairat ini selalu berusaha mutawarik dalam setiap aktifitasnya karena takut pada Sifat maha melihat dan Mengawasinya Allah kepada Hambanya.

Nah, itulah ketiga golongan orang islam yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al Fathir 32. Dengan ini marilah kita introspeksi diri dan menimbang-nimbang diri kita. Tanyakan kepada diri kita termasuk di golongan yang manakah kita? Apakah golongan pertama, kedua, atau ketiga? Marilah kita bersama-sama mencoba sebaik-baiknya untuk menjadi golongan terbaik yaitu Sabiqun bil Khairat dengan selalu meminta ampun dan ingat kepada Allah. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat ya sobat Cahayaislam semua!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!