Sedekah Dalam Islam, Sudahkah Melaksanakannya Dengan Benar?

0
93
Sedekah Dalam Islam Yang Benar Untuk Dilakukan

Sedekah dalam islam – Sedekah merupakan salah satu tindakan yang dianjurkan dalam ajaran agama islam. Apalagi bagi orang yang mampu dan memiliki rejeki lebih. Sedekah ini bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan atau lebih berkekurangan dibandingkan kita. Ditengah pandemi covid-19 ini, banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga tidak bisa mendapatkan penghasilan. Sebagian lagi bahkan sulit untuk menjalankan pekerjaannya karena situasi yang semakin meresahkan. Ini yang akhirnya mendorong sebagian orang untuk membantu atau menyalurkan bantuan sosial.

Sedekah Dalam Islam dan Anjuran Sedekah Yang Benar

Wabah covid-19 yang cukup meresahkan ini ternyata menggunggah hati nurani banyak orang untuk memberikan bantuan. Termasuk Polresta Cirebon yang memberikan bantuan sembako untuk masyarakat yang tinggal di kaki gunung, tepatnya di Dusun Pagar Gunung Desa Cipanas, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. Bantuan yang disalurkan oleh polresta Cirebon ini adalah untuk masyarakat yang tidak tercover bansos dari pemerintah. Jumlah paket sembako yang dibagikan adalah sekitar 120 paket.

Sedekah Dalam Islam Yang Benar dan Sesuai Ajaran Agama

Sedekah dalam islam merupakan salah satu yang dianjurkan untuk dilaksanakan setiap muslim. Apalagi bagi yang mampu dan memiliki rejeki lebih. Namun dalam bersedekah itu sendiri, ada beberapa hal yang mengaturnya. Kita harus mengetahui bagaimana cara bersedekah yang benar. Sehingga meluruskan niat dalam bersedekah adalah penting. Jangan sampai amalan sedekah ini bukannya menjadi pahala untuk kita. Namun justru menjadi salah satu tindakan yang sia-sia.

Beberapa Kesalahan Dalam Sedekah Yang Membuat Amalanmu Tidak Diterima Allah

Untuk mendapatkan pahala dan keutamaan dalam sedekah itu sendiri, maka meluruskan niat ini adalah langkah awal yang penting. Sebagian orang bersedekah tanpa memaknainya, sehingga ada beberapa kesalahan yang justru membuat amalannya tidak diterima oleh Allah SWT. Lalu apa saja kesalahan dalam sedekah sehingga tidak mendapatkan pahala?

Sedekah Karena Riya’

Sedekah Dalam Islam dan Kesalahan Riya Dalam Sedekah

Kesalahan dalam bersedekah yang membuat amalan kita tidak diterima, atau tidak mendapatkan pahala adalah perasaan riya’. Sedekah karena riya’ tidak akan ada artinya meskipun harta atau bantuan yang diberikan memiliki nilai yang besar. Oleh karena itu, niat dalam bersedekah harus kita luruskan. Jangan sampai ada perasaan riya’ didalamnya.

وَالَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَا بِالْيَوْمِ الْآخِرِ ۗ وَمَنْ يَكُنِ الشَّيْطَانُ لَهُ قَرِينًا فَسَاءَ قَرِينًا

Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada manusia, dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barangsiapa yang mengambil syaitan itu menjadi temannya, maka syaitan itu adalah teman yang seburuk-buruknya.

Sedekah dan Mengungkit-ungkit

Sedekah Dalam Islam dan Kesalahan Mengungkit Ungkit Sedekah

Sedekah yang diungkit-ungkit juga merupakan salah satu kesalahan dalam bersedekah. Ini akan menggugurkan semua pahala atau amalan yang seharusnya kita dapatkan. Itu sebabnya, dalam ajaran islam kita dilarang untuk mengungkit apa yang kita berikan kepada orang lain.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Sedekah Untuk Mengharapkan Ganti di Dunia

Bersedekah adalah memberikan sebagian harta kepada yang membutuhkan dengan perasaan ikhlas tanpa mengharap apapun. Selain ridho Allah. Namun jika bersedekah dengan tujuan untuk mendapatkan ganti di dunia, maka ini bisa membuat niat sedekahmu menjadi tidak berpahala.

مَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الْآخِرَةِ نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ ۖ وَمَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ نَصِيبٍ

Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat.

Sedekah dalam islam – Bersedekah merupakan tindakan yang mulia namun akan menjadi sia-sia jika tidak dibarengi dengan niat yang lurus. Itu sebabnya, beberapa kesalahan dalam sedekah bisa menggugurkan semua pahala dan amalan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 38

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 264

(3) – Surat Asy-Syura Ayat 20

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!