Mengenal Manfaat Membaca Doa Sebelum Keluar Rumah

0
461

Doa sebelum keluar rumah – Menjaga diri agar selalu terselamatkan dalam perjalanan bukan hanya dengan berhati-hati. Kadang kala, meski sudah berhati-hati namun tetap saja mengalami hal yang tak diinginkan.

Sebelum berpergian, sobat cahaya Islam juga bisa membaca doa yang disarankan oleh Rasulullah. Karena akan banyak manfaat membaca doa sebelum keluar rumah yang bisa kamu rasakan jika mengamalkannya.

Lima Manfaat Membaca Doa Sebelum Keluar Rumah

Dengan membaca doa keluar rumah memang sangat penting, merupakan bacaan yang tentu perlu sobat cahaya Islam bacakan disaat ingin pergi ke suatu tempat. Tidak hanya dapat melindungi diri saja dari segala bahaya, dengan membaca doa ini juga bisa membantu sobat cahaya Islam mendapatkan keberkahan terhadap setiap aktivitas yang tengah dijalani. Adapun doa anjuran Rasulullah SAW yaitu:

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” (HR.Abu Dawud, (4/325), no. 5094).

Dalam hadist Anas bin Malik R.A, Rasulullah menjelaskan keutamaan dari doa tersebut,

“Idzaa kharazarrajulu min baitihi faqaala bismillahi tawwaqaltu a’lallahi, laa haula walaa quwwata illah billah, qaala yuqiilu hiinai’dzi:hudiata, wakuafiita, wa wuqiita, fatatanahha lahussyayaatiinu, fayaquulu lahu syaitaanu akharu: kaifa laka birazuli qad hudiya wa kupiya wa wuqiya?”.

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya,’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.?” (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan dishahihkan al-Albani).

1.      Diberikan Adanya Kecukupan

Rasulullah mengajarkan kepada umat beliau untuk mengucapkan doa ketika keluar rumah. Karena, jika sobat cahaya Islam membaca doa disaat keluar rumah, maka akan menghindari godaan setan sebab ia akan mendapatkan perlindungan, petunjuk, dan kecukupan.

Dimana doa untuk keluar rumah dapat memberi manfaat bagi siapa saja sobat cahaya Islam yang membacanya hingga dicukupkannya rezeki dari Allah SWT. Bukan hanya itu, kita juga dicukupkan dari segala hajat, baik hajat di dunia ataupun di akhirat nanti.

2.      Dijaga Malaikat

Adapun manfaat lainnya ketika do’a keluar rumah yaitu malaikat akan menjaga kita malaikat selama keluar rumah. Yang mana Allah SWT akan senantiasa melindungi hamba-Nya dari marabahaya dan godaan setan ketika melakukan beragam aktivitas. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Rasulullah SAW pada sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi dan Abu Daud.

3.      Mendapat Petunjuk Allah SWT

Banyak sekali manfaat ketika sobat cahaya Islam rasakan ketika membaca do’a keluar rumah selanjutnya yaitu Allah SWT selalu memberi petunjuk pada jalan kebenaran kepada hamba-Nya yang senantiasa ingat mengucapkan do’a keluar rumah setiap saat jika ingin melakukan kegiatan di area luar rumah.

Karena doa tersebut adalah sebuah permohonan untuk perlindungan hamba. Orang yang mendapat petunjuk Allah ini, dipastikan ia tak akan tersesat ataupun tak akan ada orang bisa membuat dirinya merasa tersesat.

4.      Dapat Terhindar dari Rayuan Setan

Tak dapat dipungkiri setan menjadi musuh utama umat Islam yang dapat menjurumuskan kita ke neraka. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghindarinya termasuk selalu mengucapkan do’a ketika kamu keluar rumah. Karena dapat terhidari dari beragam gangguan setan yang terus mengikuti manusia.

Untuk itu, sobat cahaya Islam perlu meminta perlindungan Allah SWT agar terbebas dari bujuk rayu setan. Yang mana salah satunya  dengan cara membentengi diri membaca do’a setiap keluar rumah.

Tak ada salahnya jika sobat cahaya Islam membaca doa sebelum berpergian dengan tujuan untuk melindungi diri dari marabahaya dan hal yang menjerumuskan. Karena ada banyak manfaat membaca doa sebelum keluar rumah yang tentu meringankan langkah dan aktivitas kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY