4 Tanda Cinta Kepada Allah Bagi Hamba-Nya

0
608
Tanda cinta kepada Allah

Tanda cinta kepada Allah – Dengan cinta sempurna yang diberikan sobat cahaya Islam kepada Allah, maka agama kita sempurna, begitu pula sebaliknya, jika berkurangnya cinta, dipastikan juga akan berkurang tauhid kita. Dimana tanda cinta kepada Allah bagi hamba-Nya adalah dasar dari agama Islam dengan porosnya yang berputar padanya.

Artinya: “Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

4 Tanda Cinta Kepada Allah

Maksud cinta kepada Allah yaitu cinta melaksanakan ibadah dan mengandung kepasrahan, ketundukan, ketaatan sempurna. Cinta ini hanyalah murni ditujukan kepada Allah, tak boleh dibagi kepada siapapun selain-Nya.

Kita dapat mencari tahu apa saja tanda dari seorang muslim mencintai Allah untuk bisa mengikutinya. Jika kita ingin mengetahui tanda cinta dari seorang hamba kepada sang pencinpta, dapat dilihat dari beberapa tanda, yaitu:

1.      Bersikap Keras dan Tegas Kepada Orang Kafir

Tanda sobat cahaya Islam Mencintai Allah, maka akan selalu bersikap tegas terhadap orang kafir. Yaitu, memperlihatkan sikap yang tegas, keras serta kemuliaan dirinya di depan  orang-orang tersebut, tak menunjukkan ketundukan dan kelemahan.

Jika ada yang menghina Allah ataupun agama Islam, orang-orang yang mencintai Allah akan tegas memberikan sikap kepada mereka yang menghina. Jika sobat cahaya Islam ingin masuk dalam golongan hamba yang mencintai Allah, maka tegaslah pada orang-orang yang menghina dan meremehkan Allah, Agama serta Rasulullah.

2.      Bersikap Ramah dan Lembut

Adapun tanda lainnya yang ada pada orang-orang muslim yang cinta Allah, tentu akan bersikap ramah, lemah lembut dan santun kepada siapapun termasuk saudara seiman. Itu Artinya, mereka menyayangi, mengasihi, dan bahkan melindungi saudara.

Kita lihat seperti sekarang, ada banyak orang yang terlihat acuh bahkan dihadapannya ada saudara seiman yang tengah memerlukan bantuan. Inilah yang menjadi pembeda antara seorang hamba yang memiliki level tinggi tingkat kecintaannya kepada Allah SWT.

Tanda ini telah terkandung dalam QS. Al-Balad: 17, yaitu:

Artinya: “dan Dia (tidak pula) Termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.”

3.      Berjihad

Kita bisa menjumpai banyak orang-orang muslim yang saat ini berjihad membela ajaran agama termasuk kepada mereka yang sering menghindari agama hingga Alquran. Bahkan kita bisa melihat mereka rela berpanas-panasan untuk membela agama. Tidak hanya itu, tapi juga berjuang membela agama dengan sepenuh jiwa, harta, lisan dan tenaga lisan dalam rangka demi memuliakan Agama serta menundukkan musuh-musuh-Nya melalui segala sarana apapun yang ada.

4.      Tak Mudah Goyah

Bagi mereka yang tidak mudah tergoyahkan dalam perihal agama Allah dari celaan dan hinaan orang-orang yang mencela, pastinya tingkat kecintaannya kepada Allah sudah sangat sempurna. Mereka tak akan terpengaruh terhadap cibiran dan celaan manusia atas pengorbanan jiwa dan harta mereka demi untuk menolong agama Islam, sebab mereka yakin apa pun yang dilakukan adalah benar, dan akan mendapat ganjaran pahala dari Allah.

Ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki keyakinan dan iman yang kokoh. Setiap muslim yang akan menjadi lemah jika mendapat celaan dari orang lain, lalu mundur dan membiarkan orang agamanya dihina, maka mereka bukanlah pecinta sejati.

Kecintaan kita kepada Allah mungkin masih di level rendah, untuk itu, dapat menilai bagaimana tanda cinta kepada Allah yang sesungguhnya. Guna mencoba untuk menerapkannya agar bisa semakin meningkatkan kecintaan kita kepada Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY