Doa Dalam Situasi Berbahaya ala Ibrahim bin Adam

0
680

Doa Dalam Situasi Berbahaya – Pernah nggak sih sobat Cahayaislam sedang dalam keadaan bepergian misalnya naik pesawat, namun kebetulan keadaan langit pada saat itu sangat suram dengan dipenuhi awan-awan tebal beserta gemuruh halilintar? Kalau pernah berada dalam situasi seperti ini kami yakin 100 % dari anda tidak akan bisa tenang atau malah tidur sambil mendengkur. Pastinya kegelisahan akan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi pada anda memenuhi kepala anda pada situasi seperti ini.

Biasanya sih bila keadaannya demikian, pesawat akan terpaksa mendarat di airport terdekat karena penerbangan tidak memungkinkan dan riskan. Namun jangan khawatir sobat Cahayaislam! Bila keimanan sobat kuat pastinya akan dengan mudah anda berserah diri kepada Allah. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan satu kajian Doa Dalam Situasi Berbahaya ala ibrahim bin adam, yang kami nukil dari salah satu ahli hadits (Muhaddits) tersohor bernama Abu Nuaim.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ , ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ سُلَيْمَانَ الْهَرَوِيُّ , قَالَ: سَمِعْتُ الْعَبَّاسَ بْنَ مُحَمَّدٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ خَلْفَ بْنَ تَمِيمٍ، يَقُولُ: كَانَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَدْهَمَ فِي الْبَحْرِ فَعَصَفَ الرِّيحُ وَاشْتَدَّتْ , وَإِبْرَاهِيمُ مَلْفُوفٌ فِي كِسَائِهِ فَجَعَلَ أَهْلُ السَّفِينَةِ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ مِنْهُمْ: يَا هَذَا مَا تَرَى مَا نَحْنُ فِيهِ مِنْ هَذَا الْهَوْلِ وَأَنْتَ نَائِمٌ فِي كِسَائِكَ قَالَ: فَكَشَفَ إِبْرَاهِيمُ رَأْسَهُ فَأَخْرَجَهُ مِنَ الكِسَاءِ ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ: ” اللهُمَّ قَدْ أَرَيْتَنَا قُدْرَتَكَ فَأَرِنَا عَفْوَكَ , قَالَ: فَسَكَنَ الْبَحْرُ حَتَّى صَارَ كالدُّهْنِ “.

Ibrahim bin adam dan perjalanannya mengarungi samudera

Diceritakan dalam kitab hilyah yang disusun oleh Abu Nuaim tentang kisah perjalanan Ibrahim bin adam. Ibrahim bin adam adalah salah satu ahli ibadah yang memang getol dalam berdakwah dan menjalankan perintah Allah sehingga dirinya disebut-sebut sebagai orang alim. Suatu ketika ibrahim bin adam melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan bahtera menembus samudera luas. Dalam perjalanan tersebut situasi berbahaya terjadi.

Ditengah samudera yang luas itu tiba-tiba menerpalah badah yang sangat dahsyat disertai tiupan angin disegala penjuru. Halilintar menyambar dimana-mana beserta topan mengerikan yang membentuk pusaran angin diatas langit dan semrawutnya keadaan air laut pada waktu itu. Dalam keadaan yang bahaya tersebut para awak kapal berlarian kesana kemari sambil berteriak-teriak sembari mempertahankan keseimbangan kapal agar tidak karam termakan gelombang laut.

Dalam keadaan yang kacau tersebut Ibrahim bin adam tampak tenang diantara hiruk pikuk suasana ruwet tersebut. Dengan bertudungkan sebuah selimut lebar diruangan dek kapal sambil memandangi kekuasaan Allah yang maha dahsyat tersebut. Tak tampak sedikitpun kegelisahan dan rasa takut yang terpancara dari raut wajah beliau.

Panjatan doa Ibrahim bin adam dan Berakhirnya Situasi berbahaya

Melihat keanehan tersebut, ada satu orang awak kapal yang bertanya kepada Ibrahim bin adam yang pada saat itu bertutupkan selimut “Hei kau! Bukankah engkau melihat kami kebingungan dan ketakutan? Lalu engkau malah duduk tenang dan berselimut?” sambil mengira beliau adalah orang yang gila. Mendengar hal tersebut, ibrahim bin adam membuka selimut yang menutupi dirinya dan keluar. Dalam kekacauan tersebut Ibrahim bin adam menengadahkan tangan dan memanjatkan sebuah doa:

اللهُمَّ قَدْ أَرَيْتَنَا قُدْرَتَكَ فَأَرِنَا عَفْوَكَ

Allahumma ‘Qod aroitanaa Qud’rotaka fa arinaa ‘Afwaka (Wahai Allah, benar-benar Engkau telah memperlihatkan QodarMu kepada kami, jadi sekarang perlihatkanlah ampunanMu pada kami)

Setelah doa tersebut dipanjatkan kepada Allah, tak menunggu lama badai dan keadaan berbahaya tersebut dengan cepat berakhir dan langit kembali terang beserta keadaan yang semakin terkendali. Ini adalah Doa Dalam Situasi Berbahaya ala Ibrahim bin adam yang bisa anda praktikkan. Doa ini mengandung hikmah tentang mengagungkan Allah atas ketetapanNya dan keagunganNya. Insha Allah Allah akan memberikan pertolongan kepada kita. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!