Berdakwah di Bulan Ramadhan jadi Kesempatan Baik!

0
1260
Dakwah Islam: Bulan Ramadhan Menjadi Kesempatan Baik Untuk Berdakwah!

Tips IslamiBulan ramadhan, yang mana semua hal selalu mendapat berkah dan pahala. Bulan yang mana pahala berlipatganda. Bahkan tidur menjadi kegiatan yang bisa memberikan pahala. Bulan yang suci ini selalu kita jumpai setahun sekali. Yang mana kita harus menahan lapar, haus, menahan dari berbagai amarah dan hawa nafsu. Di bulan ramadhan ini, bisa kita jadikan momentum yang paling tempat untuk berdakwah. Dakwah islam yang memberikan manfaat untuk banyak orang!

Kewajiban Menyampaikan Kebaikan Ke Sesama Muslim

حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ الضَّحَّاكُ بْنُ مَخْلَدٍ، أَخْبَرَنَا الأَوْزَاعِيُّ، حَدَّثَنَا حَسَّانُ بْنُ عَطِيَّةَ، عَنْ أَبِي كَبْشَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏(بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً)” ….الحديس

Abdullah bin Amr meriwayatkan: Nabi (ﷺ) berkata, “Sampaikan (ajaran saya) kepada orang-orang bahkan jika itu adalah satu kalimat, dan ceritakan kepada orang lain kisah Bani Israel (yang telah di ajarkan kepada Anda), karena tidak berdosa melakukannya. Dan barang siapa mendustakanku dengan sengaja, maka dia akan menempati tempatnya di dalam api (Neraka).” (1)

Semua umat islam wajib menyampaikan walau hanya satu ayat dan wajib untuk mendakwahkan ajaran islam. Memberikan petunjuk dan manfaat bagi orang lain. Tak perlu menjadi ustadz, supaya bisa berdakwah. Dengan apa yang kita ketahui sudah cukup.

Kesempatan yang Datang di Bulan Ramadhan

Di bulan ramadhan ini bisa menjadi kesempatan untuk melakukan dakwah kepada sesama. Di bulan ramadhan banyak orang yang berlomba-lomba mengerjakan kebaikan dan mendengarkan dakwah untuk menambah ilmu. Sehingga dakwah kita akan lebih mudah orang lain terima.

Pada saat bulan puasa, semakin banyak tilawah atau kultum yang di adakan. Pada pagi hari setelah shalat subuh, sehabis tarawih, atau pada sore hari menjelang berbuka.

Orang-orang akan berlomba-lomba untuk mencari pahala. Oleh karena itu dakwah di bulan ramadhan akan selalu ramai. Kita harus selalu berkata baik dan beramal shaleh, sesuai dengan Al Quran surat Fushshilat : 33

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“ siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “ sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?”

Beramal Sholih di Bulan Ramadhan

Dari ayat tersebut menjelaskan, bahwa orang yang berdakwah atau mengajak kebaikan, bukan hanya orang yang di ajarkan yang mendapat petunjuk. Tetapi juga orang yang berkata baik dan mengajak pada kebaikan.

Apalagi jika orang yang di ajak juga mengajak lagi kepada orang lain. Akan semakin banyak kebaikan yang di dapatkan. Apalagi kalau ia dan orang di ajak mengamalkan apa yang di ajarkan. Ini akan membuat kebaikan semakin berlipat-lipat ganda. Oleh karena melakukan dakwah islam sangat di anjurkan.

Sebenarnya adalah Fitrah manusia untuk mengajak pada kebaikan

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah. Umat terbaik harus mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran. (2)

Hal ini juga sesuai dengan hadist HR muslim no 1893 “Barangsiapa yang menunjuk kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.

وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَأَبُو كُرَيْبٍ وَابْنُ أَبِي عُمَرَ – وَاللَّفْظُ لأَبِي كُرَيْبٍ – قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الأَنْصَارِيِّ، قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ إِنِّي أُبْدِعَ بِي فَاحْمِلْنِي فَقَالَ ‏”‏ مَا عِنْدِي ‏”‏ ‏.‏ فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَا أَدُلُّهُ عَلَى مَنْ يَحْمِلُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏”‏ مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Orang yang berdakwah akan mendapat pahala dan tidak akan pernah berkurang. Melihat banyak kebaikan yang akan di dapatkan. Oleh karena itu kita selalu di anjurkan untuk berdakwah.

Apalagi di bulan ramadhan yang penuh berkah. Akan lebih mudah untuk mengajak seseorang dalam kebaikan. Berdakwah tak harus di masjid yang besar. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk berdakwah. Dari postingan di sosial media, memberikan petuah untuk teman dekat dan lainnya.

Jangan pernah berhenti untuk mengerjakan amal baik dan mengajak pada hal baik. Entah itu pada saat bulan ramadhan atau dihari biasa. Akan banyak pahala yang diberikan ketika kita selalu memberikan dakwah islam.

Tak harus menunggu jadi orang hebat. Saling memberi tahu dan mengajarkan hal baik. Saling mengasihi dan berbagai ilmu yang diketahui. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Catatan Kaki

(1) H.R. Shahih Bukhari no. 3461

(2) Q.S. ali imron: 110

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY